14 Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Ketika Berada di Kalimantan Barat

Monday, March 14th, 2016 - Info Menarik

Indonesia merupakan negara kepulauan. Di dalamnya terdapat banyak macam suku, budaya, dan ras di tiap daerahnya. Selain itupula ada berbagai macam tempat wisata yang indah. Berbicara tempat wisata apakah kamu sudah tahu tempat wisata yang ada di bagian ekor Borneo yaitu Kalimantan Barat ??? Bagi sebagian warga di situ mungkin sudah tahu, tetapi jika Anda seorang pendatang dan ingin traveling ke Kalimantan Barat sebaiknya jangan lewatkan 14 tempat wisata yang termbunyi ini:

1. Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapuas

wisatapontianak.com

Taman Alun-alun Kapuas atau biasa orang Pontianak menyebutnya dengan Korem, ini merupakan primadona yang selalu ramai di datangi masyarakat sekitaran Kota Pontianak. Saat ini tempatnya lebih bagus dan terawat, banyak sekali pepohonan hijau yang bisa membuat hati menjadi tentram. Karena tempatnya strategis dan mudah di jangkau tempat ini sampai sekarang selalu ramai dikunjungi dan di jadikan tempat berfoto dan bersantai bersama teman, pasangan, keluarga. Jika Anda pendatang baru di Pontianak silahkan kesini alamatnya di depan kantor walikota Pontianak yakni di sekitaran Jalan Rahadi Usman.

2. Rambok Dait Ngabang

2

Berada di dalam hutan Kalimantan Barat dan terletak di daerah Ngabang membuat tempat wisata yang satu ini masih jarang di kunjungi. Tetapi akhir-akhir ini tempat wisata ini menjadi tenar dan terkenal karena keindahan air terjun tujuh tingkatnya tersebut. Rombok dait merupakan salah satu Air Terjun terbaik dan terindah yang ada di Kalimantan Barat. Jadi beruntunglah kalau Anda yang tinggal di Ngabang, karena bisa menikmati keindahan air terjun ini kapan saja. Bagi pendatang yang ingin kesana silahkan menuju ke Kota Ngabang.

3. Bukit Jamur

Bukit Jamur

www.viapuccino.com

Dulunya bengkayang merupakan bagian dari Kabupaten Sambas, setelah melakukan pemekaran saat ini bengkayang menjadi kabupaten juga. Bengkayang memiliki tempat wisata yang sungguh indah jika kita bisa kesana. Layaknya seorang yang berdiri di atas awan disana terdapat yang namanya Bukit Jamur. Dinamai seperti ini bukan karena bukitnya di tumbuhi banyak jamur tetapi karena jika kita berada di atas bukitnya kita akan disajikan pemandangan indah dari sekumpulan awan yang membentuk layaknya sebuah jamur. Jika anda seorang traveling dan ingin mencari sensasi yang luar biasa dari Kabupaten Singkawang silahkan berkunjung ke Bukit Jamur.

4. Pasir Panjang

Pasir Panjang Singkawang

tritamarentcar.com

Letaknya di kota amoy alias Singkawang. Bagi warga sekitar ini merupakan tempat yang paling asik di kunjungi ketika liburan. Semua setuju kalau yang pernah ke pasir pantai panjang tentu akan ingin kembali lagi kesini karena keindahanya yang mempesona. Disebut pasir panjang karena ini merupakan pantai terpanjang yang ada di pesisir Kalimantan Barat. Memiliki bibir pantai hingga sepanjang 3 kilometer. Pasirnya putih cantik dengan ombak yang tenang. Jika ingin ke pantai pasir panjang ini Anda dapat menempuh perjalanan selama 20 menit dari Kota Singkawang atau 3 jam lebih dari Kota Pontianak.

5. Air terjun Melanggar

5

Memiliki pesona air terjun yang indah dihiasi pelangi itulah Air Terjun Melanggar atau Banganar. Ini merupakan air terjun yang terjadi karena adanya sungai landak dan inilah patahannya. Letaknya di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar. Memilikiki tinggi sekitar 60 meter dan lebar lebih dari 60 meter membuat pesona alam ini begitu banyak diminati banyak orang karena keindahanynya yang mempesona.

6. Danau Sentarum

Danau Sentarum

djehanprakoso.it.student.pens.ac.id

Tidak hanya terkenal di golongan para pecinta mancing, Danau Sentarum juga terkenal akan keindahannya yang mempesona. Danau ini terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Uniknya danau musiman ini selalu banyak dikunjungi oleh beberapa orang yang suka traveling terlebih lagi para pemancing. Danau yang dipenuhi air hanya 10 bulan setiap tahunynya ini menjadi terkenal karena banyaknya kolam-kolam kecil yang terisi oleh ikan yang beragam jenis dan bentuknya. Ini merupakan salah satu danau terluas, memiliki lebar 132.000 hektare, Anda wajib ke tempat ini dan menikmati pesona alam di tengah daerah Kalimantan Barat.

