Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri – Bagi warga Kalimantan Barat siapa yang tidak tahu tentang Universitas Tanjungpura atau UNTAN. Jurusan di untan memang banyak pilihannya banyak orang bukan hanya dari daerah Borneo saja yang mendaftar disini, bahkan ada orang dari luar Jawa yang rela datang jauh-jauh beda pulau untuk mengikuti scmb untan setiap pembukaan mahasiswa baru tiap tahunnya.

Bahkan jika mereka tidak masuk digelombang pertama ada yang melakukan pendaftaran untan gelombang kedua dengan harapan bisa masuk pada salah satu universitas terbaik di Indonesia ini, Maka disini anda akan menemukan informasi Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Pilar sebuah bangsa salah satunya terletak pada kualitas sumber daya manusia di dalamnya. Itulah kenapa sebuah lembaga pendidikan, terutama perguruan tinggi menjadi sangat penting karena produk yang dihasilkan akan menjadi generasi penerus bangsa ini. Tidak hanya itu, perguruan tinggi harus memiliki visi jauh ke depan dan dituntut kompeten dalam mendidik mahasiswa supaya lulusan yang dihasilkan memiliki daya kompetensi dan mampu berguna bagi masyarakat sesuai bidang ilmu yang diberikan dengan Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Bersama UNTAN Membangun Negeri
Bersama UNTAN Membangun Negeri Sumber: untan.ac.id

Dalam hal ini, Universitas Tanjungpura (UNTAN) bercita-cita  untuk melahirkan generasi penerus yang memiliki dedikasi tinggi membangun bangsa dan negara sesuai napas Pancasila, sehingga kedepan lulusan memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi dan mewujudkannya secara tulus dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan program Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Perjalanan Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri, Awal Mula Berdiri Mulai: Dari Universitas Swasta Hingga Menjadi Perguruan Tinggi Negeri

Universitas Tanjungpura atau biasa populer dengan sebutan UNTAN berdiri di kota Pontianak provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kampus ini berdiri tepat pada 20 Mei 1959 bernama Universitas Daya Nasional. Saat itu, Universitas Tanjungpura masih berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional dan masih berstatus sebagai universitas swasta.

Bersama UNTAN Membangun Negeri

Sekiltas Tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Sejak awal kampus ini didirikan, Universitas Tanjungpura berupaya untuk mendedikasikan seluruh tenaga dan pikiran pada perkembangan Kalimantan. Terbukti kampus ini dulunya kampus ini diprakarsai oleh tokoh-tokoh pentik seperti politik dan pemuka masyarakat di sana. Pada saat itu, fakultas yang didirikan adalah Fakultas Hukum serta Fakultas Tata Niaga.

Tepat di tanggal 16 Mei 1963, Universitas Daya Nasional berubah status menjadi Universitas Negeri Pontianak sesuai dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Penetapan kampus Daya Nasional sebagai kampus negeri ini dilakukan tanggal 20 Mei 1963. Pemberian status universitas negri ini juga ditandai dengan dibukanya dua lagi fakultas baru, Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Selain itu, Universitas Daya Nasional merubah nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.

Tahun 1965, dengan kondisi negara Indonesia dan situasi politik di saat itu, nama kampus dirubah lagi menjadi Universitas Dwikora sesuai dengan penetapan Presiden RI No. 278 Tahun 1965 Tanggal 14 September 1965. Perubahan nama ini pun juga menjadi titik baru bagi kampus soal penambahan fasilitas belajar dengan terbukanya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISPOL).

Melihat dari track record-nya, dalam kurun kurang dari 10 tahun, universitas ini mulai berkembang pesat dengan penambahan fakultas hingga menjadi 5 fakultas. Sayangnya, perubahan nama ini tidak berlangsung lama, dua tahun kemudian Universitas Dwikora berganti identitas lagi menjadi Universitas Tanjungpura atau yang biasa kita kenal sekarang dengan sebutan UNTAN. Pergantian nama ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967 dan sampai sekarang masih berdiri dengan sembilan fakultas dan terdiri dari dua jenjang; jenjang S1 dan S2.

Keseriusan Universitas Tanjungpura dalam Mengabdi Kepada Masyarakat

Bersama UNTAN Membangun Negeri dalam Visi utama Univesitas Tanjungpura yaitu menjadi institusi prservasi serta pusat informasi ilmiah untuk Kalimantan Barat. UNTAN juga bercita-cita menghasilkan luaran yang memiliki moral Pancasila sebagai dasar negara sehingga mampu berkompetisi di daerah, nasional dan Internasional. Tidak hanya itu, UNTAN juga memiliki misi sebagai penyelenggara pendidikan, penelitian dan pengabdian secara penuh kepada masyarakat agar menghasilkan luaran yang berkualitas dan mampu memajukan berbagai disiplin ilmu mulai dari pengetahuan, seni dan teknologi sehingga mampu berkembang dan berkontribusi besar pada masyarakat.

