Serba-Serbi Kopi

Wednesday, March 23rd, 2016 - Info Menarik

Kopi adalah minuman terpopuler di dunia di banding minuman apapun baik yang sama-sama diseduh ataupun yang olahan, berikutnya adalah teh. Harganya yang terjangkau semua kalangan menjadikan minuman ini begitu familiar dan digilai para penikmat kopi dari kelas bawah sampai kelas atas. Orang menyebutnya pecandu kopi. Secangkir kopi pahit, atau manis menjadi symbol keakraban. Di negri ini bahkan seantereo jagat, dimanapun dikota sampai desa, kedai-kedai kopi selalu ramai menjadi tempat santai dan berkelakar sekedar bual-bual, ataupun yang semi serius ; Politik, bisnis de el el.

Dari Arab, Jawa  sampai  Software java

Serba serbi kopi

Konon kopi berasal dari tanah Arab, khususunya Yaman. kata Arabica coffee atau kopi arabika menjadi sebutan salah satu varietas unggul kopi yang artinya dalam bahasa Indonesia adalah kopi arab.

Dalam bahasa arab kopi disebut ‘’kahwai’’ lalu menjadi coffee dalam bahasa Inggris, kita menyebutnya kopi. Awalnya kopi menjadi minuman seduh  rakyat  Yaman sekitar abad ke 9 M, ternyata para bangsawan pun ikut menggemari, dan menyebarlah keseluruh Arab, sampai ke Mesir dibawa oleh para pelajar yang memperdalam Islam di Yaman. Sejak dulu para ulama dan murid ditanah Arab meminum kopi agar tahan melek mengaji kitab atau Ibadah malam. Mulai abad ke 13M barulah kopi sampai di Turky, lalu melalui perang salib kopi mulai dikenal di Eropa yang ditinggal oleh Pasukan Turky Utsmani ketika menyerang Italy sekitar abad ke 16 M. Bermula dari sini orang Italy berexperiment lahirlah capucino yang mendunia dan menjadi kopi khas Italy.

 

Kopi masuk ke Tanah Air

Kopi masuk ke Tanah Air

Biji kopi masuk ke Nusantara bersaman dengan kedatangan para Ulama dari tanah Arab yang mengajarkan agama Islam. Tetapi setelah kedatangan  Belanda barulah kopi dibudidayakan secara besar-besaran melalui tanam paksa sebagai tanaman bernilai industry, khususnya di Sumatera dan Jawa.

Di tanah Jawa kopi menjadi minuman seduh yang khas  ‘’Kopi tubruk’’, yaitu kopi yang langsung diseduh tanpa disaring sehingga ada ampasnya.  Suasana yang akrab penuh kekeluargaan ketika minum kopi ini rupanya di potret oleh Bangsa barat. Sehingga arti ‘’Java’’ dalam bahasa Inggris kalau kita buka kamus adalah ; 1.Orang Jawa, 2.Tanah Jawa, 3.Mengasuh, 4.kopi tubruk.

Saya sempat heran dan bertanya-tanya dalam hati, mengapa logo software Java yang sangat terkenal itu bergambar secangkir kopi dengan asap mengepul, bukan pulau Jawa, atau Blangkon sekalian, dan mengapa software tsb diberi nama Java, yang mana artinya adalah Orang Jawa atau Pulau Jawa, apa hubungannya ?

Oh selidik punya selidik, ternyata si pencipta software tsb orang Amrik yang sangat gemar minum kopi tubruk, dan tidak ada kaitannya dengan orang Jawa, maupun Pulau Jawa, karena Java memilki banyak arti seperti yang tadi saya sebutkan diatas. O, walah..

