Ini Dia 5 Resep Masakan Mudah dan Praktis untuk Sehari-hari

ini-dia-5-resep-masakan-mudah-dan-praktis-untuk-sehari-hari

Mungkin Anda pernah merasa kebingungan dan berkata, “Hari ini mau masak apa?”. Harus diakui bahwa terkadang kita sering merasa bingung, atau malah bosan, untuk perihal masak memasak. Jika harus makan di luar terus, tentu Anda akan sulit untuk berhemat. Belum lagi makanan di luar juga tidak benar-benar terjamin kebersihannya.

Selain bingung hendak memasak apa, terkadang memasak juga terasa melelahkan. Terlebih bagi bagi orang yang sudah memiliki aktivitas padat sehari-hari. Mulai dari menentukan resep, membeli bahan-bahan, mempersiapkan bahan-bahan, melakukan proses memasak, hingga mencuci piring. Apabila Anda tidak memiliki waktu yang benar-benar longgar, tentu saja Anda tidak akan sempat untuk memasak. Biasanya hal ini dialami seorang wanita karier yang harus mengurus keluarga, rumah, dan pekerjaan.

Sebenarnya Anda bisa membuat makanan yang ringkas dan praktis untuk dimasak. Tidak perlu memasak yang terlalu sulit dan memakan waktu yang banyak. Berikut ini merupakan beberapa resep masakan mudah dan praktis untuk sehari-hari yang bisa coba dibuat.

  1. Sup ceker ayam

Mungkin sebagian orang tidak menyukai ceker ayam karena dipandang sebelah mata. Padahal ceker ayam bisa diolah menjadi makanan yang lezat. Sebenarnya ceker ayam juga mengandung gizi yang diperlukan tubuh, seperti kandungan kaldu dan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang anak-anak. Anda bisa mencoba membuat resep sup ceker ayam untuk makan sehari-hari. Untuk membuat makanan yang satu ini, sediakan kurang lebih sebanyak 10 pcs ceker yang sudah dibersihkan, wortel segar, seledri, kentang, tomat, daun bawang, gula pasir, merica bubuk, bawang merah, bawang putih, minyak, air secukupnya, garam dapur secukupnya, dan bawang goreng.

Untuk membuat sup ceker ayam, pertama Anda harus merebus ceker ayam hingga empuk. Air bekas rebusan bisa digunakan untuk kuah kaldu. Haluskan bahan-bahan seperti bawang merah dan bawang putih, lalu tambahkan garam. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan potongan wortel, kentang, dan merica. Aduk seluruhnya hingga rata. Tuangkan air kaldu bekas rebusan ceker, lalu aduk dan campur hingga rata. Masukkan buah tomat dan ceker, lalu aduk kembali. Terakhir, masukkan irisan seledri, daun bawang, garam, dan gula (apabila diperlukan). Setelah matang, angkat dan taburkan bawang goreng di atasnya.

  1. Capcay goreng bakso

Selain membuat sup, Anda juga bisa membuat capcay goreng bakso yang praktis. Selain mudah dibuat, Anda juga bisa menikmati berbagai macam sayuran menyehatkan hanya dalam satu piring. Siapkan daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, sawi putih yang sudah dipotong, bakso yang diiris sesuai selera, sawi hijau yang sudah dipoton, kembang kol, wortel, teh kecap ikan, bawang putih yang dicincang kasar, saus tiram, garam, merica, dan tepung maizena yang dicairkan dengan sedikit air.

Pertama, tumis bawang putih hingga harum. Lalu tambahkan dengan ayam dan daging bakso, lalu aduk hingga warna berubah. Setelah itu tambahkan dengan saus tiram, kecap ikan, garam, dan merica. Aduk seluruhnya hingga merata, lalu tambahkan sedikit air. Masukkan sawi hijau, wortel, kembang kol, dan sawi putih yang telah dipotong-potong. Tambahkan larutan maizena dan aduk kembali hingga capcay menjadi mengental.

  1. Tumis bayam tauge

Apabila Anda ingin memaska lebih ringkas lagi, Anda bisa memilih memasak tumis bayam tauge. Cukup sediakan 100 gram tauge panjang, 2 ikat bayam segar, dan minya secukupnya untuk menumis. Untuk bumbunya siapkan batang serai yang dimemarkan, daun salam, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, kecap asin, garam, dan gula pasir. Pertama, panaskan minyak goreng untuk menumis. Lalu masukkan bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Lalu masukkan bayam dan tauge secara bersamaan. Tambahkan serai, daun salam, gula pasir, merica, garam, dan kecap asin. Aduh seluruhnya hingga merata.

Bagaimana, cukup mudah kan resep-resep di atas? Hanya dengan bahan-bahan yang sedikit dan mudah didapatkan, Anda sudah bisa menyajikan makanan-makanan lezat seperti di atas. Selamat mencoba!

Tags: