Karl Friedrich Benz, Bapak Mobil Bensin

Thursday, May 26th, 2016 - Kisah Teladan

Mobil…hm… sebuah kereta logam beroda empat yang dapat melaju secepat angin. Pada awal kemunculan mobil, banyak orang dibuat masyghul lantaran mobil berjalan tanpa ditarik kuda. Takjub sekaligus pesimis, karena nenek moyang mobil kala itu masih primitive yaitu mudah terbalik, sukar dikendalikan sehingga sering menabrak tembok, terutama ditikungan tak jarang bablas, kalau tidak nabrak dinding ya nyungsep di got.

Tetapi dengan berjalannya waktu melalui tahap-demi tahap penyempurnaan, akhirnya mobil menjadi alat canggih yang sangat bersahabat, mudah di setir dan nyaman dikendarai. Orang bilang seperti mengendarai angin jika jalannya bagus, dan seperti mengendarai gelombang laut jika jalanan rusak. Mau tak mau era mobil tak terelakan dan memaksa Kereta Kuda Sang Penguasa Jalanan di masa lalu, harus rela menepi, dan dimusiumkan.

Orang masa kini sudah tak asing lagi dengan benda ajaib ini sejak lama. Karena saat ini mobil ada dimana-mana, walau dipelosok terpencil sekalipun kendaraan ini sudah merambah kesana. Tak hanya sebagai symbol kemakmuran belaka, tetapi mobil sudah menjadi kebutuhan manusia terutama untuk mendukung transportasi. Didesa dan kampung mobil berfungsi sebagai alat pengangkut hasil bumi. Dan dikota mobil berfungsi sangat beragam dari fesyen sampai alat angkut hasil pabrik.

Tanpa mobil maka semua distribusi barang dan jasa akan mandeg. Bayangkan saja sekali angkut mobil dapat membawa beban dari kwintal sampai ton dengan rata-rata melaju sampai 100 km/jam, tergantung kondisi jalan.

Tetapi ngomong soal mobil, pernahkah terbersit dihati kita siapa tokoh dibalik penemuan alat nan hebat ini..? tentu dibalik kehebatan alat yang kita nikmati sekarang ada sosok jenius yang berjasa dalam mewujudkan alat itu, sehingga dapat terwujud seperti sekarang. Mereka adalah orang-orang besar dengan dedikasi tinggi. Dan sudah sepatutnya kita contoh karena telah berhasil mempersembahkan karya terbaiknya untuk Dunia.

Karl Friedrich Benz, Bapak Mobil Bensin

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:CarlBenz.jpg

Dialah Karl Friedrich Benz, salah Seorang insinyur Jerman yang dikenal sebagai penemu mobil berbahan bakar bensin (gasoline). Kemudian hasil penemuannya ini ia patent kan pada tahun 1879. Pada saat yang sama Gottlieb Daimler dengan rekannya Wilhelm Maybach juga mempatentkan hasil temuan yang sama. Namun Benz lebih dulu dari keduanya dalam mempatent kan temuannya.

Karl F. Benz lahir dengan nama Karl Friedrich Michael ¬Vaillant, di Karlsruhe Jerman. Saat Benz masih berusia 2 tahun ayahandanya Johann George Benz meninggal akibat kecelakaan. Setelah kepergian Sang Ayahanda tercinta sebagai kenang-kenangan akan mendiang ayahnya namanya diganti menjadi Karl Friedrich Benz.

Advertisement

Walaupun saat itu keluarganya hidup dalam kemiskinan, Namun Sang Bunda berkeras hati ingin agar Benz mendapat pendidikan yang layak. Pada umur 9 tahun Benz mulai tertarik pada bidang sains. Dia akhirnya berhasil melanjutkan belajarnya di Universitas Poltek Karlsruhe. Dibawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher, seorang tokoh perintis jurusan mesin (mechanical engineering).
Dalam usia yang sangat muda belia, yakni 15 tahun Benz berhasil lulus ujian masuk University of Karlsruhe untuk menjadi sarjana mesin. Empat tahun kemudian ia berhasil menyandang gelar engineer atau insinyur dengan gemilang.

Setelah berhasil lulus dari universitas dan memiliki gelar insinyur, Benz muda sambil mengayuh sepedanya, selalu memikirkan tentang konsep sebuah kereta yang dapat berlari tanpa kuda. Pada tahun 1871 ketika ia berusia 27 tahun, Benz berkongsi dengan sahabatnya membuka sebuah bengkel yang juga menjual perlaatan konstruksi di Mannheim. Tetapi sayang kemudian usahanya mengalami kerugian, karena sahabatnya tersebut berlaku curang dan tidak amanat, sehingga Pemerintah akhirnya menyita asset perusahaan tsb.

Tetapi Benz adalah seorang yang sangat pintar dan giat. Demi untuk meningkatan pendapatan ia terus berimprovisasi guna mengembangkan dan menemukan tipe mesin baru yang lebih efisien. Akhirnya ditahun 1878 ia berhasil menemukan dan sekaligus mem patent kan hasil karyanya yang sangat fenomenal dan menjadi mahakarya dalam bidang permesinan. Hingga saat ini temuan-temuan Benz masih digunakan dalam dunia permesinan modern.

Penemuan yang pertamakali di paten kan adalah mesin 2 tak, selanjutnya berturut-turut dia juga mempatenkan system pengapian busi, karburator, power clutch, gigi transmisi dan radiator air.
Tahun 1883 Benz mendirikan Perusahan baru yang memproduksi mesin-mesin industry. Dengan cepat perusahaan ini berkembang menjadi besar.

Di tempat inilah Benz akhirnya memproduksi mesin-mesin hasil karyanya yang menggunakan bahan bakar bensin. Itu maknanya impian untuk menciptakan kereta nir kuda sudah didepan mata maka, lahirlah apa yang ia sebut ‘’Motor Wagen’’ dalam bahasa Jerman, motor artinya mesin, dan wagen artinya Kereta. dalam bahasa kita maksudnya Kereta Bermotor, yaitu jenis kereta pertama yang menggunakan bbm bensin yang di kemudian hari dikenal sebagai Mobil. Kata mobil sendiri dari bahasa Inggris yang artinya, ‘’bergerak dengan mudah’’.

Saat pertamakali mobil ini di uji coba, banyak kalangan yang tertawa terpingkal-pingkal sembari mengejek, itu karena Leluhur mobil ini sering menabrak tembok akibat sulit disetir. Tetapi setelah MW disempurnakan pada generasi berikutnya, dan mulai diuji cobakan di jalan raya perhatian orang mulai tertuju kepada kereta nir kuda itu.

Tahun 1885, Benz kemudian mendirikan pabrik mobil pertamanya yang dinamai Motor Wagen (MW). Hasil produksinya berupa mobil komersial yang dipasarkan untuk masyarakat umum. Kendaraan roda empat ini sudah menggunakan mesin 4 tak hasil ciptaannya, dan berbahan bakar bensin.

Tak hanya berjasa merancang mobil, Benz juga merupakan penemu dari spart part mobil yang sangat penting, bahkan alat-alat itu ibarat jantung dan paru-paru mobil , seperti ; Busi, Karburator, radiator air, dan system transmisi / perseneling. Thank so much Mr. Benz. (MS)

Advertisement
Karl Friedrich Benz, Bapak Mobil Bensin | porosbumi | 4.5