Aneka Jenis Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan Apapun

Kredit Tanpa Agunan atau biasa disingkat KTA ialah salah satu jenis kredit yang kini banyak diincar. Hal ini terutama karena kita bisa mendapat pinjaman uang tanpa menggunakanbarang jaminan. KTA sendiri adalah program pemerintah yang memberi keuntungan pada masyarakat agar merkea bisa meminjam uang dalam jumlah cukup besar. Pinjaman nantinya akan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, di mana yang paling umum adalah untuk modal usaha. KTA diperuntukkan bagi masyarakat melalui beragam bank swasta maupun BUMN. Hal ini akan menguntungkan kita karena banyaknya pilihan bank dalam menyalurkan KTA. Penawaran dari tiap bank juga akan berbeda, baik dari segi kewajiban serta hak yang didapat peminjam.

Jika kita masih bingung akan banyaknya produk KTA di pasaran dan tidak dapat menentukan sendiri mana yang hendak dipilih, berikut adalah rekomendasi bank terbaik yang menyediakan produk pinjaman tanpa jaminan. Kita bisa memilih salah satunya sebagai tempat pinjaman dana tunai tanpa jaminan apapun terbaik.

  1. MayBank

Program KTA dari MayBank disebut PITA atau Pinjaman Tanpa Agunan. Jika kita ingin menggunakan jasa ini, maka syarat utamanya adalah gaji minimail Rp2 juta per bulan di luar Jabodetabek dan Rp2.5 juta per bulan di Jabodetabek. Jumlah ini ialah jumlah minimal yang akan dikenakan untuk masyarakat umum. Khusus untuk wirausahawan, penghasilan minimal yang dibutuhkan per bulannya adalah Rp4 juta agar proses KTA menjadi lebih mudah.

  1. Standard Chartered Bank

Bank lain yang cukup direkomendasikan sebagai penyedia KTA ialah Standard Chartered. Bank ini termasuk dalam bank swasta yang memiliki program pinjaman tanpa agunan dengan syarat yang cukup mudah. Selain itu, waktu pencairan dananya juga terbilang cepat. Hanya butuh waktu tiga hari saja setelah aplikasi lengkap diterima, maka dana dapat segera dicairkan.

  1. Bank Mandiri

Bank satu ini telah cukup tersohor sebagai salah satu bank penyedia produk KTA. Kredit tanpa jaminan di Bank Mandiri terbilang menguntungkan. Keuntungan yang dapat kita peroleh di antaranya adalah perlindungan asuransi jiwa yang diberikan sekaligus bersama produk pinjaman. Fasilitas ini diberikan guna berjaga-jaga apabila peminjam mengalami musibah yang tidak disangka sebelumnya. Jika peminjam mengalami musibah, maka peminjam akan mendapat ganti rugi sehingga nantinya dapat mencukupi kredit pinjaman.

4.Bank BRI

Keuntungan dari KTA BRI sama seperti Bank Mandiri, yaitu disertai asuransi untuk perlindungan jiwa. KTA dari BRI sendiri dinamai BRIGuna. Agar dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan ini, syarat yang harus dipenuhi di antaranya adalah penghasilan minimal Rp2 juta per bulan bagi pengusaha atau profesional serta bisnis yang dijalankan minimal sudah selama 2 tahun.

Pinjaman Tanpa Jaminan di Lembaga Non Bank

Selain dapat mengajukan permohonan KTA di bank, kita juga bisa mengajukan pinjaman di lembaga non bank. Apalagi, mungkin kita ragu jika harus berurusan dengan bank. Ada baiknya jika kita turut memanfaatkan fasilitas dari lembaga keuangan non bank. Dasar pemikirannya masih sama, yaitu mendapat pinjaman dalam jangka pendek serta jumlah yang terbilang cukup untuk memenuhi keperluan mendadak. Nominal yang diberikan biasanya berkisar antara Rp3 juta hingga Rp5 juta. Walau demikian, kita harus tetap mempersiapkan aneka persyaratan yang diminta agar pengajuan pinjaman bisa disetujui. Aneka persyaratan ini mulai dari fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi NPWP, slip gaji dan lain-lain.

Berikut ialah aneka syarat pinjam uang dan juga prosedur khusus dalam pengajuan pinjaman KTA secara online.

