Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Friday, March 11th, 2016 - Kesehatan
manfaat-semut-jepang

healt.kompas.com

Manfaat semut jepang. Banyak cara yang digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari bahan alami seperti obat-obatan herbal hingga obat-obatan sintesis. Semut jepang yang merupakan salah satu jenis serangga yang berasal dari jepang ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Menurut keyakinan masyarakat negara sakura tersebut semut jepang dipercaya memiliki manfaat yang besar dibandingkan ukuran fisiknya semut itu sendiri. Sebetulnya dari segi fisik rata-rata semut memang memiliki tubuh yang sama kecilnya, dan tidak jauh berbeda dengan semut di indonesia. Namun menurut hasil penelitian bahwa semut jepang diyakini memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa tersebut diantaranya seperti Asam laktat, asam amino, protein, enzyme Homes, dan masih banyak lagi. Senyawa kimia tersebut ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes, stroke, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara penggunaannya untuk pengobatan, apakah dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu? tentunya di ekstrak terlebih dulu agar dapat dikonsumsi untuk pengobatan. Namun bila ternyata masyarakat kurang memahami cara mengekstrak nya maka dapat dimakan secara langsung tentunya setelah semut dalam keadaan mati. Agar lebih memahami komposisi penggunaan semut untuk pengobatan berikut uraian komposisinya untuk pengobatan berbagai penyakit antara lain:

  • Pengobatan penyakit diabetes

manfaat-semut-jepang-untuk-diabetes

www.suara.com

penyakit diabetes yang identik dengan penyakit kencing manis akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan kurang berolahraga ini umumnya dengan pengobatan medis harus diberikan insulin. Sebagian masyarakat ada pula yang sudah terkena penyakit ini menjaga pola makan yang manis agar gula darah nya tidak meningkat tinggi. Bila pola makannya tidak dijaga untuk jenis makanan yang manis akan menyebabkan gula darah nya naik dan umumnya memiliki dampak pusing dan sebagainya. Bahkan efek yang fatal adalah bila  mengalami luka akan lama untuk proses penyembuhannya. Untuk pengobatan penyakit ini menggunakan semut jepang caranya adalah dengan mengkonsumsi semut jepang beberapa ekor, kurang lebih empat ekor dalam sekali minum, dan minum secara rutin dua kali dalam sehari selama tiga hari berturut-turut. Setelah mengkonsumsi maka dapat dicek terlebih dahulu kadar gula nya apakah ada perubahan atau tidak. Umumnya setelah mengkonsumsi akan menurunkan kadar gula darah yang umumnya sedang tinggi. Setiap pengobatan secara alami memang membutuhkan proses yang sedikit lebih lama dikarenakan tidak memiliki efek samping. Berbeda dengan obat-obatan kimia yang dapat menyebabkan efek samping bila di konsumsinya.

  • Pengobatan Untuk Penyakit Hati

manfaat-semut-jepang-untuk-hati

www.covesia.com

Penyakit hati yang umumnya  dikenal dengan penyakit kuning karena memiliki ciri-ciri kulit yang mengalami penyakit ini akan berwarna kekuningan. Sebagian besar orang juga mengenal penyakit ini dengan istilah hepatitis, yang pengobatannya lebih memilih di rumah sakit. Padahal dengan menggunakan semut jepang pun juga dapat menyembuhkan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi kurang lebih tiga ekor semut dua kali dalam sehari selama tiga hari berturut-turut. Bila kondisinya sudah membaik kurangi konsumsi semut jepang nya menjadi dua ekor sehari. Umumnya setelah membaik kondisinya maka kondisi badan penderitanya kembali bugar dan tidak lemas.

  • Pengobatan untuk penyakit asam urat

manfaat-semut-jepang-untuk-asam-urat

www.merdeka.com

Penyakit yang umumnya penderitanya mengalami linu di persendian kaki ataupun tangan ini juga dapat diobati dengan menggunakan semut jepang. Cara pengobatannya adalah dengan mengkonsumsi kurang lebih dua ekor semut jepang dua kali sehari, kemudian bila kondisinya sudah baikan kurangi konsumsi semutnya menjadi satu ekor sehari.

  • Pengobatan untuk penyakit Stroke

manfaat-semut-jepang-untuk-penyakit-stroke

8kabar.blogspot.com

Penyakit stroke yang merupakan pembunuh nomor dua setelah penyakit jantung ini dapat disembuhkan dengan menggunakan semut jepang. Cara pengobatannya tidak jauh berbeda yaitu dengan mengkonsumsi semut jepang lima sampai enam ekor semut dan konsumsi dua kali sehari selama seminggu, Kemudian kurangi konsumsinya di minggu kedua cukup empat atau 5 ekor semut selama seminggu. Bila kondisinya sudah membaik maka konsumsi semutnya cukup 2 ekor saja sekali konsumsi.

Dari uraian tersebut menggambarkan bahwa pengobatan dengan menggunakan semut jepang memang tidak langsung membawa dampak. Namun dengan berdoa dan tetap mengkonsumsinya mudah-mudahan dapat menyembuhkan berbagai penyakit tersebut. Lalu Sebenarnya semut jepang memiliki kelebihan apa lagi selain dapat menyembuhkan? Untuk tahu lebih lanjut mengenai hal tersebut, maka perlu mengenal lebih rinci mengenai semut jepang itu sendiri.

Semut jepang yang dikenal dengan sebutan Ari di Negara asalnya tersebut termasuk dalam golongan serangga yang setia bagi masyarakat Jepang. Setia yang dimaksud merupakan setia dalam kelompok semut tersebut, dan tidak mudah bergabung dengan kelompok semut lainnya. Dikarenakan banyak manfaatnya, tidak heran bila semut jenis ini pun banyak diperjual-belikan di Negara tersebut termasuk pula di Indonesia.

Bila di teliti dari segi spesiesnya semut jepang yang memiliki banyak manfaatnya tersebut berasal dari jenis semut Polyergus samurai dan Lasius Talpa. Dari banyak jenis semut tersebut ciri-ciri secara fisiknya tidak jauh berbeda. Namun karena semut jepang tersebut banyak manfaatnya sehingga diyakini dapat mengobati berbagai penyakit, dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan enzim yang terdapat dalam tubuh semut jepang memiliki berbagai manfaat sebagai berikut, antara lain sebagai berikut :

  • Mengatur kadar kolesterol dalam darah

manfaat-semut-jepang-untuk-kadar-kolesterol

health.kompas.com

Kadar kolesterol dalam darah tidak selamanya buruk, karena terdapat juga kolesterol yang baik di dalam tubuh. Hanya saja kadar yang lebih banyak apakah kolesterol yang jahat atau yang baiknya. Penyebab dari kelebihan kolesterol jahat dalam tubuh dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan yang bersantan, hingga terlalu sering mengkonsumsi makanan gorengan ataupun makanan laut. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah. Tentunya yang menyebabkan menjadi penyakit dari kolesterol tersebut adalah tidak mampunya mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi ke dalam tubuh.

  • Meringankan penderita Penyakit Jantung

manfaat-semut-jepang-untuk-jantung

medikanews.com

Penyakit yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia ini merupakan jenis penyakit yang mengkhawatirkan. Ini dikarenakan penyakit ini tidak terlihat oleh kasat mata. Sehingga orang yang menderita penyakit jantung ini dapat terserang kapan saja dan kepada siapa saja baik masyarakat yang sudah berusia maupun  generasi muda tergantung dari pola hidup yang diterapkan. Dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat meringankan dan menghilangkan penyakit jantung yang diderita. Mengingat penyakit ini dapat merenggut nyawa seseorang maka disarankan selain mengkonsumsi semut jepang, juga tetap berolahraga secara teratur agar dapat melancarkan gerakan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Advertisement
  • Meringankan bagi penderita Kencing manis

manfaat-semut-jepang-untuk-kencing-manis-diabetes

www.anneahira.com

Penderita kencing manis atau diabetes ini pasti akan merasa terbantu mengatur kadar gula dalam tubuhnya dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur. Sehingga kadar gula darah yang berlebihan dapat dibuang melalui urine melalui saluran buang air kecil.

  • Membantu mengatur tekanan darah dalam Tubuh

manfaat-semut-jepang-untuk-darah

www.obatazik.com

Enzim yang terkandung dalam tubuh semut ini jika masuk ke dalam tubuh manusia akan membantu manusia dalam menstabilkan tekanan darah pada tubuhnya. Sehingga masyarakat yang mengalami penyakit darah tinggi akan dibuat stabil tekanan darah nya dengan cara mengkonsumsi semut jepang secara teratur setiap harinya.