7. Pulau Simping

Pulau Terkecil Dunia Simping

www.jayanjayan.com

Siapa sangka bahwa pulau terkecil di dunia ada di Kalimantan Barat. Pulau Simping itulah namanya. Daerahnya masih di kota Singkawang. Pulai ini diakui oleh PBB. Disana kita akan mendapati kelenteng, pasir, batu, serta pepohonan yang indah. Bagi yang pernah ke tempat ini bersukurlah, dan bagi Anda yang belum ketempat ini kita sarankan agar Anda kesini dan melihat sendiri bagaimana pulau terkecil Dunia itu.

Advertisement

8. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan

www.kaskus.co.id

Kalimantan Barat memiliki wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya ialah lemukutan. Letaknya di Kabupaten Bengkayang memiliki daya tarik dari alam bawah lautnya yang indah seta masyarakatnya yang welcome buat para traveling. Bagi anda yang sedang berada di Kalimantan Barat sebaiknya jangan tidak ke Pulau Lemukutan ini.

9. Pulau Randayan

9

Letaknya di Laut Cina Selatan dan berada dibagian timur Kalimantan. Tak kalah indah dengan lemukutan di Pulau Randayan juga kita akan disuguhkan oleh keindahan bawah laut yang masih alami. Banyak kehidupan biota laut yang unik, Terumbu karang yang indah hingga mahluk hidup lainynya yang megagumkkan. Memiliki geografis yang layak untuk anda kunjungi ketika berada di Kalimantan Barat. Letaknya cukup strategis dan aman dari serbuan ombak yang cukup besar. Bagi yang hobi menyelam Randayan meyedian karang indah yang hidup sekitar 4,50 hektar. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak ke Pulau Randayan.

10. Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka

10

Dari Pontianak menuju kedarah Kabupaten Melawi memerlukan waktu sekitar 8 Jam menggunakan kendaraan roda 4. Sesampainya di melawi Anda harus menempuh lagi menggunakan sepeda motor kurang lebih 4-5 jam untuk bisa tiba di taman nasional bukit raya bukit baka tersebut. Semua rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan Alamnya disana. Memiliki koleksi binatang yang lengkap dan terjaga, jadi tidak ada salahnya Anda memperjuangkan itu untuk bisa sampai kesana.

11. Air Terjun Semirah

Air Terjun Semirah

www.kulitinta.com

Ketika anda berada di Sekadau maka Anda harus mengunjungi Air Terjun Semirah. Letaknya di Dusun Belandong Desa Tinting Boyok Kecamatan Sekadau Hulu. Yang perlu anda ketahui bahwa air terjun ini terbadi menjadi dua yaitu  Semirah Merambang dan Semirah Putih. Memiliki pesona yang tak kalah indah dengan air terjun pada umumnya yang ada di Indoneesia.

12. Bukit Kelam

bukit-kelam

www.panoramio.com

Letaknya di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Memiliki ketinggian yang cukup tinggi dan memiliki keindahan yang memukau. Untuk bisa mencapai ke puncak, pasalnya kita harus mendaki melalui anak tangga selama beberapa jam, mungkin bisa lebih dari satu sampai dua jam. Ketika berada diatas kita bisa meilhat kota Sintang dari ketinggian. Ini adalah hal yang asik dan Indah yang perlu kita kunjungi ketika berada di Kalimantan Barat.

13. Riam Bedawan

riam-bedawan-kab-landak

Riam Bedawan merupakan tempat yang wajib di kunjungi selain beberapa tempat indah yang lainya, disni kita akan menemukan beberapa keindahan yang cukup membuat mata dan hati kita terpesona dan bersukur. Letaknya di Kabupaten Landak. Jika anda ingin merasakan sensasi air Riam silahkan ke Riam Bedawan seperti anak-anak dari Backpaker Landak.

14. Pantai Temajok

pantai-temajuk

arhiezoehriawan87.blogspot.com

Surga tersembunyi di ekor pulau Kalimantan Barat. Sepertinya inilah julukan yang cocok kita persembahkan untuk Pantai Temajok. Beberapa orang berpendapat disana terdapat pantai yang indah dan tidak kalah indah dengan pantai yang ada di pulau dewata Bali. Jadi kalau anda ingin ke pantai Temajok dan menikmati pantai yang indah silahkan datang ke Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat.

Nah itulah 14 Tempat Wisata yang wajib di kunjungi ketika berada di Kalimantan Barat. Silahkan bagi Anda yang meiliki hobi traveling ajak teman ataupun kolega Anda untuk menikmati sajian alam indah dari Allah ini. Selalu utamakan keselamatan, kebersihan dan jangan lupa berdoa ketika Anda ingin kesana. Jika Anda memiliki tempat wisata lain khususnya di Kalimantan Barat silahkan Komentar, dan jika Anda bangga dengan tempat tersebut yuk mari kita sebarkan artikel ini ke khalayak ramai agar orang di luar Kalimantan Barat beramai-ramai mengunjungi tempat tercinta kita ini.

 

Advertisement
14 Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Ketika Berada di Kalimantan Barat | porosbumi | 4.5