17 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tuesday, March 22nd, 2016 - Kesehatan
Manfaat Minyak Zaitun

www.maeindonesia.com

Minyak zaitun merupakan minyak yang diambil dari tanaman buah zaitun kemudian diolah dan diekstrak agar mendapatkan minyak alami yang dikenal dengan istilah olive oil. Minyak alami yang umumnya banyak digunakan untuk memasak pada bagian akhir karena dapat menambah selera makan ini, dapat dijumpai diberbagai supermarket besar. Namun saat ini agak sulit untuk mendapatkan minyak zaitun yang benar-benar asli, dikarenakan ada sebagian oknum yang mengoplos minyak zaitun asli dengan minyak biasa. Bahkan pernah ditemukan juga minyak zaitun yang asli tapi palsu alias aspal yang beredar di pasaran. Minyak zaitun Asli yang dibuat dari buah zaitun dan diolah sehingga tercipta lah tiga jenis minyak zaitun yang dapat digunakan oleh konsumen mulai dari minyak zaitun biasa, minyak zaitun Virgin dan minyak zaitun extra virgin. Jenis-jenis minyak zaitun tersebut istilahnya diambil dari proses pengolahannya, mulai dari buah zaitun yang hanya diambil minyaknya dengan cara diperas, hingga yang diolah kembali sehingga menjadi minyak zaitun extra.

Beragam kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Mulai dari Kesehatan kulit, hingga kesehatan rambut. Sebagian masyarakat pun ada yang menggunakannya untuk perawatan tubuh sebagai minyak untuk massage. Kandungan yang baik dalam minyak zaitun ini seperti Asam oleat dan omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan salah satunya untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Namun karena jumlah minyaknya yang tidak banyak, sehingga banyak konsumen yang menggunakan minyak ini untuk kecantikan saja seperti untuk menunda proses penuaan dini. Dengan penggunaan secara rutin, dimana caranya cukup mengoleskan saja satu hingga dua tetes minyak tersebut pada bagian yang terlihat kerutan seperti dahi hingga pipi, maka hasilnya pun akan terlihat maksimal. Kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang dapat membuat keriput pada wajah tersebut, tidak heran sering digunakannya minyak jenis ini hanya untuk kecantikan. Lalu bagaimana manfaatnya untuk kesehatan? Tentunya ada. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Menjaga Jantung Tetap Sehat

solusi-sehat.com

Mengingat jantung adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia, maka minyak zaitun dapat digunakan untuk mencegah risiko penyakit jantung pada tubuh konsumen. Caranya cukup mudah, dengan cara mengkonsumsi minyak zaitun dua sendok makan setiap harinya, maka akan menjaga kolesterol baik dalam tubuh tetap stabil jumlahnya. Kandungan lemak tak jenuh serta antioksidan yang terdapat dalam minyak tersebut dapat tetap menjaga kesehatan jantung konsumen.

 

2. Meningkatkan Jumlah Kolesterol Baik Dalam Darah

Manfaat Minyak Zaitun Meningkatkan Kolesterol Baik

www.cnnindonesia.com

Kolesterol baik yang terdapat dalam darah di tubuh manusia, kadarnya berbeda-beda setiap individu. Semakin sedikit kadarnya bila pola hidup individu tersebut selalu mengkonsumsi makanan cepat saji dan sering mengkonsumsi makanan gorengan dan tidak rutin berolahraga. Jumlahnya akan tetap stabil bila individu tersebut memiliki pola hidup sebaliknya. Dengan mengkonsumsi minimal satu sendok minyak zaitun akan menjaga kadar kolesterol baik bahkan meningkatkan kadar nya.

 

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

www.masbroo.com

Bagi individu yang merasa kurang percaya diri dengan berat tubuhnya, maka tidak perlu khawatir. Cukup dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh sehingga mengurangi berat badan Anda. konsumsi satu hingga dua sendok makan setiap hari dua jam sebelum makan, maka akan membantu Anda mengendalikan nafsu makannya.

 

4. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat Minyak Zaitun Mencegah Penyakit Kanker

www.republika.co.id

Kanker penyakit pembunuh nomor dua setelah jantung ini merupakan penyakit yang minim sekali tanda-tandanya. Penyakit ini dipicu oleh adanya kerusakan sel pada tubuh sehingga dapat memicu penyakit ini. Cukup mengkonsumsi satu sendok makan minyak zaitun, maka dapat membantu Anda terhindar dari penyakit mengerikan ini. Kandungan polyphenol yang terdapat dalam minyak tersebut dapat meningkatkan fungsi kerja antioksidan sehingga menurunkan resiko penyakit kanker.

