Jenis-jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Dibudidayakan

Wednesday, February 17th, 2016 - budidaya

Seperti yang kita tahu, hidroponik adalah cara bercocok tanam yang mudah  karena tidak memerlukan lahan luas. Anda tidak perlu menggunakan tanah sebagai media tanamnya, cukup memanfaatkan air dan memberikan nutrisi yang tepat, maka tanaman Anda pun akan tumbuh dengan baik.

Banyak jenis tanaman yang bisa dibudiayakan dengan hidroponik. Namun Anda harus tahu jenis dan sifat dari masing-masing tanaman. Tentu jika Anda menanam pohon mangga, maka cara bercocok tanam dengan sistem hidoponik bukanlah cara yang tepat karena mangga membutuhkan waktu sangat lama untuk dapat memiliki akar dan batang yang kuat.

Ya, seperti yang Anda tahu, banyak kelebihan dari tanaman hidroponik. Selain mudah, hidroponik juga ramah lingkungan karena dapat mengurangi CO2 serta pastinya hemat air. Tanaman hidroponik biasanya hanya membutuhkan sedikit air, kira-kira 1/20 dari tanaman biasa.

Sistem hidroponik memungkinkan Anda menghemat waktu karena Anda tidak harus menyiram tanaman setiap hari. Pertumbuhannya pun sangatlah cepat sehingga Anda dapat memanennya pula dalam waktu singkat.

Nah jika Anda tertarik bercocok tanam dengan sistem hidroponik, berikut jenis-jenis tanaman yang mudah dibudidayakan:

1. Sayuran berdaun hijau

jenis tanaman

lensza.co.id

Hampir semua sayuran berdaun hijau adalah tanaman yang mudah tumbuh menggunakan sistem hidroponik. Contoh sayuran berdaun hijau yang sering ditanam adalah kangkung, bayam, sawi, tomat dan lain sebagainya. Namun meski mudah dibudidayakan dengan sistem hidroponik, Anda tetap harus memperhatikan bagaimana sayuran tersebut tumbuh. Jangan sampai sayuran itu tumbuh terlalu besar karena akan mengganggu sirkulasi udara lingkungan sekitarnya. Sayuran hidroponik tidak mengenal musim. Anda dapat memanennya saat hari ke-26 hingga ke-29. Pastikan memanen di hari tersebut karena jika Anda memanen lebih dari hari itu maka rasa sayuran akan menjadi sangat pahit.

 

2. Buah-buahan

jenis-jenis tanaman buah

jogjarasa.com

Selain sayuran, buah-buahan juga mudah dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Ada banyak buah-buhan yang dapat ditanam menggunakan metode hidroponik, salah satunya adalah melon golden apollo. Melon golden apollo ini besarnya sekitar tiga kali kepalan tangan orang dewasa. Hidroponik mungkin bisa dibilang adalah cara bercocok tanam yang tepat untuk melon golden apollo karena dengan hidroponik, melon golden apollo akan memiliki kadar manis yang tinggi. Biasanya sistem hidroponik yang dipakai untuk menanam melon golden apollo adalah sistem irigasi tetes. Sistem irigasi tetes ini berupa larutan nutrisi yang mengalir ke melon dari tangki yang disediakan. Kemudian larutan nutrisi tersebut akan meresap melalui selang yang ditancapkan pada media tanam. Media tanam untuk melon golden apollo dapat menggunakan campuran arang sekam dan sebut kelapa agar lebih kuat. Hal itu karena hasil panen dari melon golden apollo beratnya bisa mencapai 1,5 hingga 2,8 kg.

Advertisement

 

4. Selada

jenis-jenis tanaman selada

log.viva.co.id

Jika Anda termasuk orang yang tidak punya banyak waktu luang tapi tetap ingin bercocok tanam maka selada adalah jenis tanaman yang tepat dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Selada tidak membutuhkan perhatian yang khusus dan rumit agar tumbuh dengan subur. Setelah Anda menyemai bibit selada, sekitar satu sampai dua minggu bibit tersebut akan tumbuh satu dua helai daun. Nah kemudian, Anda tinggal memindahkan selada yang Anda tanam ke media tanam utama. Perhatikanlah larutan nutrisinya supaya selada dapat tumbuh dengan cepat.

Baca juga :

Beberapa Jenis Tanaman Hidroponik Sayuran

Budidaya Tanaman Hidroponik di Era Modern

 

5. Timun

jenis-jenis tanaman timun

auburnpub.com

Jenis tanaman yang seringkali ditanam menggunakan sistem hidoponik lainnya adalah timun. Namun Anda harus memperhatikannya secara ekstra. Pertama, jika Anda ingin menanam timun dengan sistem hidroponik, perhatikanlah tempat tumbuh timun. Seperti yang Anda ketahui, timun mempunyai ukuran yang cukup besar, maka sebisa mungkin gunakanlah tempat yang lumayan luas. Kedua, perhatikanlah cahaya matahari yang tepat. Timun tidak boleh terkena sinar matahari yang terlalu berlebihan maupun kekurangan sinar matahari karena hal itu akan mempengaruhi pertumbuhannya. Anda harus memperhatikan banyak hal supaya timun tumbuh dengan subur.

 

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis tanaman hidroponik yang mudah dibudidayakan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada banyak jenis tanaman yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Salam.

Advertisement
Jenis-jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Dibudidayakan | porosbumi | 4.5