Ternak Ayam Broiler, Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

Friday, May 27th, 2016 - budidaya

Masyarakat menyebutnya dengan nama ayam putih, karena semua ayam ini monochrome tidak punya warna lain  selain putih bersih, dengan jengger merah dan kaki kuning. Ayam ras ini sejatinya adalah ayam indo, atau hybrid, alias kawin silang dari bangsa-bangsa ayam yang paling rakus atau paling gede nafsu makannya, paling cepat gemuk, dan paling cepat bongsor, sebongsor-bongsornya. Agar dapat digenjot secepat mungkin pertumbuhannya, dan akhirnya lahirlah jenis ayam pedaging unggul yang diberi label ayam broiler. Kata ini dipungut dari kata inggris Broiling,  artinya memanggang. Broiler yang dimaksud disini  bisa berarti ayam panggang, atau pedaging. Jadi ayam broiler berarti ayam pedaging lebih lazim.

Sekitar Tahun 1980 ayam ini mulai di impor dari luar Negeri khususnya Eropa dan Amerika masuk ke tanah air dan dicanangkan agar dibudidaya dan menjadi menu khalayak ramai oleh Pemerintah Orde Baru kala itu, sebagai akibat sulitnya Masyarakat mengkonsumsi daging hewan memamah biak yang sulit didapat.

Kala itu memang jangan kata daging, telur saja barang mewah, karena belum ada telur ayam ras seperti sekarang ini. Bahkan supermi dan indomie bagi orang kampung dianggap istimewa. Minuman bersoda satu-satunya, ‘’Sprite’’ saat itu dianggap ajaib, karena buihnya apabila dikocok terus menerus dapat menendang tutup botol dan ketika dibuka buihnya berdesis dengan kuat lalu menyembur ke muka. Zaman  itu, keluguan masih menyelimuti semua orang, hingga hal sepele   saja dapat mendatangkan keanehan, sekaligus hiburan yang menyenangkan.

Bapak Presiden kala itu, Bapak Soeharto sampai  punya ujar – ujar ; ‘’ Ojo dumeh, ojo adigang-adigung, ojo gumunan’’ yang  maksudnya kurang lebih begini, Jangan sombong, jangan mentang-mentang, jangan mudah heran.

5 – 6 pekan saja

Ayam Broiler

hargaayam.wordpress.com

Akhirnya ayam broiler atau ayam putih menjadi sangat akrab buat kita semua berkat pencanangan Pemerintah kala itu, dan kini ayam bongsor yang hanya umur 5 – 6 pekan sudah dapat dipotong, menjadi menu keseharian Masyarakat. Ayam ini pastinya masih pithik (Jw. Anak ayam) sehingga suaranya belum dapat berkokok. Dan karena masih pithik dengan ukuran badan ayam dewasa, dagingnya menjadi lebih lembut dan lebih berlemak dari pada ayam kampung. Sehingga waktu memasak menjadi lebih cepat. Buat semboyan orang masa kini sangat pas ; ‘’Hemat, cepat, nikmat’’. Hemat gas dan harga daging, cepat masak, namun nikmat rasanya. Itulah keunggulan ayam broiler yang tidak dimiliki ayam lainnya.

Jenis ayam pedaging yang banyak beredar dipasaran, al ; Super 77, Tegel 70, ISA, Kim cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver, Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor arces, Tatum, Indian river, Hybro, Cornish, Brahma, Langshans, Hypeco-Broiler, Ross, Marshall’’m’’, Euribrid, AA70, H&N, Sussex, Bromo, CP 707.

Manfaat dari memelihara Ayam Broiler ini antara lain :

  1. Dapat menjadi sumber penghasilan utama jika ditekuni.
  2. Atau menjadi penghasilan sampingan, atau ketika masa pensiun.
  3. Dapat memenuhi kebutuhan protein keluarga.
  4. Menciptakan lapangan kerja, minimal lingkup keluarga.
  5. Pangsa pasar yang tinggi akan kebutuhan daging ayam untuk bahan aneka pangan.
  6. Sebagai tabungan hayati.
  7. Kotorannya menjadi pupuk kandang yang bermutu tinggi sebagai hasil sampingan untuk meningkatkan hasil pertanian. Tanaman Bayam, kangkung, cabai, sawi, bawang kucai, sangat subur hanya dengan pupuk kandang dari kotoran ayam ini. Atau dijual karena pupuk kandang ini laku keras dikalangan Bapak Tani Pahlawan Pangan kita.