 

5. Memperkecil Resiko Osteoporosis

Manfaat Minyak Zaitun Memperkecil Resiko Osteoporosis

life.viva.co.id

manfaat lainnya yang hampir mirip dengan manfaat susu adalah mengurangi resiko osteoporosis atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan pengeroposan tulang. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin minimal dua sendok setiap hari dapat membantu dalam proses penyerapan kalsium, sehingga Anda dijauhkan dari pengeroposan tulang.

 

6. Membantu Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

Manfaat Minyak Zaitun Membantu Untuk Mengatasi Kerontokan Rambut

www.newspoint.id

rambut rontok disebabkan oleh banyak hal, mulai dari berganti merek shampoo, hingga faktor dari hormon dan pola hidup yang tidak teratur. Dengan minyak zaitun dengan minyak kelapa dengan perbandingan 2:1 dan oleskan pada seluruh bagian rambut, dan biarkan lima sampai dengan 10 menit. kemudian bilas rambut dengan air sampai bersih, jika diperlukan gunakan shampoo. denga  mengoleskan minyak tersebut ke seluruh rambut, maka dapat membantu konsumen menekan produksi hormon DTH yaitu jenis hormone penyebab kerontokan rambut.

 

7. Mengatasi Masalah Bibir Kering atau Pecah-Pecah

Manfaat Minyak Zaitun Masalah Bibir Kering atau Pecah-Pecah

wanita.merahputih.com

bibir kering yang umumnya diasumsikan disebabkan oleh sariawan atau panas dalam dapat disembuhkan dengan minyak zaitun. cukup oleskan minyak tersebut secukupnya pada bibir Anda.

 

8. Memperbaiki Kualitas Air Susu Ibu

Manfaat Minyak Zaitun Memperbaiki Kualitas Air Susu Ibu

segar-bugar.tumblr.com

dengan memijat secara perlahan bagian payudara dengan minyak zaitun atau meminum satu hingga dua sendok makan minyak tersebut mampu meningkatkan kualitas air susu ibu untuk si bayi.

 

9. Mengatasi Masalah Wasir

Manfaat Minyak Zaitun Mengatasi Masalah Wasir

www.aura.co.id

Dengan mengkonsumsi dua sendok makan minyak zaitun setiap hari, maka dapat menyembuhkan wasir yang diderita oleh Anda.

 

10. Mengatasi Masalah Kutu Rambut

Manfaat Minyak Zaitun Mengatasi Masalah Kutu Rambut

www.duniainformasikesehatan.com

bagi yang mengalami permasalahan dengan kutu rambut juga dapat menggunakan minyak zaitun, caranya tidak jauh berbeda seperti mengatasi kerontokan rambut.

 

Manfaat dari minyak zaitun memang dapat dikatakan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mengatasi hampir berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk memiliki minyak zaitun dalam kotak P3K atau kotak kosmetik yang dimiliki. Mengapa harus diletakkan di kotak kosmetik? karena manfaat nya pun dapat digunakan untuk kecantikan. Lalu apa saja manfaat minyak tersebut untuk kecantikan, berikut penjelasannya antara lain :

Advertisement

 

11. Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

Manfaat Minyak Zaitun Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

sicodot.com

kulit wajah yang mudah sekali berminyak dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. dikarenakan debu dan kotoran dapat dengan mudah menempel pada wajah. minyak zaitun memiliki solusi untuk kondisi tersebut, caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dengan bubuk cendana kemudian jadikan masker pada wajah.

 

12. Membantu Membersihkan Kotoran di Wajah

Manfaat Minyak Zaitun Membersihkan Kotoran di Wajah

hariangadis.com

Kotoran seperti debu yang berasal dari polusi udara dapat dengan mudah menempel di wajah. Hal tersebut dapat dibersihkan dengan menggunakan sabun pembersih muka yang mengandung scrub. Namun sayangnya membersihkan dengan menggunakan sabun pembersih yang merupakan bahan kimia umumnya akan memiliki sifat ketergantungan. Dengan menggunakan minyak zaitun yang alami ini cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh wajah yang telah dibersihkan terlebih dulu dengan air hangat lalu biarkan selama lima menit. Stelah itu bilas sisa minyak zaitun yang menempel di wajah dengan menggunakan air hangat kembali dan bilasan terakhir dengan menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori pada wajah Anda.

