Nutrisi Hidroponik yang Wajib Diberikan

Thursday, February 25th, 2016 - budidaya
Nutrisi Hidroponik yang Wajib Diberikan

belajarberkebun.com

Nutrisi Hidroponik yang Wajib Diberikan. Tanaman hidroponik, seperti halnya dengan tanaman lain, pastilah membutuhkan nutrisi. Nutrisi adalah hal yang essensial bagi setiap tanaman. Terlebih dengan teknik penanaman hidroponik yang tidak memungkinkan tanaman untuk mendapatkan nutrisi dari tanah, maka harus diberikan nutrisi hidroponik lengkap dan efektif sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik dan maksimal.

Nutrisi tanaman hidroponik diperlukan untuk menyediakan larutan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, menjaga kepekatan larutan, dan menjaga derajat keasaman (pH) dari tanaman. Nutrisi esensial bagi tanaman hidroponik dibagi menjadi dua menurut kebutuhannya, yaitu nutrisi makro dan mikro. Nutrisi yang mengandung unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman disebut dengan Nutrisi Mix A sedangkan nutrisi yang mengandung unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman disebut dengan Nurisi Mix B. Kedua nutrisi ini harus disimpan di tempat yang terpisah dan tidak boleh dicampur menjadi satu kemasan (Mix AB). Hal tersebut ditujukan untuk menghindari terjadinya reaksi penggaraman terhadap unsur-unsur kimia yang terdapat pada masing-masing larutan dan mengakibatkan pengkristalan garam.

Nutrisi hidroponik mix A mengandung unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman, seperti unsur hara N,P, dan K. Unsur hara makro ini diperlukan tanaman sebagai sumber hara untuk pertumbuhan vegetatif tanaman. Pertumbuhan vegetatif taaman ini meliputi akar, batang, dan daun.

Unsur hara makro nitrogen (N) harus diberikan kepada tanaman karena berperan dalam sintesis protein dan pertumbuhan daun serta batang. Apabila kekurangan unsur ini maka pertumbuhan dapat terhambat dan warna daun menjadi hijau muda pucat yang seringnya dimulai dari bagian daun yang paling bawah. Namun pemberian unsur hara makro N juga tidak boleh berlebihan, karena jika berlebihan akan menyebabkan defisiensi unsur hara makro K mengingat sifatnya yang antagonis dengan K.

Unsur hara makro fosfor (P) juga termasuk unsur yang harus ada pada tanaman karena diperlukan dalam perkecambahan benih, pertumbuhan akar, bunga, serta buah. Kekurangan unsur hara makro P akan menyebabkan pertumbuhan terhambat, daun menjadi berukuran ekcil, warna daun menjadi hijau keungu-unguan dengan bagian tepinya coklat hangus serta mudah rontok. Hindari pemberian unsur hara makro P berlebihan karena sifatnya ntagonis dengan unsur hara makro K sehingga mampu menimbulkan defisiensi K jika terlalu banyak.

Advertisement

Pemberian unsur hara makro kalium (K) ditujukan untuk merangsang pertumbuhan yang pesat, meningkatkan ketahanan terhadap serangan penyakit, dan ikut mengatur proses fisiologi di dalam tanaman. Kekurangan unsur hara makro ini dapat menyebabkan pertumbuhan kerdil antar ruas yang terlalu berdekatan. Unjung dan tepi daun akan berubah menjadi hitam hangus dengan tepi daun melekuk ke bawah yang dimulai dari daun terbawah. Penggunaan unsur hara makro ini juga tidak boleh terlalu berlebihan karena sifatnya yang antagonis terhadap unsur hara mikro Ca dan Mg sehingga dapat menyebabkan deisiensi Ca dan Mg.

Nutrisi hidroponik mix B mengandung unsur hara mikro yang diperlukan oleh tanaman. Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, unsur ini tetap harus diberikan karena berpengaruh terhadap pertumbuhan generatif tanaman, seperti untuk pembungaan atau pembuahan. Unsur hara mikro yang termasuk dalam nutrisi hidroponik mix B ini meliputi unsur Mg, Fe, dan Zn.

Unsur hara mikro Magnesium (Mg) harus tersedia karena peran pentingnya dalam pembentukan klorofil atau hijau daun yang berperan dalam roses fotosintesis. Selain itu, unsur hara mikro Mg juga merupakan ko-enzim untuk beberapa reaksi enzimatis yang terjadi di dalam tubuh tanaman. Defisiensi terhadap unsur mikro Mg dapat dilihat apabila timbul bercak kuning pada daun. Pemberian unsur Mg yang berlebihan dapat menyebabkan defisiensi unsur Ca karena sifat Mg yang antagonis terhadap Ca.

Unsur hara mikro zat besi (Fe) memiliki fungsi yang hampir sama dengan unsur hara mikro Mg, yaitu membantu pembentukan klorofi. Unsur hara mikro ini berperan pula dalam aktivasi oksigen. Kekurangan terhadap unsur mikro ini dapat terlihat dari pucuk daun yang berubah menjadi kuning namun tulang daunnya tetap hijau. Kelebihan unsur ini menyebabkan tepi daun menjadi hangus.

Baca Juga:

Ini dia Beberapa Contoh Tanaman Hidroponik Sederhana

Jenis-jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Dibudidayakan

Unsur hara mikro seng (Zn) memegang peranan penting dalam penentuan kematangan tanaman. Selain itu, unsur hara mikro ini dibutuhkan dalam sintesis protein. Kekurangan terhadap unsur hara mikro ini terlihat dari daun menguning diantara tulang daun disertai dengan bintik ungu kehitaman pada daun tua. Helaian daunnya menjadi kecil dan letaknya cenderung berdekatan. Buahnya memiliki bentuk yang tidak sempurna. Kelebihan zat hara mikro ini menyebabkan defisiensi Fe karena sifatnya yang antagonis terhadap Fe.

Seluruh nutrisi hidroponik ini harus dipenuhi agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman hidroponik dapat maksimal. Selain itu, nutrisi hidroponik mix A dan nutrisi hidroponik mix B harus tersedia dalam kompisisi yang pas sehingga tidak menyebabkan defisiensi salah satu unsur.

Advertisement
Nutrisi Hidroponik yang Wajib Diberikan | porosbumi | 4.5