Inilah 33 Keajaiban Manfaat Buah Naga

Sunday, February 28th, 2016 - Kesehatan

Manfaat Buah Naga – Buah naga (Hylocereus undatus) atau sering disebut pitaya dan buah seribu manfaat ini bukan berasal dari Tionkok bukan juga dari China, apalagi dari Hongkong yang terkenal dengan simbol hewan naga yang dipercayai membawa keberkahan. Ternyata buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika selatan, namun sekarang buah tersebut juga di budidayakan di berbagai Negara-negara yang ada di Asia. Buah dari beberapa jenis kaktus ini di bawa oleh orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Buah naga memiliki beberapa jenis, dan dua jenis yang paling terkenal ialah buah naga yang berwarna merah dan buah naga yang berwarna putih (seperti bendera Negara Indonesia). Manfaat buah naga putih dan merah tidak jauh berbeda, cenderung banyak kesamaannya. Oleh orang Vietnam dan Cina buah ini di anggap membawa berkah. Tidak hanya orang Cina, akan tetapi sekarang banyak yang merasakan keberkahan dari buah naga.

Ternyata buah unik ini membawa berkah dan mempunyai banyak sekali manfaat khususnya bagi kesehatan seseorang. Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh. Serat yang ada pada buah ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, sebab dalam tubuh juga memerlukan serat yang cukup dalam seharti-hari untuk mengatur kadar gula dalam darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga cocok untuk di konsumsi sehari-hari. Pantas jika disebut sebagai ratu buah karena memang khasiatnya begitu banyak.

Inilah 33 Keajaiban Manfaat dari Buah Naga :

  1. Mencegah Kanker

manfaat buah naga untuk mengobati kanker

www.thesoundnesslife.com

Mendengar kata kanker pasti terlintas di benak kita bahwa penyakit yang satu sangatlah berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Memang benar ada pepatah bilang mencegah lebih baik daripada mengobati. Buah naga adalah salah satu alternative untuk mencegah penyakit yang satu ini karena buah ini kaya akan antioksidan phytoalbumin yang bisa membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Selain itu buah yang kaya serat, lalu ada kalsium, fosfor dan juga vitamin C serta B2 akan membantu mengeluarkan detox dari tubuh yang berpotensi mengakibatkan kanker.

  1. Mencegah diabetes melitus

manfaat buah naga Mencegah diabetes melitus

www.yuksharee.com

Buah yang satu ini dapat pula mencegah seseorang terkena penyakit diabetes mellitus. Karena buah ini mengandung kadar gula yang sangat rendah sehingga aman bagi penderita diabetes. Pencegahan diabetus menggunakan buah naga tidak harus selalu mengkonsumsinya, cukup satu atau dua hari sekali mengkonsumsi buah naga agar kadar gula dapat seimbang kembali.

  1. Menurunkan berat badan

manfaat buah naga untuk menurunkan berat badan

kaoskakigrosirku.blogspot.com

Hampir setiap orang menginginkan tubuh yang ideal. Namun saat ini tidak perlu bersusah payah menjalani diet dengan tidak makan. Cukup mengkonsumsi buah naga secara teratur dan memperbanyak karbohidrat. Tubuh akan tetap sehat dan berat badan bisa turun secara alami. Sselain kaya serat dan berbagai vitamin buah ini juga rendah kalori, sangat cocok bagi yang ingin memiliki tubuh proporsional. Karena buah ini tidak akan membuat perut melar dan akan melancarkan pencernaan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat buah naga untuk kekebalan tubuh

reps-id.com

Setiap tubuh mempunyai sistem imun, dan setiap orang mempunyai perbedaan masing-masing di dalam tubuhnya. Ada yang system imunnya tinggi ada pula yang rendah sehingga membuat seseorang mudah terkena virus. Buah naga bisa menjadi solusi dalam meningkatkan system kekebalan tubuh seseorang agar tidak mudah sakit.  Bagi Anda yang banyak aktifitas di dalam maupun luar  rumah harus membutuhkan suplemen lebih. Tidak perlu mencari obat kimia untuk menambah supplement yang dibutuhkan tubuh, sebab sudah ada buah naga yang bisa menjadi energi tambahan yang di butuhkan tubuh, serta memberikan asupan vitamin bagi tubuh untuk kekebalan.

