Khasiat Sarang Burung Walet

Sunday, October 23rd, 2016 - budidaya
techno-walet.blogspot.com

techno-walet.blogspot.com

Mungkin kita sering bertanya-tanya, apa sebab sarang burung walet itu mahal ? apa kelebihan dari sarang walet sehingga sejak ribuan tahun yang lalu Para Kaisar, dan Bangsawan Tiongkok menjadikan sarang burung walet sebagai menu special yang istimewa ?

Selama berabad-abad sarang burung walet telah dikonsumsi oleh kaum kelas atas Tiongkok karena diyakini dapat meningkatkan vitalitas tubuh agar selalu prima, baik sebagai Suami-Isteri, maupun sebagai Bangsawan Ksatria.

Kita mafhum bahwa pada zaman dahulu diberbagai Pelosok dunia Raja, dan Kaum Bangsawan dituntut untuk selalu tampil prima, karena sewaktu-waktu mereka harus siap turun kemedan laga untuk menghadapi perang besar. maka tak terkecuali Para Kaisar, dan juga Bangsawan China tempo dulu pun terikat dengan nilai yang sama, sehingga berbagai menu dan resep yang diyakini mendatangkan khasiat akan dicobanya.

Tentu saja prosesnya cukup panjang sebelum dipastikan sebagai menu yang berkhasiat, karena pada masa itu Para Cerdik pandai juga harus melakukan serangkaian penelitian, dan uji coba layaknya zaman sekarang.

Baca Juga: Teknik Budidaya Burung Walet

Dan kita saksikan sekarang dengan ribuan tahun budayanya, Negeri China telah mewariskan ribuan  resep tentang pengobatan, dan kesehatan yang mempengaruhi Negeri sekitar, termasuk Indonesia. Negeri China merupakan salah satu gudangnya resep tradisional, dan pengetahuan akan aneka resep makanan yang menyehatkan tubuh secara alami. Dan salah satu  makanan khas Tiongkok yang  mendunia adalah makanan dari sarang walet, atau ‘’Yan Wo’’ dalam dialek setempat.

Yan Wo  memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga  dapat berfungsi sebagai aphrodisiac (zat pembangkit gairah). Para Sinshe, dan Ahli Pengobatan Tradisional China sering mencampurkan Yan Wo kedalam tonic untuk meningkatkan efek penguatan tubuh.

Dewasa ini sarang burung walet diolah menjadi berbagai macam panganan lezat, seperti agar-agar kwalitas premium, dan di berbagai Restoran Khas China sarang walet di jadikan sup yang sangat diminati terutama oleh para Taipan yang ingin hidup sehat.

Advertisement

Bahkan ada yang dikemas secara modern sebagai  tonic penambah energy, hanya sayang sasarannya masih kelas Premium. Dan bagi orang kebanyakan olahan maupun obat dari sarang burung walet masih berat di ongkos.

Grade Sarang Burung Walet

Priceaz.com

Priceaz.com

Dari segi kwalitas ternyata sarang burung walet juga mengenal grade, makin tinggi grade nya, makin mahal harganya. Biasanya sarang walet yang dipanen di gua-gua memiliki grade yang lebih tinggi, tetapi tantangannya adalah dengan bertaruh nyawa SiPemanen, karena gua-gua tempat walet biasanya berlokasi ditebing yang tinggi, licin, dan curam. Ini juga alasan mengapa harga sarang burung walet dimasa lalu sangat mahal.

Tetapi sarang walet hasil budidaya (rumah walet) juga semakin baik, dan semakin mendekati mutu dari sarang walet gua. Hal ini karena bertambahnya pengetahuan tentang tehnik membuat rumah walet yang dibuat mendekati lingkungan alami Burung walet.

Faktor lain yang ikut menentukan grade dari sarang burung walet adalah tingkat sanitasi, dan kebersihan, juga kemurnian sarangnya. Semakin bersih, dan semakin murni, maka akan menaikan gradenya.

Sarang walet kwalitas tinggi adalah yang 100 % dari liur burung walet, tidak bercampur dengan pengotor seperti ; tanah, bulu, dan kotoran burung. Secara ilmiah ada 4 jenis  burung walet  yang sarangnya dapat di konsumsi,  yakni ;

  1. Collocalia fuchiphaga. Yaitu jenis walet sarang putih.
  2. Collocalia maxima. Yaitu jenis walet sarang  hitam.
  3. Collocalia esculanta.
  4. Collocalia vanikorensis.

Diantara keempat jenis tsb walet sarang putih adalah yang paling mahal, karena seluruh sarangnya murni dari air liur burung walet.

Baru-baru ini dengan maraknya isu flue burung, telah diberlakukan tehnik pencegahan virus dengan cara, setelah  dibersihkan sarang burung walet harus melalui dua kali perebusan / dikukus dengan suhu 100 oC, guna mensterilkan virus. Setelah itu dikeringkan kembali barulah  boleh dipasarkan.

Semoga dengan semakin berminatnya warga untuk membudidayakan Burung walet, kelak harga sarang burung walet menjadi lebih terjangkau oleh semua lapisan Masyarakat, sehingga bagaimana lezatnya rasa sup sarang burung walet yang semangkok konon juta-juta, nantinya dapat dinikmati semua orang. Begitu juga tonic dan minuman dari sarang burung walet yang selama ini hanya kalangan berduit yang dapat menikmati, semoga nantinya menjadi minuman rakyat seperti teh botol. Jika semua orang sehat dan bugar semoga Negara akan semakin kuat, dan makmur. Semoga

 

Advertisement
Khasiat Sarang Burung Walet | porosbumi | 4.5