 

13. Menghilangkan Garis Stretch Mark

Manfaat Minyak Zaitun Menghilangkan Garis Stretch Mark

www.fahmy.web.id

Garis stretch mark yang umumnya lebih sering timbul pada wanita yang sedang hamil dapat juga dihilangkan dengan minyak zaitun tersebut. Cukup dengan mengoleskan minyak tersebut secara rutin setiap hari pada bagian kulit yang mengalami stretch mark. Maka akan membantu regenerasi kulit yang baru sehingga dapat menyembuhkan stretch mark yang sebelumnya timbul.

 

14. Melembabkan Kulit pada Bagian Wajah

Manfaat Minyak Zaitun Melembabkan Kulit pada Bagian Wajah

www.minyakzaitunasli.com

Terkadang kulit wajah terasa sangat kering apalagi bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering sangat terasa. Masyarakat umumnya menggunakan pelembab untuk melembabkan kembali kulit yang terasa kering tersebut. Namun dengan mengoleskan minyak zaitun pun sebenarnya dapat membantu melembabkan kulit wajah yang kering tersebut bahkan secara permanen. Cukup campurkan satu sendok makan minyak zaitun dicampurkan dengan satu butir kuning telur dan oleskan pada wajah secara merata seperti menggunakan masker pada wajah lalu biarkan selama lima belas menit. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air hangat, agar dapat membersihkan kotoran secara menyeluruh hingga ke pori-pori kulit.

Manfaat yang baik bagi kulit dari kandungan minyak zaitun tersebut untuk kecantikan tentu sangat bermanfaat bagi para wanita. Sehingga wanita yang umumnya selalu melakukan perawatan wajah rutin ke tempat perawatan wajah yang populer dengan biaya yang cukup mahal dapat menggunakan anggarannya tersebut dengan ditabung dan lebih hemat karena cukup menggunakan minyak zaitun dapat memberikan banyak khasiat pada kecantikan Anda. Ini dikarenakan kandungan vitamin E dalam minyak tersebut yang dapat membantu regenerasi kulit, sehingga kulit mati yang ada pada wajah dapat di regenerasi.

Hingga saat ini memang belum banyak produsen kecantikan yang mengangkat ekstrak dari buah zaitun untuk produk kosmetik. Kemungkinan hal tersebut terjadi karena memang minyak zaitun yang asli yang dijadikan bahan baku untuk produk kosmetik cukup langka dan mahal, sehingga agak sulit bagi produsen untuk menjadikan produk kosmetik untuk dijual di pasaran. Terlebih saat ini pasar sendiri mengharapkan produk kosmetik yang memiliki banyak khasiat namun dapat dibeli dengan harga terjangkau. Dengan kondisi tersebut maka produsen pun mengambil berbagai langkah agar produk kecantikannya dapat laku keras di pasaran namun dengan harga yang masih terjangkau. Bila dilihat dari riwayatnya dahulu wanita asal mesir yang memiliki kulit mulus dan cantik alami yang bernama Cleopatra menggunakan minyak zaitun untuk menjaga kecantikan kulit wajah dan tubuhnya. Sehingga menunjukkan pada dunia bahwa kecantikan alami masih dapat diperoleh tanpa harus ke salon yang mahal, ataupun harus operasi plastik.

Dengan bahan alami dari buah-buahan dan dapat ditemui produk aslinya tanpa bahan campuran senyawa kimia lainnya membuat minyak tersebut sangat istimewa. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit sehalus Cleopatra namun tidak memiliki anggaran yang mencukupi untuk pergi ke salon kecantikan, maka dapat menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kulit. Caranya cukup mudah cukup mengoleskan minyak tersebut sebelum beraktivitas dan menjelang tidur. Dengan menggunakan nya secara rutin, maka kulit yang kusam, kering bahkan keriput pun dapat dicegah serta diminimalisir resikonya. Cara sederhana tersebut tidak akan berhasil bilaAnda tidak menggunakan nya secara rutin. Sinar matahari yang memicu keriput pada kulit dapat dikalahkan dengan dioleskan minyak tersebut, sehingga lebih terasa kencang, segar, dan halus. Selain untuk merawat kecantikan kulit, Anda juga dapat memanfaatkan khasiat nya untuk kecantikan rambut, diantaranya sebagai berikut :

 

15. Membantu Memanjangkan Rambut

Manfaat Minyak Zaitun Membantu Memanjangkan Rambut

caramerawat.net

Bagi wanita yang ingin memanjangkan rambutnya dapat menggunakan cara tradisional dari ekstrak minyak zaitun. Caranya mudah cukup dengan mencampur dua sendok makan minyak zaitun dengan biji lemon dan lada yang telah dihaluskan sebelumnya. Kemudian oleskan ke seluruh bagian kulit kepala dan biarkan selama dua puluh menit, kemudian bilas menggunakan shampoo sampai bersih.