  1. Baik untuk tulang dan darah

manfaat buah naga untuk tulang

www.solusisehatku.com

Kandungan yang dimiliki buah naga sangat beragam, salah satunya terdapat vitamin C yang bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi lebih banyak yang dibutuhkan tulang. Buah ini juga mengandung kalsium yang membantu kesehatan tulang dan digunakan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Jika mempunyai penyakit anemia atau kekurangan darah, lebih banyak makan buah naga setiap hari agar darah menjadi lebih lancar dan tubuh tidak kekurangan darah lagi.

  1. Mencegah serangan jantung

manfaat buah naga untuk kesehatan jantung

bunda.co

Buah naga sangat efektif untuk mencegah serangan jantung, karena  pada dasarnya buah tersebut membersihkan bagian tubuh manusia, maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan Phytochemical Captin pada buah ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Sekedar informasi, zat dengan nama Phytochemical Captin adalah zat yang biasanya di gunakan untuk pengobatan masalah jantung. Namun Anda bisa mendapatkannya secara alami melalui buah seribu manfaat ini.

  1. Membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan

manfaat buah naga meringankan batuk

www.azkacake.com

Karena banyaknya vitamin C yang ada dalam buah naga, maka manfaat lain yang dapat di rasakan adalah dapat membantu menyembuhkan penyakit batuk dan pernafasan secara bertahap. Kandungan dari vitamin C bisa melindungi tubuh dari gangguan virus jahat yangakan membuat tubuh menjadi lemah dan jika terlalu lama akan menyebabkan asma. Konsumsi buah tersebut setiap hari jika sedang mengalami kelemahan pada kekebalan tubuh, agar penyakit tidak semakin meluas dan membahayakan tubuh.

  1. Meningkatkan nafsu makan

manfaat buah naga untuk Meningkatkan nafsu makan

lifestyle.bisnis.com

Fungsi dari buah tersebut sangat baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhan. Karena dengan nafsu makan bertambah akan membuat anak mengkonsumsi berbagai makanan yang baik untuk pertumbuhannya. Jika anak tidak suka dengan mengkonsumsinya langsung, buah naga bisa di olah dengan cara di jus dan di campur dengan susu atau madu. Rasanya yang manis akan membuat anak semakin doyan dan lahap untuk memakannya.

  1. Menunda penuaan dini

manfaat buah naga untuk menunda penuaan dini

manfaat-buah.com

Sering terkena udara bebas dan polusi dapat menyebabkan gejala penuaan dini.Buah naga bisa dijadikan alternative dalam mencegah penuaan dini berlanjut. Tidak perlu menggunakan make up yang justru membuat wajah menjadi lebih rusak. Cukup menggunakan buah naga sebagai masker yang bisa langsung di aplikasikan pada wajah. Jika tidak ingin repot, langsung di makan saja buah naga minimal dua kali seminggu.

  1. Bisa digunakan untuk membasmi jerawat

manfaat buah naga untuk menghilangkan jerawat

www.tribunnews.com

Wajah yang kusam akan membuat jerawat bermunculan. Jika ingin menghilangkan jerawat dengan mudah dan alami, bisa menggunakan buah naga sebagai solusinya. Buah ini akan dijadikan masker untuk wajah. Cara membuatnya cukup mudah. Ambil buah naga yang sudah matang dan segar. Kupas dan ambil isinya kemudia blender hingga halus. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata. Tunggu beberapa menit hingga mongerin dan setelah mongering bilas wajah dengan menggunakan air bersih. Lakukan 2 hari sekali dan anda akan mendapatkan kulit wajah yang berseri-seri.

  1. Baik untuk mengobati panas dan Mencegah darah tinggi / hipertensi

manfaat buah naga untuk mengobati panas dan Mencegah darah tinggi / hipertensi

sidomi.com

Selain dari beberapa manfaat yang telah di sebutkan tadi, buah naga bisa mencegah atau menurunkan hipertensi. Darah tinggi disebabkan darah yang terlalu banyak menyumbat ke dalam otak. Bagi yang ingin menurunkan hipertensi secara alami, minum jus buah naga dua kali sehari dan kurangi gula agar hipertensi tidak komplikasi dengan diabetes.

