Cara Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Aman

cara membersihkan botol susu bayi

Terkadang banyak orang tua yang menyepelekan kebersihan botol susu bayi yang digunakan oleh buah hati mereka. Padahal kebersihan botol susu bayi harus benar-benar diperhatikan, walaupun terkesan sepele. Botol susu bayi yang tidak bersih tentu dapat memicu terjadinya infeksi bateri, bahkan penyakit pada bayi. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi kan?

Sistem pembersihan botol susu bayi yang dilakukan secara maksimal bisa menghilangkan seluruh sisa susu agar tidak membusuk dan menjadi sarang kuman. Selain itu, membersihkan botol susu bayi dengan cara yang benar bisa membuat perlengkapan bayi Anda menjadi lebih awet dan tahan lama. Berikut ini merupakan cara membersihkan botol susu bayi dengan aman yang bisa dilakukan.

Mencuci tangan

Sebelum membersihkan botol susu bayi, Anda harus mencuci tangan hingga bersih terlebih dahulu. Tentu saja hal ini wajib dilakukan agar pencucian bisa lebih steril.

Melepaskan bagian-bagian botol

Setelah tangan Anda sudah bersih, saatnya melepaskan seluruh bagian botol susu tersebut. Kemudian tuangkan sedikit cairan pembersih khusus pada tiap bagian botol susu. Lalu tambahkan dengan sedikit air agar proses pencucian bisa lebih mudah.

Membersihkan bagian-bagian botol

Anda bisa mulai membersihkan dasar botol susu memakai sikat halus dengan gerakan memutar. Sebaiknya bersihkan sisi dalam botol dengan gerakan sikat yang naik turun. Lalu lanjutkan menyikat bagian bibir botol. Sebaiknya gunakan sikat kecil supaya dapat menjangkau setiap celah tutup botol.

Membersihkan gelang dot

Setelah selesai membersihkan bagian-bagian botol, Anda bisa membersihkan gelang dot dengan menggunakan sikat kecil. Bersihkan seluruh bagian dari gelang dot, terlebih pada bagian ulir di dalam yang biasanya sering terlupakan. Bersihkan juga dot dengan menggunakan sikat yang sama. Ingat, pastikan tidak ada sisa-sisa susu yang tertinggal. Bersihkan sisa-sisa susu hingga tuntas.

Mencuci tutup botol

Langkah selanjutnya ialah mencuci bagian tutup botol susu dengan memakai spon pembersih. Bersihkan juga bagian dalam tutup botol susu.

Membilas dengan air

Setelah seluruh bagian dibersihkan dengan menggunakan sabun, Anda bisa membilas seluruh bagian botol yang telah diberi sabun tadi dengan memakai air keran yang mengalir. Jangan terbiasa membilas botol susu bayi dengan cara merendam di dalam wadah. Hal ini malah bisa membuat kotoran menempel lagi.

Melakukan proses sterilisasi

Setelah selesai mencuci, Anda bisa melanjutkan proses pensterilan. Didihkan air di dalam panci, lalu diamkan setiap bagian botol di dalam panci kurang lebih selama 15 menit. Agar hasil bisa lebih maksimal, gunakan air mineral sebagai air rebusan tadi. Namun jangan biarkan botol terendam di panci dalam waktu yang lama, terlebih lagi hingga airnya menjadi dingin.  Hal ini justru bisa membuat proses pensterilan menjadi sia-sia, lalu kuman-kuman bisa menempel kembali di botol. Apabila Anda tidak ingin menggunakan air rebus, Anda bisa memakai alat sterilisator.

Mengeringkan botol susu

Setelah direndam dengan air rebusan, angkat botol susu bayi tersebut dengan memakai penjepit, lalu tiriskan. Setelah itu keringkan botol susu bayi dengan memakai handuk bersih. Sebaiknya biasakan untuk menyediakan lap khusus yang akan dipakai untuk membersihkan botol susu. Jangan memakai lap yang dicampur untuk membersihkan benda lain. Simpan botol di dalam wadah plastik yang bersih.

Itu tadi beberapa cara membersihkan botol susu bayi dengan aman. Bagaimana, tidak sulit bukan? Ingat, kesehatan buah hati Anda tentu sangat penting diperhatikan.