Ini dia Beberapa Contoh Tanaman Hidroponik Sederhana

Monday, February 22nd, 2016 - budidaya

Menanam dengan menggunakan teknik hidroponik tengah menjadi primadona dewasa ini. Selain karena kelebihannya dalam penghematan penggunaan lahan, teknik hidroponik ini juga meminimalisir hambatan-hambatan yang kita temui jika menanam dengan media tanah, misalnya: hama, bibit penyakit, ketersediaan air, dan musim. Selain itu, hasil sayuran dan hasil buah memiliki kualitas lebih tinggi karena tidak tercemar dengan pestisida, limbah, dan kotoran.

Sebagai pemula, seringkali kita bingung apa saja yang dapat di tanam dengan menggunakan teknik hidroponik. Teknik hidroponik ini memungkinkan kita untuk menanam berbagai tipe tanaman. Pada umumnya, tanaman yang dipilih adalah tanaman hortikultura yang meliputi tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias, pertamanan, tanaman obat-obatan atau tanaman herbal. Sebenarnya teknik hidroponik dapat diterapkan pada semua jenis tanaman, baik tanaman tahunan, biennial, maupun annual. Namun pada umumnya, dipilih tanaman annual atau semusim untuk teknik ini.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang dapat kita tanam dengan menggunakan teknik hidroponik:

  1. Bunga-bunga

contoh tanaman hidroponik sederhana

harisab.blogspot.com

Bunga merupakan salah satu tanaman yang cocok digunakan untuk penanaman dengan teknik hidroponik karena kebanyakan bunga memiliki ukuran bibit yang cukup besar serta dapat dipotong atau ditransplantasikan. Bunga juga memiliki kemampuan untuk tumbuh dalam jumlah yang besar dan dapat tumbuh sepanjang tahun.

 

  1. Sayuran

contoh tanaman hidroponik sederhana tumbuhan

bibitbunga.com

Berbagai macam sayuran dapat dikembangkan dengan menggunakan teknik hidroponik. Beberapa diantaranya adalah cabe, sawi, selada, bayam, kubis, kol,asparagus, brokoli, dan bit.

Tanaman selada dapat dikembangkan dengan menggunakan sistem sumbu atau sistem Wick, namun lebih mudah untuk dipelihara jika menggunakan sistem NFT atau Nutrient Film technique. Dengan teknik hidroponik ini, selada dapat tumbuh lebih cepat. Tanaman lobak akan mudah tumbuh jika menggunakan sistem Water Culture, begitupula dengan tanaman sawi. Tanaman seledri akan tumbuh dengan cepat jika menggunakan sistem Pasang Surut atau sistem Ebb Flow untuk menjaga agar tetap basah namun tidak membanjiri akarnya yang dangkal. Mentimun dapat dikembangkan dengan sistem Drip Irigation. Beberapa sayuran yang biasanya tumbuh di tanah, seperti bawang, wortel, dan kentang juga dimungkinan untuk dikembangkan dengan teknik hidroponik namun harus dengan perawatan yang extra.

 

  1. Buah

contoh tanaman hidroponik sederhana buah

mei.staf.narotama.ac.id

Beberapa buah dapat dikembangkan dengan sistem hidroponik, diantaranya adalah tomat, semangka, melon, anggur, raspberry, blackberry, blueberry, dan stroberi.

Advertisement

Tanaman tomat dapat ditanam dengan menggunakan sistem Drip Irigation. Semangka yang lebih membutuhkan banyak air, cocok jika ditanam menggunakan sistem Pasang surut atau sistem Ebb Flow, begitupula dengan melon. Jangan lupa bahwa semangkat adalah tanaman yang merambat, sehingga kita harus mengeceknya secara rutin untuk memastikan bahwa buahnya dapat tumbuh dengan baik. Stroberi membutuhkan kelembapan yang rendah karena stroberi lebih rentan terkena penyakit busuk akar. Oleh karena itu, stroberi akan lebih bagus jika ditanam menggunakan sistem Nutrient Film Technique. Sama halnya dengan stroberi, blueberry juga akan lebih baik jika ditanam dengan sistem Nutrient Film Technique. Lain halnya dengan anggur, anggur justru membutuhkan air yang banyak sehingga anggur lebih baik ditanam dengan sistem Wick.

 

  1. Herbal

contoh tanaman hidroponik sederhana obat

kudo.co.id

Banyak tanaman herbal yang dapat ditumbuhkan dengan teknik hidroponik. Beberapa diantara yang dapat tumbuh dengan baik adalah rosemary, chives, oregano, basil, sage, dan ketumbar.

Chives yang biasanya dipakai sebagai pemanis atau hiasan dari kentang yang dipanggang, dapat dikembangkan dengan sistem Pasang Surut atau Ebb Flow. Chives juga dimungkinkan untuk dikembangkan menggunakan sistem Drip Irigation. Tanaman ini dapat tumbuh dengan sangat cepat dan mudah dalam perawatannya. Begitupula dengan Oregano yang biasa kita temui pada pizza, tanaman herbal ini cocok untuk dikembangkan dengan sistem Pasang Surut atau Ebb Flow. Tanaman basil dikembangkan dengan sistem Drip irrigation. Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan tidak terlalu memakan banyak ruang sehingga dapat kita tanaman dengan tanaman herbal yang lain. Begitupula dengan tanaman rosemary. Tanaman herbal aromatik ini cocok ditanam dengan sistem Drip Irrigation. Tanaman Sage ditanam dengan menggunakan sistem Nutrient Film Technique.

Baca juga:

Cara Bercocok Tanam Hidroponik di Rumah

Budidaya Tanaman Hidroponik di Era Modern

 

  1. Tanaman hias

Aneka Jenis Produk Budidaya Tanaman Hias

belajarberkebun.com

Beberapa tanaman hias dapat ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik, yaitu Krisan, Gerberra, Anggrek, Kaladium, dan Kaktus. Untuk penanaman tanaman hias, diperlukan media berupa pasir, pecahan batu, atau rockwool.

Advertisement
Ini dia Beberapa Contoh Tanaman Hidroponik Sederhana | porosbumi | 4.5