  1. Baik untuk meningkatkan ASI

manfaat buah naga untuk meningkatkan ASI

masfikr.com

Kelancaran dalam memberikan ASI sangat penting bagi bayi yang baru lahir hingga umur dua tahun. ASI merupakan makanan pertama yang di butuhkan oleh bayi, namun jika ASI tidak lancar maka akan membuat bayi menjadi kurang asupan gizi. Untuk itu jika sedang masa menyusui lebih baik mengkonsumsi buah naga secara teratur agar ASI bisa lebih lancar.

  1. Untuk membantu pertumbuhan janin dan menguatkan ibu hamil

manfaat buah naga Untuk membantu pertumbuhan janin dan menguatkan ibu hamil

www.youtube.com

Ibu hamil biasanya mengalami anemia pada saat hamil. Maka ada baiknya jika ibu yang sedang hamil mengkonsumsi buah naga, karena dalam buah ini juga terkandung zat besi yang di gunakan sebagai pembentukan sel darah merah sehingga mengurangi resiko anemia.  Pada saat hamil sel darah ibu terbagi menjadi dua yakni untuk ibu sendiri dan untuk janin yang sedang di kandungnya. Jadi untuk ibu hamil di sarankan memperbanyak mengkonsumsi buah naga untuk menambah stamina dan energy, sebab anemia jika di biarkan saja akan berdampak negative bagi ibu hamil. Dampaknya adalah nisa membuat lemas, pucat dan kurang energy. Buah naga juga memiliki kandungan folat yang merupakan kandungan yang di perlukan selama kehamilan. Folat juga bisa di gunakan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Ada juga kandungan vitamin B1 pada buah naga yang bermanfaat untuk ibu hamil, sebab bisa mempercepat penyerapan protein di dalam tubuh.

  1. Menjaga kelancaran sistem peredaran darah

manfaat buah naga Menjaga kelancaran sistem peredaran darah

www.arbamedia.com

Peredaran darah terkadang berjalan tidak normal dan membuat seseorang terkena penyakit, mulai dari kekurangan darah bisa menyebabkan anemia, dan yang kelebihan darah bisa menyebabkan hipertensi. Untuk itu buah naga ini mampu menjaga system peredaran darah berjalan dengan normal

Advertisement
  1. Baik untuk pencernaan

manfaat buah naga untuk pencernaan

www.resepkeluargasehat.com

Karena buah naga bersifat membersihkan tubuh, maka dalam pencernaan juga akan membersihkan sisa-sisa detoks yang masih tertinggal. Pencernaan manusia sering tidak berjalan normal, maka disarankan memakan buah naga secara rutin untuk membantu pelancaran pada pencernaan. Serat yang ada pada buah naga bisa menggantikan sayur-sayuran.

  1. Mencegah kerapuhan tulang

manfaat buah naga untuk kerapuha tulang

kampung-herbal.com

Buah naga yang mengandung kalsium dan zat besi sangat cocok untuk mejaga kesehatan tulang sehingga mencegah dari kerapuhan dan keropos. Dianjaurkan bagi yang sudah lanjut usia untuk memperbanyak menkonsumsi buah naga untuk menjaga kesehatan tulang. Namun saat ini orang muda juga banyak yang sudah mengalami kerapuhan pada tulang. Jadi tidak hanya orangtua saja, tetapi mulai dari sekarang anak muda juga rajin mengkonsumsi buah naga.

  1. Dapat digunakan untuk pewarna alami

manfaat buah naga untuk pewarna alami

caraberkebun.com

Karena warna buah naga mempunyai warna yang sangat pekat, maka bisa digunakan untuk pewarna alami es atau campuran roti dan yang lainya, sehingga menghndari efek samping yang dihasilkkan jika kita menggunakan pewarna kimia.