  • Warga Negara Indonesia atau WNI yang dibuktikan dari kartu identitas yaitu KTP
  • Batas usia minimal 21 tahun dan maksimal adalah 60 tahun saat pelunasan. Beberapa lembaga memberikan keringanan dengan memberlakukan batas minimal usia peminjam 18 tahun. Alasan adanya penetapan batas minimal usia ini adalah untuk menjamin bahwa peminjam telah cukup bertanggungjawab untuk mengembalikan pinjaman sesuai masa jatuh tempo. Jika kita masih berusia di bawah 21 tahun namun hendak mengajukan pinjaman, carilah informasi seputar lembaga yang menyediakan pinjaman dengan batas usia minimal 18 tahun.
  • Batas penghasilan minimal juga turut dijadikan persyaratan pinjaman. Biasanya, batas penghasilan yang disyaratkan ialah sebatas UMR di daerah masing-masing. Ini karena kondisi ekonomi di tiap daerah akan berbeda-beda.
  • Limit pinjaman biasanya cukup singkat yaitu antara 15 hingga 30 hari. Bunga yang dibebankan juga cukup tinggi yaitu mencapai 1 persen per harinya. Artinya, jika kita meminjam selama 30 hari, maka bunga yang dibayarkan adalah sebesar 30 persen. Kita juga masih dibebani dengan biaya keterlambatan pembayaran, di mana besarannya adalah Rp50 ribu di hari pertama serta Rp10 ribu untuk hari-hari berikutnya.

Dengan adanya keempat hal di atas, kita pasti sudah paham bagaimana cara mendapat pinjaman tanpa jaminan di lembaga non bank. Pinjaman seperti ini memang dapat menguntungkan, namun bisa juga merugikan. Semua tergantung dari bagaimana kita menyikapinya. Agar pinjaman bisa menguntungkan dan kita mendapat manfaat dari pinjaman tersebut, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Pinjamlah Uang Sesuai Kebutuhan

Mungkin kita akan tergiur untuk meminjam dana dalam jumlah lebih besar dari yang dibutuhkan. Namun, ingat bahwa makin besar dana yang dipinjam, maka akan semakin berat juga beban kita dalam mengembalikan dana tersebut nantinya. Cukup pinjam dana sesuai kebutuhan saja dan jangan melebihi kebutuhan tersebut.

  1. Mulai Menabung

Setelah mendapat pinjaman dana, bukan berarti masalah finansial kita selesai. Masih ada pinjaman yang harus dilunasi. Inilah masalah klasik yang seringkali dialami oleh para peminjam, di mana mereka cenderung bersantai setelah mendapat pinjaman dan tidak memikirkan bagaimana cara melunasi pinjaman tersebut. Justru kita harus mulai menabung kembali setelah mendapat pinjaman dan menggunakannya untuk melunasi hutang.

  1. Lakukan Survey Ke Beberapa Lembaga Peminjaman

Carilah lembaga peminjaman baik bank ataupun non bank yang menawarkan bunga paling ringan, tenor cukup lama, plafon sesuai kebutuhan serta biaya-biaya lain yang cukup terjangkau. Pastikan kita memilih produk KTA terbaik dan paling sesuai kebutuhan sehingga bisa mengembalikannya dengan tepat waktu.

  1. Jangan Meminjam Jika Tidak Yakin Dapat Mengembalikannya

Jika kita termasuk orang yang gemar menghambur-hamburkan uang, maka meminjam uang bukanlah hal yang direkomendasikan. Akan sulit bagi kita dala mengembalikan dana tersebut dan malah akan membuat utang makin menumpuk. Pertimbangkan kembali keputusan untuk meminjam uang bahkan yang tanpa disertai jaminan sekalipun. Jangan sampai keputusan untuk meminjam uang justru berakhir dengan bencana karena kita tidak bisa melunasinya secara tepat waktu.

Demikian adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan terkait pengajuan pinjaman tanpa agunan ke lembaga bank maupun non bank. Yang pasti, adanya produk pinjaman tersebut bertujuan untuk memudahkan kita, bukan menyusahkan kita ke depannya. Gunakan dengan sebaik-baiknya dan sebijaksana mungkin agar kita mendapat manfaatnya.

Pencarian Terbaru:

  • ANEKA GATGET PINJAMAN DANA
  • kta non bank
  • pinjaman tanpa jamina i jutan
  • pinjaman tunai tanpa agunan non bank
  • pinjaman uang tunai tanpa agunan 2018

Tags: