11 Macam Profesi Setelah Dunia Modern

Monday, August 15th, 2016 - Info Menarik

Kemajuan dalam bidang IPTEK telah merubah bukan hanya wajah dunia, tetapi juga telah memunculkan beragam Profesi,  dan Pekerjaan baru yang sebelumnya,  terutama pada zaman dahulu tidak ada. Dan sepesifik IPTEK yang dimaksud adalah setelah Manusia menemukan Mesin, dan Alat elektronik. Puncaknya di era digital seperti saat ini, senantiasa memacu beragam tumbuhnya Profesi baru.

Kedepan entah Profesi apalagi yang akan muncul di muka bumi ini, yang pastinya  akan selalu ada guna menjawab tantangan, dan kebutuhan zaman yang selalu berubah dengan sangat cepat.

Dan inilah 11 Profesi baru yang kami sajikan kali ini, dan Agan boleh menambahkan karena sebenarnya sangatlah banyak. Dan 11 adalah sangat special dimata kami. Ini dia ;

1. Pilot

pilot pekerjaan di zaman modern

jadiberita.com

Pilot atau Penerbang jelas sebuah profesi yang kini sangat bergengsi. Tanpa Pilot maka Burung besi tak kan bisa terbang menembus awan. Profesi pilot pastinya setelah Manusia menemukan kendaraan impian yang dapat terbang layaknya burung, atau capung. Dan sebelum Pesawat terbang di temukan oleh Wright bersaudara di Amerika serikat, maka mustahil Profesi ini ada.

2. Angkatan udara

11 Macam Profesi Setelah Dunia Modern

www.aau.ac.id

 Tentara bukan barang baru didunia militer. Sejak zaman fir’aun tentara yang kuat, dan rapi sudah dibentuk, baik Pasukan darat, maupun Angkatan laut. Tetapi Pasukan Udara / Angkatan Udara adalah jenis baru, yakni setelah Manusia menemukan Pesawat terbang.

 3. Supir

supir

fassaad.wordpress.com

Zaman dulu ketika kereta kuda merajai jalan raya posisi Orang yang mengendalikannya disebut Sais, atau Kusir. Maka setelah Karl F Benz menciptakan Mobil pertamanya muncullah Profesi baru yang disebut Sopir / driver. Sebutan sopir yang kita pakai diduga berasal dari Bahasa Belanda Chauver yang artinya sama dengan driver.

4. Wartawan / Jurnalis

Wartawan atau Jurnalis

radioglobalmediaswarafm.blogspot.co.id

Profesi Wartawan sebagai mata dunia untuk melaporkan, dan menginformasikan berita booming setelah Manusia menciptakan mesin cetak, lalu sekelompok Orang berusaha medirikan Perusahaan Penerbitan. Profesi ini merupakan tulang punggung dari bisnis Media Masa, seperti ; Koran, Majalah, dan TV dewasa ini, terutama yang focus dibidang pemberitaan.

5. Pembaca berita tv / radio

Pembaca berita tv

publicspeakingforeveryone.wordpress.com

Nah yang ini adalah mitra penting dari wartawan. Wartawan bertugas mencari berita, dan Pembaca berita muncul dilayar kaca untuk membacakan berita buat pemirsa, sehingga kejadian real time disuatu tempat dapat dilihat oleh Masyarakat dunia. Jika di radio otomatis hanya suaranya saja.

6. Penyiar tv, dan radio

Penyiar tv, dan radio

www.suara.com

Profesi sebagai Penyiar, atau Pemandu acara baik di tv maupun radio, praktis booming setelah TV dan Radio mendunia. Sebelum kedua alat ini ditemukan maka profesi penyiar dikatakan tidak ada.

Advertisement

 7.  Photomodel

Photomodel

katapernikahan.com

Untuk menujang pemasaran, atau untuk menjadi Brand image suatu produk adakalanya membutuhkan sosok yang sesuai, maka profesi fotomodel diperlukan guna menyasar target / iklan. Dan tentu saja mereka membutuhkan jasa Mat jepret, alias fotografer.

8. Photographer

photographer

pixabay.com

Kalau Pelukis adalah Profesi yang sangat tua, lain halnya Potografer. Karena mengandalkan kamera, Praktis Profesi ini ada setelah alat optic yang dinamai kamera ditemukan Manusia. Meskipun sama-sama menghasilkan gambar, namun Pelukis, dan fotografer tidaklah sama. Dan profesi Pelukis masih tetap eksis hingga sekarang, walau profesi fotografer  telah muncul.  Masing – masing memiliki skill yang berbeda, dan segmen yang berbeda pula.

9. Programmer

Programmer

pixabay.com

Ini juga merupakan sebuah profesi baru yang sangat penting dewasa ini. Diera digital computer merambah ke semua lini kehidupan, maka disini peran programmer  agar computer dapat bekerja sesuai keinginan sangat vital. Tanpa programmer maka computer hanya barang elektronik biasa. Karena programmer merupakan sosok dibalik kehebatan computer, praktis sebelum alat ini di ciptakan profesi ini tidak ada.

10. Blogger

Blogger

pixabay.com

Dunia tulis – menulis juga sudah sangat tua, terutama yang menggunakan media kertas seperti Majalah dan kertas. Tetapi dunia tulis – menulis setelah adanya jaringan internet adalah Profesi yang sangat baru, serta sangat menantang karena dapat terjadi interaksi antara Penulis dan Pembaca, sangat upto date, dan sangat real time dibanding melaui Koran, dan majalah.

11. Bisnis online

Bisnis online

pixabay.com

Sama – sama mengandalkan computer dan jaringan, serta websit, Profesi ini merupakan inovasi,  dan improvisasi dari  tehnik  bisnis marketing   Bermula dari amazon online di USA, toko online kemudian merambah dunia, dan menginspirasi banyak orang. Lalu disana ada toko online besar seperti Alibaba (China), Olx, dan di Indonesia ada, Bukalapak, Tokopedia, dll.

Segala  yang berbau online kini sedang booming, dan diminati Masyarakat. Karena dunia ini masih sangat baru, otomatis peluangnya masih sangat terbuka lebar.

Baca juga: Manfaat Seo Untuk Menunjang Bisnis

Demikianlah beberapa hal mengenai profesi baru yang muncul setelah adanya IPTEK. Semoga bermanfaat. Yuk kita ciptain profesi baru yang belum ada…!, kira – kira apa ya..? kita tunggu improvisasi Agan – agan semua.

Advertisement
11 Macam Profesi Setelah Dunia Modern | porosbumi | 4.5