Prospek. Agribisnis dari usaha ini cukup baik, dan bisa diandalkan. seiring dengan kesadaran warga akan pentingnya gizi protein hewani. Juga maraknya Pelaku Pedagang UKM / angkringan (gerobak) dibidang pangan berbahan dasar ayam seperti, ayam goreng angkringan, ayam goreng Mbok Berek, ayam penyet, ayam panggang, mie ayam, bakso ayam, sosis ayam dan banyak lagi yang lainnya, yang semuanya perlu stok daging ayam dalam jumlah yang cukup besar. Termasuk rumah makan dan restoran selalu stabil belanja daging ayam. Disaat momen Puasa dan hari raya permintaan daging ayam juga melonjat drastic untuk dibuat opor dan ayam goreng yang nyam…nyam.

Kendala. Bagi Peternak sekala kecil adalah harga pakan yang sering melambung tinggi, sementara ayam ini sangat bergantung kepada pakan pabrik, dan harga ayam ketika panen murah, akibat spekulan / tengkulak yang bermain. Maka disinilah letak keberpihakan Pemerintah kepada para peternak skala menengah kebawah dituntut, sebagai penengah dan penyeimbang antara Peternak, Pedagang besar, Pedagang kecil, dan Tengkulak. Agar yang kuat tidak membunuh yang lemah.

Pemeliharaan Ayam Broiler

Sebelum usaha berternak dimulai, Seorang Peternak sebaiknya memahami 3 unsur produksi, yaitu ; manajemen (pengelolaan usaha peternakan), breeding (pembibitan), dan feeding (pakan).

Pemilihan Jenis Ternak Ayam Broiler

Pemilihan jenis ternak Ayam Broiler

ornitologi.lk.ipb.ac.id

Pemilihan jenis ayam broiler hampir sama dengan ayam peterlur. Bibit yang dipilih berdasarkan kriteria tingkat produktifitas dan ketersediaan jenis ditempat masing-masing. Ada beberapa pedoman teknis untuk memilih bibit ayam / DOC (day old chicken) / ayam umur sehari. Diantaranya adalah ;

  • DOC berasal dari induk yang sehat. Dalam hal ini karena berasal dari Perusahaan, Petani cukup melihat label sertifikat seperti SNI dan label dari instansi terkait yang berkaitan dengan DOC. Biasanya tertera pada karton yang berfungsi sebagai Kandang sementara DOC.
  • Mata nampak terang dan cerah. Tidak tampak selalu mengantuk dan tidak ada lelehan cairan disisi mata.
  • Bulu nampak halus dan penuh, serta baik pertumbuhannya.
  • Bergerak aktif dan lincah.
  • Anak ayam memiliki nafsu makan yang kuat.
  • Tidak ada cacat fisik.
  • Besaran badan normal yaitu antara 35-40 gram.
  • Tidak ada bekas / lelehan tinja diduburnya.

Perkandangan Ayam Broiler

Perkandangan Ayam Broiler

hargaayam.wordpress.com

Kandang merupakan kesatuan unit bangunan yang terdiri dari kandang itu sendiri, yang dilengkapi dengan sarana penunjang seperti gudang pakan, dan gudang peralatan / perkakas (Alat – alat rutin seperti sarana kesehatan ayam,  suntikan, pisau potong khusus yang tajam dan nirkarat, timbangan, dan keranjang atau sangkar angkut khusus ketika panen), serta kandang karantina.

Material kandang bisa dari bambu atau kayu bulat yang kuat dan tak perlu dari bahan yang mahal. Letak kandang seyogyanya jauh dari lingkungan penduduk, semakin jauh semakin baik agar penduduk sekitar tidak terganggu oleh bau kotoran ayam. Atau bila ada virus yang berbahaya seperti virus avian atau flu burung penduduk tersebut lebih aman dari jangkauan virus. Juga sebaliknya, unggas-unggas  tersebut aman dari kemungkinan hewan – hewan peliharaan penduduk yang berpotensi membawa virus (bio sekuritas). Rumusnya, kandang semakin terisolasi semakin baik.