  • Pengadaan BIMTEK

Dalam mewujudkan hal ini, rupanya kampus negeri di Kalimantan ini tidak ingin main-main. Juli 2017 lalu, UNTAN bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sintang menyelenggarakan Bimbingan Tenis atau BIMTEK untuk Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Rangka Mendorong Kemandirian Ekonomi Masyarakat dan Desa. Upaya ini adalah salah satu pengabdian kampus bagi masyarakat dengan tujuan meningkatkan perekonomian desa, terutama desa yang memiliki potensi besar.

  • Menyelenggarakan Penelitian

Sudah menjadi tugas kaum cendekiawan untuk mengeksplor kekayaan alam hayati dengan bidang ilmu yang dipelajari agar bisa bermanfaat untuk masyarakat. UNTAN juga menyelenggarakan penelitian terkait hal ini. Seperti yang dilakukan oleh Fakultas MIPA UNTAN yang bekerjasama dengan Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN.

Penelitian ini berupa isolasi penentuan struktur senyawa Pasak Bumi, Pauh Kijang, Ki Pahit, dan Buah Makasar yang berperan sebagai antioksidann, antijamur, antimalaria, anti kanker dan antihiperlipidemia. Penelitian ini dilakukan cukup lama, yaitu tahun 2002-2015 di tiga laboratorium mencakup Lab Farmakologi Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Untan, Lab Kimia Fakultas MIPA Untan dan Lab Parasitologi Fakultas Kedokteran UGM.

Penelitian ini akhirnya menghasilkan kesimpulan bahwa bahan alami seperti Pasak Bumi, Buah Makasar dan Pauh Kijang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kedepan, dengan adanya penemuan ini, diharapkan akan dihasilkan produk dari bahan-bahan tersebut yang notabene bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

Bagi masyarakat ini adalah sumbangsih keilmuan yang bermanfaat di dunia pengobatan agar kedepannya sejumlah penyakit kronis bisa diatasi dengan biaya yang minimal.

Fasilitas Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Ruang Kelas

Demi kelancaran aktifitas belajar, Universitas Tanjungpura menyediakan fasilitas yang nyaman seperti ruang kelas modern, ruangan multimedia dan ber-AC. Tersedia kawasan eco green yang menjadi tempat favorit para mahasiswa untuk berdiskusi hingga melakukan aktifitas di kampus.

Laboratorium Lengkap

Selain itu, civitas academy juga didukung dengan laboratorium, mulai dari laboratorium komputer, fisika, biologi, kimia hingga pusat budi daya air dan darat. Tersedia juga workshop dan studio yang bisa dimanfaatkan untuk menggali bidang ilmu lebih dalam.

Perpustakaan, LPM dan LPMM

Berjalannya aktifitas akademik juga tidak lain karena sumber belajar yang memadai. UNTAN sudah memiliki portal jurnal ilmiah yang menampung hasil penelitian dan pengambdian dosen dan mahasiswa, dimana semuanya berkualitas dan mumpuni untuk dijadikan referensi.

Sistem akademik juga diatus oleh LPM (Lembaga Penjamin Mutu) yang menerapkan standarisasi dosen sehingga perkuliahan menjadi lebih berkualitas dan tidak asal. Sering kali banyak sekali kampus dengan fasilitas yang fantastis namun tidak diimbangi dengan tenaga pendidik yang memadai sehingga aktifitas perkuliahan hanya berupa persyaratan saja. Tentunya ini akan berpengaruh pada luaran yang dihasilkan di masa depan.

Universitas Tanjungpura berupaya dan terus berinovasi agar bisa menyerap perubahan yang terjadi saat ini dan kemungkinannya di waktu yang akan depan. Sehingga kelak alumni yang dihasilkan diharapkan mampu berkembang di tengah masyarakat dan menggunakan bidang ilmu yang telah dipelajari.

Tidak menutup kemungkinan UNTAN akan terus berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman agar bisa memberikan input yang baik untuk mahasiswa/i baik dari segi keilmuan (bidang yang digeluti) dan juga kemasyarakatan. Ini erat dengan cita-cita kampus yang ingin membangun bangsa dan negara dengan cara memberikan kualitas pendidikan yang baik dan juga bernapaskan Pancasila dengan tujuan Bersama UNTAN Membangun Negeri.

Leave a Comment