 

16. Mengembangkan Rambut yang Lepek

Manfaat Minyak Zaitun Mengembangkan Rambut yang Lepek

www.cantikalamiah.com

Campurkan dua butir telur dan satu cangkir minyak zaitun dalam mangkuk kemudian dikocok agar dapat menyatu semua bahan tersebut. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala agar menyerap ke akar rambut dan biarkan selama sepuluh menit kemudian bilas dengan menggunakan shampoo.

 

17. Memperbaiki Rambut yang Rusak

Manfaat Minyak Zaitun Memperbaiki Rambut yang Rusak

tokoherbalspa.com

Rambut rusak dan bercabang yang dialami Anda dapat juga diobati dengan mencampurkan kelopak bunga mawar atau ekstrak bunga melati dengan minyak zaitun secukupnya kedalam botol kemudian tutp rapat dan diamkan selama satu hari penuh atau dua puluh empat jam. Setelah itu gunakan pada rambut yang sebelumnya sudah dibasahi dengan menggunakan air hangat agar pori-porinya terbuka. Kemudian oleskan secara merata minyak dalam botol yang sudah dicampur tersebut ke kulit kepala sambil dipijat secara perlahan, kemudian diamkan selama lima menit lalu bilas dengan menggunakan shampoo.

Bila membahas secara terperinci keseluruhan manfaat nya tidak akan ada habisnya dikarenakan khasiatnya yang sangat banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Sebagian besar koki masakan menggunakan sentuhan akhir nya pada masakan dengan menyiramkan sedikit olive oil agar makanan yang disajikan tetap sehat. Namun memang sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng karena dapat menghilangkan khasiat yang terdapat dalam minyak zaitun tersebut.

Saat ini banyak minyak zaitun yang dijual di berbagai supermarket, namun agak kesulitan dalam membedakan mana minyak asli dan mana yang palsu. Aga dpat membedakannya dapat menggunakan beberapa cara seperti berikut :

  • Menghirup aroma minyak

Dengan mengendus dan menghirup aroma khas dalam minyak zaitun yang telah dibeli, maka akan terlihat beda. Aroma minyak zaitun yang asli aromanya cukup menyengat dibandingkan dengan minyak biasa.

  • Mencicipinya

Dengan coba mencicipi minyak zaitun dengan cara di sruput sambil dicium aromanya. Kemudian masih di dalam mulut bila terasa lebih pahit dan pedas, serta merasakan tekstur seperti biji bunga matahari maka minyak tersebut dipastikan asli.

  • Menelan Nya lewat tenggorokan

Minyak zaitun yang benar-benar asli tidak akan meninggalkan bekas rasa apapun dalam mulut melainkan akan meninggalkan bekas nya bila ditelan di tenggorokan.

  • Mengaduknya

Cara ini memang agak sulit terlihat secara kasat mata keasliannya,  namun bila diperhatikan secara seksama akan terlihat. Tuangkan satu sendok makan ke dalam gelas kaca kemudian hangatkan dengan tangan menutup di bagian atas gelas dan tangan yang satunya lagi memegang bagian bawah dari gelas. Lalu goyangkan gelas ibaratnya seperti mengaduknya, tujuannya agar kandungan ester yang ada dalam minyak dapat keluar.

Dengan mengetahui keaslian dari minyak zaitun tersebut, maka Anda dapat menikmati khasiat dari minyak zaitun secara maksimal. Adanya minyak zaitun yang palsu mengajarkan masyarakat bahwa kepopuleran minyak tersebut sangat luar biasa, sehingga ada sebagian oknum yang ingin mengambil untung dengan mengoplos nya dengan minyak biasa dan menjual dengan harga minyak asli. Oleh karena itu diharapkan Anda lebih cermat kembali dalam memilih dan membeli minyak zaitun agar nantinya tidak kecewa.

Advertisement
17 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan | porosbumi | 4.5