Advertisement

Sebisa mungkin agar kandang tidak gelap, pengap, ataupun lembab, juga sanitasi dan sirkulasi udara harus baik, serta cukup sinar matahari pagi, yaitu dengan arah kandang yang tepat, dan membuat celah dibungbungan antara dua atap agar sinar matahari dapat menerangi kandang. Untuk daerah yang berhawa panas sebaiknya menggunakan atap yang bersifat sejuk. Lantai kandang bisa dibuat dari bilah bambu yang dipasang berderet dengan jarak antara, agar kotoran ayam mudah jatuh kebawah.

Bilik Khusus Starter Ayam Broiler

Bilik khusus starter ayam brolier

www.herdinbisnis.com

  1. System Litter (alas lantai) untuk starter (Pemula). Litter harus selalu kering jangan sampai ada kebocoran atau tempias hujan yang masuk termasuk angin kencang. Tebal litter adalah 10 cm, bahan litter dapat menggunakan sekam padi, atau serutan kayu dengan panjang 3-5 cm dengan sedikit kapur dan pasir.
  2. Indukan / brooder/ penghangat (canopy) dan pagar pembatas ayam. Alat ini bisa berbentuk lingkaran atau persegi empat dengan areal jangkauan 1 – 3 m dengan alat penghangat udara di tengah atau di kanopi. Fungsinya seperti induk ayam yang sedang menghangatkan anak ayam ketika baru menetas. Alat penghangat bagi starter sangatlah penting karena pada fase ini anak ayam sangat rentan dengan perubahan cuaca. Hawa dingin dapat memicu kematian bagi starter. Untuk itu walau hanya mati lampu semalam, usahakan tetap ada penghangat alternative yang dapat tetap aktif. Alat penghangat bisa menggunakan lampu bohlam jika tersedia listrik, jika tidak tersedia, atau sedang mati lampu dapat menggunakan lampu minyak, atau kompor gas.
  3. Tempat makan dan minum. tempat makan dan minum harus tersedia cukup. Bahannya bisa dari bambu atau buatan pabrik.

Pemberian Pakan Dan Minum Ayam Broiler

Untuk pemberian pakan ayam ras broiler ada 2 tahap, yaitu tahap starter (umur 0-4 pekan), dan finisher (umur 4-6 pekan).

  1. Mutu dan takaran pakan tahap starter adalah sbb ;

Mutu / kandungan gizi pakan terdiri dari; protein 22 – 24 %, lemak 2.5 %, serat kasar 4%, kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0.7-0.9%, ME 2800-3500 Kcal.

 

Takaran pakan dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu ;

 

Pakan, g/hr/ekor Air minum, L/hr/100 ekor
Pekan 1 (umur 1-7 hr)        17 1.8
Pekan 2 (umur 8-14 hr)      43 3.1
Pekan 3 (umur 15-21 hr)    66 4.5
Pekan 4 (umur 22-29 hr)    91

 

7.7

 

Jadi total jumlah pakan yang dibutuhkan tiap ekor sampai pada umur 4 pekan sebesar 1.520 gram. Dan jumlah air minum sampai umur  4 pekan sebanyak 122.6 liter / 100 ekor.

 

  1. Mutu dan takaran tahap finisher sbb ;

Kandungan gizi pakan terdiri dari ; Protein 18.1 – 21.2%, lemak 2.5%, serat kasar 4.5%, Ca 1%, P 0.7 – 0.9%, dan energy (ME) 2900-3400 kcal.

 

Takaran pakan dibagi menjadi 4 tahapan, yaitu ;

 

Pakan, g/hr/ekor Air minum, L/hr/100 ekor
Pekan 5 (umur 30-36 hr)  111 9.5
Pekan 6 (umur 37-43 hr)  129 10.9
Pekan 7 (umur 44-50 hr)  146 12.7
Pekan 8 (umur 51-57 hr)  161 14.1

 

Jadi jumlah total pakan per ekor pada umur 30-57 hari adalah 3.829 gram. Dan jumlah air minum sebanyak 333.4 liter/hr/100 ekor.

Penyakit Ayam Broiler

Berak darah (coccidiosis), gejala ; tinja berdarah dan mencret, nafsu makan turun, sayap lunglai, bulu kusam, serta menggigil kedinginan.

Pengendalian : 1). menjaga kebersihan lingkup kandang, menjaga litter tetap kering. 2). Dengan Tetra chlorine capsul diberikan melalui mulut. Noxal, Trisula zuco tablet dilarutkan dalam air minum, atau sulfaqui moxaline, amprolium, cxaldayocox.

