Manfaat Positif Nyamuk, Pesawat Mikro yang Super Canggih

Sunday, March 6th, 2016 - Umum

manfaat nyamuk

Manfaat Positif Nyamuk, Pesawat Mikro yang Super Canggih – Suaranya berdenging seperti suara biola ketika melintas dekat telinga. Memberi kesan angker. Dan sangat mengganggu ketika akan tidur malam. Belum lagi gigitannya yang membuat gatal luar biasa, sehingga dengan terpaksa kedua tangan menggaruk sana-sini. Tak jarang muka sendiri ditampar dengan keras gara-gara ulahnya.

Begitulah hebatnya Nyamuk. Serangga yang ribuan kali lebih kecil dari manusia, dan beratnya jutaan kali lebih ringan dari manusia, tetapi sanggup menyerang, bahkan menteror manusia melalui wabah Malaria dan DBD/ dengue, juga wabah ganas lainya. Untungnya wabah Hiv tidak menular via nyamuk, andai wabah ini bisa ditularkan via nyamuk, maka kiamat lah umat Manusia.Kuasa Ilahi.

Rasanya tidak berlebihan jika kita sebut sepasukan nyamuk adalah angkatan udara elit dari bangsa serangga. Mereka sangat lincah, gagah dan berani mati laksana AU Jepang pada masa PD I I yang melakukan misi bushido dengan cara hara kiri (bunuh diri ) demi kemenangan dan menggetarkan musuh. Sepasukan nyamuk melakukan hal yang sama demi kelangsungan spesies nya agar tidak punah. Menurut para ahli bahwa nyamuk yang menyerang dan menghisap darah adalah jenis betina untuk memberi makan telur-telur nya agar dapat menetas menjadi jentik-jentik nyamuk yang selanjutnya jentik-jentik yang berenang lincah di dalam air itu ber metamorfosa mejadi nyamuk muda. Nyamuk sejatinya bukan serangga penghisap darah seperti kutu atau lalat darah (Jw.Pithek) tapi semata demi telurnya. Makanan utama nyamuk adalah nectar atau madu bunga. Itulah sebabnya hanya nyamuk betina saja yang menyerang Manusia. Sedangkan yang jantan tidak. Perlu diketahui bahwa nyamuk lebih menyukai darah binatang seperti ; kerbau, sapi, babi dll daripada darah manusia. Adapun mengapa mereka masih menyasar manusia adalah karena kondisi terpaksa “Tiada rotan akar pun jadi”. Kaya kita juga gak ada nasi,makan ubi pun jadi. Dan jika ada dua orang manusia yang satu sehat, dan yang lainnya sakit, maka nyamuk lebih memilih darah orang yang sehat. Nah ternyata  nyamuk pintar juga ya…sst! satu lagi! Nyamuk  ternyata bukan serangga yang jorok, sebagaimana prasangka kita selama ini. Tetapi mereka menyukai tempat yang bersih (secara default nyamuk itu steril, tidak mengandung penyakit, tetapi mereka hanya sbg carrier bibit penyakit.), bertelur ditempat yang bersih seperti bak mandi, gentong, atau genangan air hujan. Itulah sebabnya secara berkala tempat air kita harus dikuras, untuk membuang telur dan jentik nyamuk. Baju yang digantung baik yang belum dipakai maupun yang sudah dipakai juga menjadi tempat favorit nyamuk. Untuk itu secara berkala baju-baju yang digantung baik yang didalam lemari ataupun diluar agar ditepuk-tepuk untuk mengusir nyamuk, atau diberi parfum atau zat pengusir nyamuk, kapur  barus, akar wangi dll.

Pesawat mikro yang super canggih

manfaat positif fari seekor nyamuk

wolverine041269.deviantart.com

Jika kita amati dengan seksama struktur rancang bangun tubuh nyamuk juga serangga yang lain, kita akan mendapati rancangan yang mengagumkan. Sangat ringan kuat dan kokoh sesuai takarannya. Secepat apapun mereka terbang lalu menabrak dinding kaca tidak akan  membunuhnya. dilengkapi piranti canggih seperti sensor infra merah untuk mendeteksi panas tubuh calon mangsa. Itulah kenapa nyamuk tidak pernah kesulitan menentukan calon korbannya, walau ditempat tergelap sekalipun. Betapa nyamuk yang begitu kecil dan ringan, bahkan sangat ringan, hembusan nafas kita sanggup melontarkannya tetapi mereka dengan santai mampu mengoyak kulit kita bahkan kulit kerbau yang kalau di logika-kan ibarat manusia melubangi dinding beton dengan jari, itu artinya mereka bukan sembarangan, tetapi memiliki alat super canggih. Menurut pengamatan para ahli, dibawah mikroskop belalai nyamuk yang dengan mata telanjang seperti jarum yang amat kecil itu. Ternyata diujungnya terdapat  gerigi tajam yang saling berhadapan, bergerak naik turun seperti sepasang gergaji..dan kulit yang keras dengan mudah dirobek dalam sekejap untuk dihisap darahnya. Juga ternyata alat penghisap tsb memiliki dua saluran yang memiliki fungsi berbeda dalam waktu yang sama, saluran yang satu sbg penyedot darah, dan yang lainnya menyuntikkan cairan anti beku (anti koagulan) agar darah tetap cair dan tidak menggumpal, sehingga mudah dihisap, bahkan sampai kekenyangan dan tak dapat terbang. cairan anti beku inilah yang menyebabkan rasa gatal dan bentol, karena tubuh kita mendeteksi sbg cairan asing/alergen/infectan.

Advertisement

Fakta nyamuk lebih menyukai tempat yang gelap dan lembab Tetapi bukan berarti takut cahaya. Demikian pula warna yang gelap; hitam, coklat dsj lebih nyamuk sukai daripada  warna yg terang; putih, kuning dsj. Dan diantara mereka ada yang nocturnal (aktif dimalam hari) seperti nyamuk anopeles (pembawa malaria) dan ada yang siang hari yaitu antara jam 8 pagi-sampai menjelang lohor yaitu jenis culex quenquefasciatus dan aedes aegypty (carrier demam berdarah ) ciri yang menyolok nyamuk aedes aegypty adalah loreng hitam dan putih. Sedangkan culex q warna putih dengan pantat nungging keatas waktu menggigit.

Betapa seekor nyamuk yang nampak kecil dan remeh dimata kita ternyata menyimpan keajaiban hayati, atau dengan kata lain gadget super mini yang canggih sekaligus mengerikan. Menurut catatan sejarah dalam perang Amerika-Vietnam, bahwa tentara As yang tewas lebih banyak karena malaria dan dbd dibanding yang tewas karena peluru. Begitu juga masa perang gerilya antara Pro kapitalis Amerika dan Pro sosialis Kuba yang melejitkan tokoh Ceu Guevara comrador dari Fidel Castro (Presiden seumur hidup negara Kuba,saat ini telah digantikan oleh putranya). konon tentara yang tewas kedua belah pihak lebih banyak akibat malaria dibanding yang kena peluru. Sedang pada masa perang sipil / perang saudara Amerika jumlah korban  terbanyak tewas tentara karena malaria dan tipus menempati urutan kedua setelah minie ball (peluru senapan lantak ), yang ketiga akibat artileri atau meriam. Singkatnya dimana terjadi perang gerilya yang medan tempurnya hutan belantara dan bukit, maka kematian tentara akibat serangan nyamuk sangat fantastis. Inilah bukti sekawanan nyamuk adalah bagai pasukan pesawat tempur canggih yang tak kalah mematikan dibandingkan Pesawat tempur  ala Manusia.

Dari uraian diatas, mungkin timbul suatu pertanyaan, apa manfaat positif dengan adanya nyamuk? mengapa Tuhan  yang maha pengasih menciptakan monster ini? apa akibat andai nyamuk musnah dari muka bumi, apakah manusia tambah untung?  Yuk,  kita simak sama-sama!.

Sekilas nyamuk seperti mahluk jahat tanpa faedah, tetapi menurut penelitian  Para ahli menyimpulkan bahwa  ada konsekwensi buruk jika nyamuk benar-benar musnah dari muka bumi. Sebagaimana musnahnya spesies yang lain juga akan berpengaruh terhadap kelangsungan yang lain, karena terputusnya rantai ekosistem. Dengan kata lain nyamuk juga ikut menjaga keseimbangan alam / rantai makanan. Berikut adalah spesies yang akan ikut punah jika nyamuk punah;

  1. Burung pemakan serangga seperti walet akan punah. Kita tahu betapa besar manfaat burung ini bagi manusia terutama bagi pengusaha walet. Harga 1kg sarang walet mencapai puluhan juta rupiah. Nyamuk dan serangga terbang kecil lainnya adalah makanan utama walet. Walet adalah jenis burung yang hanya bisa makan diudara dengan cara menyambar langsung, bukan dengan mematuk seperti burung pemakan biji. Jadi selamanya mustahil walet bisa diberi pakan seperti burung tekukur atau merpati. Pengusaha walet praktis hanya membuatkan rumah walet saja, dan sang walet membayar jasa dengan liurnya. Mereka cari makan sendiri diudara dengan terbang terus menerus hingga hari senja baru pulang ke sarang.
  2. Kodok akan mengalami kepunahan karena hilangnya makanan utama.  Punahnya kodok akan menyebabkan ular punah dan seterusnya sesuai teori rantai makanan. Punahnya ular akan menyebabkan populasi tikus tak terkontrol karena ular adalah salah satu pengontrol populasi tikus.. Populasi tikus yang over kontrol akan menjadi musibah besar pangan akibat hama tikus menyerang secara masif lahan pertanian. Dan ini sudah sering terjadi dibanyak Negara. Jadi ada potensi secara tidak langsung dengan masalah pangan dunia, gitu lah.
  3. Reptil pemakan serangga yang hidup di pohon dan rumah seperti tokek, cicak, cicak terbang juga terancam punah, seterusnya kita tidak dapat memperkirakan jenis apa lagi yang terancam akibat hilangnya spesies dalam mata rantai, dikarenakan terbatasnya keilmuan dan wawasan kita.

Begitulah gambaran para ahli andai nyamuk punah. Jadi nyamuk juga ada manfaat positif nya buat manusia, makanya Tuhan menciptakan mereka, juga mahluk-mahluk lain yang barangkali karena terbatas nya ilmu manusia menganggap tiada guna. Tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan bijak, bahwa berkat adanya nyamuk industri obat nyamuk dengan bermacam merk dari yang bakar, semprot, sampai yang lotion menjadi hidup dan menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang. Ini tak bisa dipungkiri, paling tidak industri rumahan pembuat kelambu dan tudung bayi ikut kebagian  pangsa pasar yang manis karena adanya teroris kecil nyamuk. Wallahualam.

Advertisement
Manfaat Positif Nyamuk, Pesawat Mikro yang Super Canggih | porosbumi | 4.5