  • Membantu meningkatkan vitalitas tubuh

manfaat-semut-jepang-untuk-vitalitas

health.kompas.com

Bagi masyarakat yang aktivitasnya cukup sibuk dan membutuhkan stamina lebih dalam menjalankan aktifitas sehari-hari nya juga dapat terbantu dengan mengkonsumsi semut jepang ini. Sehingga bila diibaratkan semut jepang ini seperti supplement tambahan bagi tubuh baik bagi Pria maupun wanita agar tetap bugar menjalankan segala aktivitas dan terhindar dari berbagai penyakit.

  • Membantu meringankan penyakit Liver atau hepatitis

manfaat-semut-jepang-untuk-liver

www.suara.com

Penderita Penyakit Liver akan terbantu dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur, sehingga penyakinya tidak selalu kambuh dan diharapkan sembuh.

  • Dapat membantu penderita asam urat

manfaat-semut-jepang-untuk-asam-urat-tubuh

melhorcomsaude.com

Umumnya penderita asam urat disebabkan oleh faktor usia, Namun faktanya juga disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Gejala penyakit ini biasanya sering mengalami nyeri di bagian sendi. Dengan mengkonsumsi semut jepang secara teratur dapat membantu meringankan dan menyembuhkan penyakit asam urat yang diderita.

  • Membantu penderita stroke berat maupun ringan

manfaat-semut-jepang-untuk-stroake-ringan

health.kompas.com

Penyakit yang paling mengerikan kedua setelah jantung inipun cukup banyak penderitanya. Gejala awal yang dirasakan penderitanya adalah terasa kesemutan tiba-tiba umumnya ketika bangun tidur. Padahal tidak ada bagian tubuh tangan atau kaki yang dilipat. Gejala kesemutan tersebut merupakan stroke ringan yang dapat disembuhkan dan tidak akan menjadi troke berat. Walaupun sudah merasakan stroke berat dimana tandanya dengan mati saraf sebelah tubuh mulai dari ujung kepala hingga kaki, maka dapat segera mengkonsumsi semut jepang dengan kadar yang lebih banyak dibandingkan penderita stroke ringan.

Dari uraian manfaat mengenai semut jepang tersebut menggambarkan bahwa dari seekor serangga yang bentuknya kecil saja dapat membantu banyak orang baik dari segi stamina maupun untuk pengobatan penyakit.

Akan tetapi bagi masyarakat yang lebih percaya dengan pengobatan secara medis disarankan memeriksakan kondisi tubuhnya terlebih dulu untuk memastikan penyakit yang sedang di derita dalam tubuh. Untuk mendapatkan semut jepang ini saat ini tidak terlalu sulit karena sudah dapat ditemui banyak penjualnya. Selain beberapa manfaat diatas tersebut, semut jepang juga diyakini sebagai obat anti bahan kimia karena kandungan enzim yang terdapat dalam tubuh semut merupakan enzyme alami. Bila dilihat dari segi efek samping yang akan dirasakan setelah mengkonsumsi semut jepang ini semua berbeda-beda setiap orang. Sebagian mungkin ada yang merasakan sedikit mengalami gangguan pencernaan, dan sebagian lagi mungkin biasa saja. Sama halnya seperti nasabah mengkonsumsi obat cacing untuk mengobati penyakit gejala typhus, dimana obat alaminya berasal dari cacing tanah. Seiring perkembangan zaman untuk jenis obat-obatan alami yang berasal dari binatang tersebut memang sudah dikemas secara modern. Sehingga Anda pun tidak perlu lagi mengkonsumsi binatang yang membawa manfaat tersebut dalam kondisi fisiknya langsung. Dengan adanya kapsul yang terbuat dari agar-agar membuat cacing yang sudah di ekstrak dapat dimasukkan ke dalam kapsul sehingga mudah untuk dikonsumsi. Sama halnya dengan semut jepang yang dijual saat ini pun sudah ada yang dikemas secara modern dalam bentuk kapsul.