Tetelo / ND (new castle disease) atau Ubeng (Jawa) , gejala ; ayam sulit bernafas, batuk-batuk, bersin, mendengkur, mata ngantuk, sayap terkulai kadang berdarah, tinja encer kehijauan. Yang spesifik kepala mutar-mutar tidak karuan dan lumpuh.

Pengendalian : 1). Menjaga kebersihan lingkup kandang dan peralatan, binatang vector virus ND ayam yang mati, jasadnya segera dibakar dan dikubur. 2). Belum ada obatnya untuk penyakit ini, pencegahan dengan vaksinasi.

Langkah pencegahan umum dengan cara ;

  1. hindarkan anak ayam dari perubahan cuaca, anak ayam harus diberi tambahan gula dalam air minum dan vitamin karena pada fase ini rentan terkena penyakit.
  2. Lakukan vaksinasi secara berkala, yaitu vaksin ND , dan  vaksin flu burung.
  3. Berikan pakan dan minuman yang berkualitas. Minuman sebaiknya selalu diganti setiap hari walau belum habis terutama yang diberi vitamin. Lihat dengan teliti tanggal kadaluarsa produk, baik pakan /pur, obat, dan vitamin yang tertera di kemasan.
  4. Jaga kebersihan, perlengkapan, dan lingkup kandang. Bersihkan tempat minum setiap hari, dan tempat pakan sekali sepekan. Semprotkan desinfektan disekeliling kandang 2 kali sehari.
  5. Berikan obat bila perlu saja.
  6. Berikan Obat cacing dan antibiotic secara berkala.
  7. Pisahkan / karantina ayam yang sakit agar tidak menular ke ayam yang lain.
  8. Musnahkan dengan segera jasad ayam jika / yang terinfeksi virus H5N1(flu burung) dengan cara dibakar dan dikubur.
  9. Ketika akan memasukkan ayam baru, pastikan ayam tsb sehat.
  10. Usahakan tidak  sembarang orang masuk kekandang karena dikhawatirkan ada cemaran virus atau bibit penyakit yang tanpa disadari terbawa dari tempat lain.
  11. Gunakan sandal, yang biasa di pakai dikandang ketika hendak memasuki kandang untuk mencegah penularan virus dari tempat lain. Bila perlu ada baju, topi atau setelan khusus yang hanya dipakai dilingkup kandang tersebut demi penerapan bio-sekuritas (upaya mencegah penyakit agar tidak masuk kekandang dan penyakit dalam kandang tidak menyebar ke lingkungan).

Panen Ayam Broiler

Hasil panen dari usaha jenis ini adalah ayam pedaging  itu sendiri yang biasanya dijual hidup dengan partai sedang sampai partai besar dengan segmen yang berbeda, ada yang bobot  0.8 / ekor, 1 kg / ekor, 1.5 kg/ekor, 2kg/ekor, atau  tergantung permintaan Pembeli. Untuk rumah makan dan pedagang ayam goreng angkringan biasanya menyukai  yang berbobot 0.8 kg karena ekonomis, bila dibelah jadi empat ukurannya pas tidak kekecilan atau kebesaran. Bisa juga dijual dalam keadaan karkas daging, terutama bagi Peternak sekala mikro. Dan hasil ikutan dari usaha ini  berupa tinja dan bulu ayam.

Pengembangbiakan Ayam Broiler

Jenis usaha berternak ayam ras baik petelur, maupun pedaging Petani atau Peternak tidak dapat melakukan pengembangbiakan sebagaimana unggas yang lain, seperti ayam buras, bebek, angsa, burung puyuh, burung onta, merpati dsj. Karena untuk melakukan ini membutuhkan Tehnologi dan peralatan khusus yang sangat mahal, juga membutuhkan tenaga Profesional yang handal dibidangnya. Praktis Petani sangat bergantung kepada Industri Breeding Farm yang notabene adalah Perusahaan besar. Maka inilah kelemahan dari usaha ini, yaitu Bibit, dan pakan selalu bergantung kepada Pabrik atau Perusahaan besar.  Jika piara ayam kampung sepasang, 1-2 tahun berikutnya akan berkembang dengan sendirinya, tambah tahun makin banyak jumlahnya. Tetapi jenis ayam ras yang berkembang adalah Profit dan financial anda jika anda adalah seorang pekerja keras dan cerdas. (MS)

Advertisement
Ternak Ayam Broiler, Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan | porosbumi | 4.5