  1. Mencegah kelumpuhan otot

manfaat buah naga Mencegah kelumpuhan otot

manfaat-buah-naga-alami.blogspot.com

Tubuh manusia memang beragam penyakitnya, mulai dari tulang hingga otot. Pada otot terdapat penyakit yang disebut sebagai kelumpuhan otot. Penyakit ini disebabkan oleh otot yang tidak dapat berfungsi dan tidak bisa menggerakan bagian-bagian pada tubuh. Buah naga memang tidak bisa di pastikan bisa meyembuhkan penyakit ini, namun buah tersebut bisa mencegah datangnya kelumpuhan pada otot.

  1. Untuk meningkatkan stamina

manfaat buah naga untuk stamina

manfaat-aneka-buah.blogspot.com

Stamina yang dibutuhkan oleh tubuh perharinya sangat banyak sekali. Karena setiap hari tubuh melakukan kegiatan dan bekerja, maka akan mengalami kelelahan terlebih untuk wanita. Jika untuk pria, stamina yang dibutuhkan selain untuk kerja juga untuk mendukung dalam masalah seksualitasnya. Makan satu buah naga setiap hari bisa meningkatkan stamina untuk menjalani hari dengan lancar.

  1. Menjaga usus dari perkembangan bakteri

manfaat buah naga untuk usus

www.vemale.com

Karena tubuh manusia mempunyai beragam kegiatan, maka berbagai bakteri dan virus sangat rentan menyerang tubuh. Perkembangbiakan bakteri sangat cepat jika sudah masuk ke dalam tubuh, untuk itu kita harus melindungi tubuh dengan cara rajin mengkonsumsi ratu buah ini setiap hari, di tambah dengan berbagai vitamin tambahan agar bakteri tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

  1. Untuk menjaga kesehatan manula

manfaat buah naga untuk orang tua

citcitcuwitcuwit.blogspot.com

Kesehatan orang yang sudah tua atau manula harus lebih ekstra dijaga dan segala protein serta vitamin harus banyak di penuhi. Karena banyaknya sumber vitamin serta protein yang harus dipenuhi, agar lebih mudah maka memperbanyak konsumsi buah naga setiap hari. Buah ini juga bisa mengganti nasi atau lauk lain yang sudah tidak bisa di makan lagi, karena gigi manula terkadang sudah banyak yang patah.

  1. Bagus untuk menjaga kelembaban kulit

manfaat buah naga untuk kelembapan tubuh

berandacantik.blogspot.com

Kulit yang lembab merupakan ciri dari kulit yang sehat. Memang sudah banyak beberapa cara yang bisa membuat kulit lembab. Namun dengan menggunakan masker buah naga bisa juga membuat kulit terlihat lebih lembab dan sehat. Caranya buah naga di haluskan dan di gunakan masker tubuh sebelum mandi. Setelah itu di bilas dan gunakan sabun cair susu yang dapat melembutkan kulit.

  1. Menjaga kesehatan saraf

manfaat buah naga untuk kesehatan saraf

infoloka.com

Ketika pikiran terganggu maka kesehatan tubuh akan terganggu juga. Saraf jika sudah rusak akan sulit untuk diobati. Untuk membantu menjaga kesehatan syaraf, mulai sejak dini rajin makan ratu buah ini. Buah naga memang tidak bisa menyembuhkan penyakit syaraf, tetapi setidaknya bisa mencegah datangnya kerusakan pada sistem saraf.

  1. Memperkuat daya ingat

manfaat buah naga untuk daya ingat

plus.google.com – Lisya Liang

Ketika pikiran berjalan secara terus menerus, maka daya ingat akan semakin melemah. Jika hal ini sudah terjadi akan menyebabkan penyakit lupa. Sebelum datang penyakit ini disarankan mengkonsumsi buah naga secara berkala.

  1. Menjaga ion tubuh

manfaat buah naga untuk menjaga ion tubuh

adesetiawanblog.wordpress.com

Tubuh yang selalu bergerak akan kehilangan ion tubuh. Manfaat lain dari buah tersebut adalah dapat menjaga ion sehingga tubuh tetap seimbang meskipun banyak kegiatan yang dijalani.

  1. Mencegah peradangan

manfaat buah naga mencegah peradangan

bagiinfo1.blogspot.com

Banyak minum air dingin terkadang bisa membuat radang tenggorokan. Ketika hal ini sudah terjadi, jangan langung minum obat yang berbahan kimia. Jus buah naga merupakan solusi awal agar penyakit radang bisa cepat hilang dengan alami.

  1. Baik untuk membersihkan usus

manfaat buah naga untuk membersihkan usus

gugel-pinguin.blogspot.com

Kesehatan tubuh berawal dari pencernaan. Jika sistem pencernaan mengalami gangguan, maka seluruh organ tubuh akan mengalami dampaknya. Usus yang bermanfaat sebagai jalannya pencernaan sering kali mengalami gangguan atau kerusakan. Agar usus tetap bersih dan sehat maka buah naga bisa dipilih sebagai obat untuk membersihkan usus.

  1. Memperkuat tulang dan gigi

manfaat buah naga untuk memutihkan gigi

redaksikesehatan.com

Manfaat lain dari buah naga ialah dapat memperkuat gigi. Namun jika tidak di imbangi dengan rajin mengsosok gigi, maka gigi akan mudah rusak dan patah.

  1. Agar tidak mudah kram

manfaat buah naga untuk kram

www.dokterkamu.com

Gejala kram sering di alami oleh siapa saja, dan terkadang timbulnya kram terjadi secara langsung. Jika ingin mencegah datangnya kram, selalu konsumsi buah naga minimal dua kali dalam seminggu.

  1. Cepat menghilangkan haus dan menyegarkan

manfaat buah naga untuk menghilangkan haus

senicsblog.blogspot.com

Rasa haus memang sering datang ketika badan sudah lelah. Perbanyak minum air dan buah naga bisa lebih menyegarkan tubuh serta menghilangkan haus.

  1. Baik untuk kecantikan

manfaat buah naga untuk kecantikan

www.juaka.com

Setiap wanita ingin cantik namun terkadang cara yang di pilih terlalu instan sehingga membuat kulit dan tubuh cepat sakit dan rusak. Untuk perawatan alami gunakan madu, susu dan campurkan keduanya dengan buah naga.

  1. Menjaga kesehatan mata

manfaat buah naga untuk kesehatan mata

www.hariananda.com

Penglihatan seseorang akan terganggu jika sering melihat komputer atau TV secara dekat. Apalagi saat ini banyak teknologi yang bisa membuat mata cepat sakit. Jika tidak suka dengan wortel, bisa mengganti buah naga sebagai pelindung kesehatan mata.

  1. Untuk mendeteksi kandungan boraks dan formalin

manfaat buah naga untuk Untuk mendeteksi kandungan boraks dan formalin

www.molto.co.id

Para ahli gizi dan pangan menggunakan buah naga untuk mendeteksi adanya boraks dan juga formalin yang ada di dalam tubuh.

  1. Melancarkan kerja usus dan BAB

manfaat buah naga untuk melancarkan bab

blog.umy.ac.id

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, usus akan di bersihkan dengan menggunakan buah naga, dan BAB akan menjadi lancar.

Manfaat dari buah naga sangat banyak sekali, jangan pernah ragu apalagi malu untuk menkonsumsi buah seribu manfaat ini sepanjang hari. Tak akan menimbulkan efek samping kok. Menurut penelitian hingga sekarang belum ditemukan efek amping dari memakan buah ini. Buah naga bisa di konsumsi oleh semua umur. Selain daging buahnya yang banyak manfaat, ternyata kulit dari buah naga juga bisa diambil manfaatnya. Ekstrak kulit buah naga dan daunnya juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel tumor yang mengakibatkan kangker serta bisa melancarkan peredaran darah.Iih kereen, multi sekali buah satu ini. Ciri-ciri buah naga yang baik adalah yang sudah matang.Hehe.Buah naga yang matang berwarna merah namun tidak berarti yang berwarna merah memiliki kualitas yang baik.pastikan ketika anda meraba buah naga terasa empuk dan aromanya tercium wangi serta warna kuliat buah naga itu merata.

Advertisement
Inilah 33 Keajaiban Manfaat Buah Naga | porosbumi | 4.5