Untuk mendapatkan semut jepang ini dapat diperoleh melalui apotek atau toko obat cina seperti sinsei. Bahkan saat ini juga bisa mendapatkannya secara online di internet karena penjualnya pun memanfaatkan sarana internet untuk menjual nya lebih luas kepada seluruh kalangan masyarakat. Namun bagi yang konservatif dan terbiasa mengkonsumsi secara alami maka dapat membeli semut jepang dalam kondisi fisiknya. Bila Anda membeli yang berbentuk kapsul umumnya dalam satu kapsul terdiri dari empat butir semut jepang. Apabila masyarakat masih ada yang kesulitan cara mengkonsumsi nya, makan dapat membeli yang berbentuk kapsul dan meminumnya dengan menggunakan air putih. Namun Anda pun dapat mengkonsumsinya dengan cara lain yaitu dengan menggunakan makanan ataupun buah seperti pisang atau pepaya untuk mendorong agar semut jepang yang dikonsumsi dapat dengan mudah masuk dan diserap ke dalam tubuh. Variasi cara mengkonsumsi lainnya adalah dengan membeli semut jepang yang sudah dikemas dalam kapsul dengan bahan rumput laut, sehingga nasabah seolah sedang mengunyah rumput laut tanpa menyadari semut yang ada didalam kapsul sudah masuk ke dalam tubuh.

Sebetulnya bila Anda tidak mengetahui isi kapsul tersebut dan hanya mengetahui didalamnya berisi obat untuk menyembuhkan penyakit, maka tidak akan ada masalah dalam mengkonsumsinya. Sebagian masyarakat bahkan ada yang menggunakan cara menyeduh semut jepang tersebut dengan menggunakan minuman seperti teh agar sari dari semut jepang tersebut larut dalam teh tersebut dan dibiarkan dingin terlebih dulu baru dikonsumsi. Walaupun memang dengan cara tersebut sangat terasa sedang mengkonsumsi semut jepang tersebut. Terlepas dari bagaimana cara mengkonsumsinya, semut jepang ini memiliki banyak manfaat dikarenakan iklim tempat hidupnya yang berbeda dari Indonesia. Jepang yang memiliki empat musim pun dapat membuat pola hidup masyarakatnya berbeda dengan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu semut jepang yang sudah biasa untuk menghadapi empat musim untuk bertahan hidup pun memiliki berbagai kandungan enzyme alami yang digunakan tubuhnya untuk menyesuaikan diri di Negara empat musim tersebut. Selain itu terlepas dari banyaknya manfaat yang diberikan oleh semut jepang untuk pengobatan, alangkah baiknya adalah menjaga kesehatan itu sendiri agar bagaimana tidak terkena berbagai penyakit sehingga selalu sehat dan bugar dalam menjalankan segala aktifitasnya.

Mengkonsumsi semut jepang untuk kesehatan atau pengobatan memang baik, namun di Indonesia sendiri cukup banyak rempah-rempah yang dapat dijadikan obat-obatan, maupun untuk menjaga kesehatan tubuh. Maksudnya adalah bila masyarakat masih awam mengkonsumsi semut jepang untuk menambah vitalitas ataupun untuk pengobatan, maka dapat mengkonsumsi, beragam tanaman alami dari Indonesia yang memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan dan pengobatan beragam penyakit.

Kelebihan dari tumbuh-tumbuhan alami yang tumbuh di Indonesia yang bermanfaat untuk kesehatan, dikarenakan sudah sering digunakan oleh nenek moyang dan sudah turun temurun digunakan tanpa adanya efek samping. Jenisnya mulai dari beras kencur, jahe, kunyit, temulawak, kapulaga dan masih banyak lagi jenisnya. Jenis tanaman tersebut dapat ditemukan di indonesia dan harganya jauh lebih murah dari obat-obatan kimia maupun alami yang berasal dari Negara lain misalnya jepang.

Selain itu ekstrak tanaman tersebut juga ada yang dijual dalam bentuk kapsul sehingga tinggal langsung dikonsumsi tanpa harus diolah terlebih dulu. Walaupun memang harga nya sedikit lebih mahal dibandingkan membelinya dalam keadaan masih utuh. Namun bagi masyarakat yang sering mengkonsumsinya secara tradisional, dapat membelinya dalam bentuk utuh hingga dapat mengelola dan menyajikan nya dalam bentuk yang diinginkan. Sebagai contoh bila nasabah ingin minuman khas yang dapat menghangatkan tubuh namun rasanya manis, maka dapat mengolah jahe dengan cara direbus dan di tambahkan gula merah sehingga menjadi minuman nikmat yang dikenal dengan wedang jahe yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh. Tetapi jika anda lebih percaya menggunakan manfaat Semut Jepang ini tidak ada salahnya dicoba juga, toh ini tidak berbahaya 🙂

Advertisement
Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia | porosbumi | 4.5