Advertisement

 

Kopi Luwak , Kopi kere yang menjadi minuman termahal di dunia

Indonesians Farm Civet Cats To Produce World's Most Valuable Coffee

www.qraved.com

Inilah yang disebut dengan barang aneh, konyol, dan terpaksa karena keadaan. Pada zaman Belanda, dikisahkan, diperkebunan kopi yang luas milik Hindia Belanda di Lampung didatangkanlah tenaga kerja kasar dari Jawa. Saat itu biji kopi bagi pekerja kasar adalah berkelas dan mahal, apalagi Belanda membuat aturan ketat bahwa pekerja kasar tidak boleh mendapat jatah minum kopi, sehingga entah sampai bila dapat menikmati secangkir kopi yang nikmat.

Karena saking penginnya minum kopi, para pekerja kasar dari Jawa ini pada saat senggang memungut biji kopi yang sebenarnya adalah feses / kotoran Luwak (Musang), yang pasti aman tidak terkena sangsi karena dianggap sebagaimana feses dan memang feses.

Luwak memang suka memakan biji kopi dengan cara ditelan bulat-bulat, tidak dikunyah. Sehingga biji kopi tsb masih bulat utuh hanya kulit dan salutnya saja yang tercerna oleh perut luwak. Rupanya biji kopi yang keluar dari perut luwak itu sangat nikmat dari pada biji yang lazim.

Maka sejak saat itu berkumpulah tiap malam, para pekerja kelas bawah untuk menikmati kopi kalangan kere yang nikmat.

Tak lama menyebarlah berita tentang lezatnya kopi feses luwak yang kemudian dikenal dengan nama kopi luwak. Akhirnya para petinggi Kebun-sampai Penguasa Hindia Belanda saat itu penasaran dan mencicipinya…dan…Mendunia sampai sekarang…sebagai kopi premium termahal didunia. Sebagai perbandingan, di Aceh, Indonesia harga secangkir kopi luwak sekitar Rp.60.000. Disebuah Restoran di Inggris sekitar Rp 800.000 / cangkir, dan di Amerika Kemasan sachet untuk 1 cangkir sekitar Rp 300.000. mahal bukan ? kalau orang macam kita cukup beli kopi putih kemasan seharga Rp 1000 @ bungkus sudah cukup puas dan seger.

Manfaat kopi

Serba-Serbi Kopi

https://pixabay.com/en/a-cup-of-coffee-coffee-the-drink-399478/

Semua orang tahu jika ingin tahan melek obatnya secangkir kopi, tetapi tidak semua orang tahu khasiat lain dari kopi, bahkan kopi adalah salah satu minuman yang di gemari oleh Rasulullah saw. Selama ini  rumor negative mengenai kopi yang beredar seperti bikin kecanduan, jantung berdebar, mata kelihatan kusam, dan dapat memicu sakit mag. Mungkin ada benarnya, dikarenakan kebanyakan orang meminum kopi over dosis, apalagi dengan gula yang pekat. Menurut para ahli minum kopi sebaiknya cukup 3 cangkir saja / hari. Dan diminum setelah sarapan, jangan sebelum sarapan atau dalam keadaan perut kosong, karena kopi mengandung asam (acid) meskipun rasa dominan adalah pahit.

Apa saja manfaat kopi, yuk kita urai ;

  1. Kopi mengandung zat yang disebut kafein, zat ini berguna untuk merangsang otak untuk tetap aktif dan terjaga. Para ahli mengatakan kafein dapat memulihkan keletihan tubuh akibat kurang tidur dan memberi kesegaran prima sebagaimana orang yang cukup tidur dengan aman.
  2. Kopi dapat menjadi agen penetral bau yang tidak sedap. Seperti bau amis , anyir, apek dll dengan cara ditabur pada area yang bau tadi.
  3. Kopi dapat pula berfungsi sebagai masker wajah untuk menyerap kelebihan minyak dan kotoran sehingga wajah nampak lebih segar dan berseri.
  4. Aroma kopi yang harum ternyata bisa menenangkan dan dapat menjadi aroma therapy.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang kopi.  (MS)

Advertisement
Serba-Serbi Kopi | porosbumi | 4.5