Beberapa Jenis Tanaman Hidroponik Sayuran

Hidroponik menjadi cara bercocok tanam yang saat ini banyak digemari, khususnya oleh orang-orang perkotaan karena lahan bercocok tanam yang sempit. Cara bercocok tanam dengan hidroponik memungkinkan kita untuk bisa menanam dengan mudah, meski tak punya lahan yang luas. Asalkan ada sedikit ruang saja, misal di depan rumah, teras maupun belakang rumah, maka Anda pun dapat bercocok tanam.

Sistem hidroponik ini pada dasarnya tidak memerlukan tanah sebagai media tanam melainkan dengan media lain. Media lain tersebut menjadi pengganti tanah dalam menyerap unsur hara. Namun faktor utama supaya tanaman dapat tumbuh subur menggunakan sistem ini adalah larutan nutrisinya. Tapi itulah kelebihan hidroponik, karena tidak membutuhkan tanah sebagai media tanam, orang-orang bisa menanam di lahan yang sempit.

Selain mudah dan praktis, banyak sekali tanaman, terutama sayuran yang bisa dibudidayakan dengan cara ini. Inilah beberapa jenis sayuran yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik:

Jenis Tanaman Hidroponik

1. Selada

jenis tanaman hidroponik selada
teruskan.com

Selada bisa menjadi tanaman hidroponik pilihan terbaik Anda. Sayuran selada ini perawatannya tidak rumit dan panennya cepat. Cukup Anda semai saja, selama kurang dari 2 minggu, maka bibit selada yang Anda tanam tadi akan tumbuh 2 daun. Nah setelah itu, barulah Anda pindahkan ke media tanam utama untuk dialiri air dan larutan nutrisi. Pemindahan selada ke media tanam yang utama bertujuan agar pertumbuhan selada cepat. Jika pertumbuhan selada cepat maka panennya pun juga cepat. Saat sudah dipindahkan di media tanam utama, maka jangan lupa untuk memotong bagian luar daun karena hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan bagian dalam lebih cepat untuk menggantikan daun yang telah dipotong tadi.

2. Sayuran Berdaun Hijau (Bayam, Kangkung, Sawi Hijau)

jenis tanaman hidroponik hijau
faktaherbal.com

Hampir sama seperti selada, sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung, maupun sawi hijau dapat pula tumbuh dengan baik melalui sistem hidroponik. Namun yang harus diperhatikan ketika menanam sayuran berdaun hijau, Anda harus memperhatikan pertumbuhan sayuran tersebut. Jangan sampai tumbuh terlalu besar karena dapat menggangu sirkulasi udara. Anda pun bisa memanen dengan waktu yang terhitung cepat, yaitu pada hari ke-26 sampai hari ke-29. Jika Anda memanen lebih dari 29 hari maka rasa sayurannya bisa pahit.

3. Mentimun

jenis tanaman hidroponik mentimun
tips.abatasa.co.id

Mentimun menjadi salah satu sayuran yang banyak ditanam oleh orang-orang menggunakan sistem hidroponik. Tapi berbeda dengan 2 sayuran yang telah disebutkan di atas, mentimun jauh membutuhkan perhatian yang ekstra. Ditambah lagi Anda harus memikirkan masalah tempatnya karena mentimum pasti membutuhkan tempat yang lebih luas.

Nah itulah beberapa jenis tanaman sayuran yang dapat Anda tanam melalui sistem hidroponik. Dengan bercocok tanam tentu saja Anda bisa lebih menghemat pengeluaran. Ya, bayangkan saja jika Anda menanam berbagai macam sayuran di rumah, maka setiap beberapa minggu sekali Anda bisa memanen dan mengkonsumsi sendiri. Selain hemat, sayuran yang Anda tanam sendiri pastilah terjaga kebersihan serta terhindar dari zat-zat yang membahayakan.

Namun jika Anda memang berniat menanam sayuran menggunakan sistem hidroponik ada beberapa hal lainnya yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah cahaya matahari. Sayuran yang ditanam melalui sistem hidroponik tidak boleh terlalu berlebihan dan tidak disarankan terkena cahaya matahari secara langsung. Nah mungkin itulah yang bisa menjadi pertimbangan Anda jika ingin menanam dengan sistem hidroponik. Ada banyak aspek yang harus Anda perhatikan agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat.

Selain beberapa jenis sayuran di atas, ada pula sayuran yang seringkali dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik, antara lain sayur-sayuran seperti bak choy, brokoli, sawi, kailan, bayam, kangkung, tomat, bawang, bahkan strowbery, dll.

Sistem tanam hidroponik bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang senang berkebun tetapi tidak mempunyai lahan yang luas. Anda pun bisa turut menjaga lingkungan karena sirkulasi udara yang dihasilkan oleh tanaman akan lebih sehat dan tentunya Anda dapat memetikkan manfaatnya. Hidroponik juga tak tergolong susah dalam penanamannya. Asalkan Anda pelajari dengan betul dan perhatikan pula nutrisi tiap tanamannya.

Oke, cukup sekian ya pembahasan tentang sayuran hidroponiknya. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda tertarik juga dengan :

Tips dan Trik Agar Sukses Budidaya Tanaman Hidroponik di Era Modern