Kiat Jitu Memelihara Ternak Kambing

Jika anda adalah seorang yang berhati lembut dan penuh kasih-sayang, maka anda adalah salah seorang yang cocok untuk menjadi Peternak, ternak apapun, khususnya ternak kambing. Mengapa saya katakan demikian ?, karena hemat kasih sayang adalah separuh dari kebutuhan gizi, terutama gizi bathin dari hewan ternak. Tanpa ikatan kasih sayang ternak juga akan merana. Seperti kita juga ya…

Kita semua mafhum tidak semua tipe Manusia cocok menjadi peternak, karena berternak membutuhkan tak hanya pengetahuan tetapi juga kesabaran dan keuletan. Kita sering melihat bagaimana orang berlaku kasar terhadap hewan ternaknya dengan berlebihan, sehingga ternaknya menjadi giras (Jadi tidak jinak) dan kurus. Orang dengan tipikal demikian jelas tidak cocok menjadi peternak. Itulah alasan saya.

Tetapi saya yakin, anda semua seorang pemurah hati yang penuh kasih sayang, untuk itu alangkah baiknya jika anda memelihara kambing, baik sebagai peternak penuh, maupun hanya sekedar hobi karena ada beberapa keutamaan jika anda memelihara kambing, yuk pantengin.

Peluang Beternak Kambing

Peluang Beternak Kambing
www.produknaturalnusantara.com

Permintaan / demand pasar akan ternak kambing sangat tinggi, namun hingga saat ini sulit sekali terpenuhi oleh ketersediaan stok ternak yang ada. Bahkan dari tahun ke tahun trend demand  nya semakin naik. Terutama untuk kebutuhan tahunan disaat hari raya qurban, hewan ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh kaum Muslim guna melaksanakan ibadah qurban. Oleh sebab itu usaha ternak kambing punya prospek yang cerah untuk digeluti, karena kebutuhan demand pasar yang tinggi.

Inilah alasan mengapa ternak kambing menjadi salah satu ternak yang sangat diminati Masyarakat kita. Disamping itu  ternak ini juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain :

  1. Produk daging dan susu kambing mempunyai kwalitas yang tinggi dibanding ternak lain.

Daging kambing bertekstur lebih lembut dari daging sapi, sehingga paling cocok dibuat sate. Di Indonesia masing – masing daerah memiliki resep sate yang berbeda dan sama lezat, ada sate Khas Tegal, sate khas Madura, Khas Padang, dll. Daging kambing juga paling cocok dibuat soto dan gulai dibanding daging ternak lainnya. Ada rumor yang beredar bahwa daging kambing memilki kolesterol tinggi, sehingga tidak baik jika sering mengkonsumsi daging kambing, anggapan ini perlu dikoreksi ulang, yang benar adalah bahwa daging kambing memiliki kandungan Zink yang lebih tinggi dibanding yang lain, sehingga efek menghangatkan tubuh lebih kuat, dan meningkatkan stamina lebih joss. Perkara efek samping pastilah ada, jika berlebihan. Karena semua yang berlebihan pasti akan mendatangkan mudharat. Makan nasi saja jika berlebihan tidak baik. Untuk itu agama Islam melarang segala sesuatu yang berlebihan. Cukup, atau seimbang saja itu lebih sehat.

  1. Ternak kambing berkaitan erat dengan budaya dan keagamaan. 

Dari hampir 300 juta Penduduk Indonesia 85 % adalah beragama Islam, sementara Islam memiliki tradisi untuk berkurban dengan menyembelih ternak baik Kambing ataupun Sapi, wabil khusus saat Idul adha. Adapun khusus untuk kurban aqiqah kelahiran bayi dengan meyembelih kambing saja, tidak bisa diganti dengan ternak yang lain . Nun, dewasa ini kesadaran orang tua untuk meng -aqiqah- kan anaknya makin meningkat, jika anak yang lahir Laki – laki, maka aqiqah nya dengan 2 ekor kambing, jika yang lahir anak Perempuan cukup 1 ekor saja. Seandainya nanti semua kelahiran bayi di- aqiqah – kan,  maka permintaan pasar akan ternak ini makin luar biasa tinggi. Belum lagi untuk kebutuhan tahunan yakni untuk qurban di hari raya idul adha. Itulah gambaran real dan fakta dalam Masyarakat kita saat ini, berkaitan dengan perihal peluang ternak kambing.

  1. Kambing dapat beradaptasi dengan berbagai macam iklim dan lingkungan yang berbeda denga cepat. 

Bukti bahwa kambing adalah ternak yang adaptif adalah, bahwa kambing ada disemua pelosok bumi dengan berbagai macam topograpi. Dari wilayah gurun yang tandus sampai diwilayah berhawa dingin yaitu Eropa. Bahkan dari dataran tinggi sampai dataran rendah kambing berbagai jenis dapat hidup dengan sehat.

Manfaat Dan Keunggulan Beternak Kambing

Manfaat Dan Keunggulan Beternak Kambing
www.teropongbisnis.com

Usaha berternak kambing relative lebih sederhana, mudah, dan lebih murah dari segi modal dibanding dengan ternak lain seperti sapi,  kerbau dan ayam potong.  Namun bukan berarti ternak ini tidak dapat mengenjot keuntungan sebagaimana jika berternak hewan ruminansia (memamah biak) yang lain. Karena ada beberapa keunggulan special dari hewan ini yang tidak dimilki oleh ternak lain,  diantaranya ;

  1. Modal awal relative lebih murah. Seperti yang saya sebutkan diatas.
  2. Perkembang biakan lebih cepat, karena kambing betina mampu melahirkan lebih dari 1 ekor / kelahiran / 6 bulan.
  3. Menjadi tabungan keluarga yang sewaktu – waktu dapat dijual, jika ada keperluan mendesak.
  4. Dapat dilakukan dengan mudah oleh semua keluarga, termasuk kaum Ibu, bahkan anak – anak.
  5. Tidak membutuhkan tehnologi tinggi, baik untuk perawatan, maupun pengolahan daging. Karena daging 1 ekor kambing dapat habis dikonsumsi oleh 1 atau lebih keluarga. Hal ini karena ukuran kambing yang relative sedang.

Gambaran Keuntungan Beternak Kambing

Gambaran Keuntungan Beternak Kambing
www.infopeternakan.com

Seekor induk kambing rata – rata mampu melahirkan anak ( Cempe ) 3 ekor / tahun. Maka jika harga per ekor setelah dewasa Rp 800 rb, berarti seekor induk dapat memberika anda profit sebesar Rp.2.400.000 / tahun. Andai satu keluarga Petani sebagai usaha sampingan merawat dengan seksama 5 ekor ternak kambing, dengan rincian :  4 betina,  dan 1 pejantan, berarti keluarga Petani tsb mendapat profit sekitar Rp. 9.600.000 / tahun.

Disamping itu kotoran dan kencing kambing juga sangat baik sebagai pupuk untuk meningkatkan produksi pertanian, terutama tanaman sayur – mayur, seperti ; kangkung, bayam, sawi, lobak, seledri, bawang kucai, bawang daun, dan cabai . Bahkan hanya mengandalkan pupuk kandang dari kambing saja cukup subur untuk tanaman yang saya sebutkan tadi. Perlu diketahui, bahwa kotoran dan air kencing kambing merupakan pupuk kandang terbaik dari segi kwalitas dibanding ternak lain. Dengan demikian terjadi simbiosis mutualisma antara Peternak, Ternak, dan Kebun yang berujung kepada keuntungan dan income keluarga yang lebih baik.

Pemeliharaan Ternak Kambing

Pemeliharaan Ternak Kambing
Dodik Kurniawan – Google+
  1. Pemilihan Ternak

Langkah yang mula – mula adalah menentukan jenis kambing apa yan hendak kita pelihara. Tipe daging atau tipe perah. Untuk tipe daging ada beberapa bangsa kambing yang sudah familiar, seperti ; kambing kacang, peranakan Etatawa, dan Jawarandu.

Tipe susu atau perah, seperti jenis Saanen, dan Toggenburg. Setelah menentukan jenisnya , maka langkah berikutnya adalah langkah standar untuk menentukan ciri – ciri bibit unggul, sbb ;

  • Pertumbuhan kambing sesuai dengan umurnya, tidak kuntet.
  • Bentuk tubuh yang proporsional / seimbang.
  • Telah diketahui sifat baiknya. Yaitu dari bibitan yang memiliki sifat unggul.
  • Dari keturunan yang sering melahirkan.
  • Pandai mengasuh anak sewaktu melahirkan.
  • Menyukai aneka ragam jenis makanan.

Kandang kambing biasanya terbuat dari material bambu yang sebelumnya telah direndam dalam air berlumpur yang busuk, agar bambu memiliki sifat liat dan kuat terhadap uap kotoran dan kencing kambing, juga agar terbebas dari serangga slusuk, yaitu jenis serangga yang membuat bambu menjadi bubuk. Atau terbuat dari kayu bulat yang kuat dan tahan dengan kotoran dan kencing kambing. Khusus, untuk  Kalimantan ada jenis kayu bulat yang  cukup kuat dan banyak tumbuh liar di hutan rawa, yaitu Kayu jenis Jenggeran. Jenis kayu ini cocok untuk di buat kandang kambing. Apapun bahan dan jenis kandang anda harus memenuhi fungsi, sbb :

  • sebagai tempat bernaung dari panas, hujan, dan angin. Juga sebagai tempat berlindung dari hawa dingin dimalam hari, dan hewan pemangsa.
  • Tempat yang aman dan nyaman untuk melahirkan, dan merawat cempe.
  • Tempat untuk terjadinya pemacekan ( Perkawinan ).
  • Memudahkan untuk melakukan pengawasan mengenai penyakit, makanan, perkembang biakan.

Untuk mendirikan kandang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain ;

  1. Luas kandang. Rasio untuk kambing jantan memerlukan luasan 1 x 1,5 m2 , untuk betina seluas 0,8 x 1,5 m2. untuk betina yang mempunya cempe membutuhkan luasan sama denga kambing jantan. Untuk kandang yang menampung 10 ekor betina bercampur dengan pejantan, maka luasa kandang 1,5 x 6 m2 atau 1,5 x 7,5 m2.
  1. Lantai kandang. Sebaiknya lantai kandang adalah dibuat panggung minimal setinggi 50 cm dari tanah, guna menghindari uap dan bau kotoran yang dapat mengganggu kesehatan ternak. Bahan lantai harus mengunakan kayu yang tahan dengan kotoran dan kencing kambing. Seperti yang tersebut diatas. Bahan tersebut dipasang berjajar dengan celah 1 – 1,5 cm, agar kotoran dan kencing kambing dapat langsung terjun kebawah. Sebaiknya setiap hari lantai dibersihkan dengan sapu lidi untuk menjatuhkan kotoran yang tersangkut di lantai.
  1. Dinding. Untuk menjaga hawa tetap nyaman dimalam hari, juga dari angin kencang maka perlu dibuat dinding yang mengelilingi kandang dengan celah udara di setiap antar dinding agar pertukaran udara lancar. Di bagian depan kandang dibuat jendela yang cukup agar kepala kambing mudah menjangkau, keluar – masuk untuk makan dan minum. Sedangkan pintu untuk keluar masuk kandang terletak di belakang yang dibawahnya dibuat tangga, jika kandang dibuat tinggi lebih dari 1m dari tanah.
  1. Rak Tempat pakan dan minum.Sebaiknya diletakan ditempat yang tidak terkena tempias hujan, atau sinar matahari langsung. Ukurannya bisa disesuaikan dengan kondisi kandang dan jenis pakan. Sebagai patokan bisa dibuat tempat pakan dengan ukuran lebar bagian dasar 25 cm, bagian atas 35-40 cm, dengan kedalaman 50 cm.

 

  1. Penting agar atap bebas dari bocor. Untuk daerah yang berhawa panas sebaiknya menggunakan atap yang bersifat dingin seperti daun lalang, rumbia, daun pandan, sirap, ijuk, dll.

 

Kambing termasuk jenis ternak ruminansia / memamah biak yang berperut ganda. Karena itu makanan kambing adalah rumput / tanaman hijau. Namun demikian kambing juga dapat memakan rumput yang sudah kering, dan berbagai limbah pertanian seperti ; dedak, kulit kedelai, bekatul, dan jerami padi. Oleh karena itu kambing dapat adaptif di tempat yang sangat kering dan gersang, seperti di gurun.

Ada beberapa jenis tanaman yang sudah familiar sebagai pakan kambing yang baik, antara lain ;

  • Rumput ; kalanjono, benta, benggala, krokot, teki, dan hampir semua rumput yang tumbuh di areal perkebunan, tanggul dll.
  • Kacang – kacangan ; lamtoro/ selong baik daun maupun buahnya, turi daun dan buahnya, kacang tanah baik batang, daun, maupun buahnya, kacang panjang semua bagiannya.
  • Rambanan / daun pepohonan ; waru, daun ketela pohon, daun pisang, dan nangka.

Seekor kambing biasanya membutuhkan 6 kg hijauan / ekor. Jika menggunakan rumput kering perlu ditambah  konsentrat sekitar 10-20 % yang terdiri dari dedak, bungkil, dan mineral. Kambing yang sedang menyusui memerlukan konsentrat.

Munculnya penyakit dapat dicegah melalui ;

  • Menjaga kebersihan kandang. Hindari kondisi lembab dan basah. Usahakan sinar matahari pagi dapat masuk kedalam kandang.
  • Siapkan makanan dalam jumlah dan kwalitas yang cukup.
  • Ketika akan memasukan ternak baru, pastikan ternak tsb sehat.
  • Karantinakan ternak yang dicurigai sakit.
  • Obati segera luka, atau gejala penyakit yang timbul secepat mungkin.

Penyakit yang sering menyerang kambing adalah ;

  • Erithym cotagiosa (orf). Penyakit yang disebabkan oleh virus dengan tanda – tanda luka dibagian bibir kambing. Penyakit ini cepat sekali menular. Pencegahannya dengan cara dioles ; yodium tincture, obat merah, bethadine, kalpanax, kunyit, lengkuas. Pilih salah satu. Yang mana tersedia.
  • Scabies / kurap. Penyakit ini disebabkan oleh parasite dengan tanda-tanda timbulnya bintil atau totol warna merah pada kulit. Kalau diraba seakan kulit lebih tebal. Kulit bersisik dan keropak. Nafsu makan menurun, ternak jadi kurus dan dapat menyebabkan kematian ternak. Pencegahan penyakit ini menggunakan serbuk belerang, kunyit dan minyak kelapa. Jika dengan obat paten menggunakan
  • Penyakit cacing.Disebabkan karena adanya infeksi cacing parasite seperti ; cacing ascaridia gali. Gejalanya; badan kurus tak bisa gemuk, lesu, lemah, selaput mata pucat, perut buncit, bulu kusut, kepala menunduk. Pengobatan menggunakan antibioticdanpiperazine.
  • Pneumonia ;Penyakit pernapasan. Pencegahan yaitu dengan senantiasa menjaga kebersihan kandang, terutama lantai dan tanah bawah lantai. Untuk itu kotoran kambing sebaiknya setiap hari dipindahkan ditempat lain ke tempat khusus untuk pengolahan pupuk kandang, lalu di kantongkan atau dikemas.
  • Bloat ;Penyakit yang diakibatkan karena kambing sering diberi pakan rumput yang masih basah. Tanda-tandanya ; perut disebelah kiri gembung, punggung membungkuk, pernafasan meningkat cepat / kerap. Pencegahan dilakukan dengan menekan perut kambing untuk mengeluarkan gas dalam perut, atau bisa juga di minumkan arang aktif ‘’Norit’’.

 

Pemeliharaan Pejantan.

Untuk memperoleh pejantan tangguh dalam hal melayani betina, maka ;

  1. Buatkan bilik khusus pejantan diantara betina.
  2. Beri waktu untuk berolah raga dengan dikeluarkan dari dalam kandang.
  3. Bersihkan badannya untuk menjaga penyakit, atau kutu.
  4. Kandang sebersih mungkin.
  5. Umur ideal untuk menjadi pejantan tangguh adalah diatas 2 tahun.
  6. Pastikan dalam setahun hanya melayani 25-50 ekor betina. Jangan lebih.

Pemeliharaan Betina indukan.

Indukan memerlukan perhatian lebih terutama ketika bunting tua. Antara lain ;

  1. Pakan harus cukup sesuai kebutuhan gizi dan berkwalitas.
  2. Menjelang saat kelahiran, harus dimasukkan kedalam bilik khusus agar tidak di ganggu ternak yang lain. Sampa masa kelahiran dan menyusui cempe ditahap awal.
  3. Lantai kandang sebaiknya diberi kasur jerami.

Bila induk mendekati masa kelahiran maka dapat diprediksi melalui tanda ;

– Putting jika diperah akan keluar cairan putih.

– Gelisah dan suka mencakar – cakar tanah.

– Suka mengembik.

– Dari vulva keluar lendir yang bening.

Pengembang Biakan Ternak Kambing

Pengembang Biakan Ternak Kambing
jualansapi.com

Untuk memperoleh hasil yang optimal perlu adanya pengetahuan tentang ;

  1. Masa pubertas : kambing sebaiknya dipacek bilamana umur sudah 1 tahun. Baik jantan atau betina. Umur 5-6 adalah masa tua kambing dimana kemampuan bereproduksi mulai menurun.
  2. Masa berahi : pemacekan bagi seekor kambing betina hanya bisa terjadi saat masa betina sedang berahi, dengan tanda – tanda sbb ;
  • Diam bila dinaiki pejantan.
  • Gelisah, nafsu makan menurun, dan selalu mengembik.
  • Vulva membengkak, dan mengeluarkan
  • Masa berahi hanya berlangsung selama 24-36 jam.
  • Pemacekan dapat melalui tehnik IB.
  • Masa bunting kambing selama 145 hari (21 pekan).

Demikian uraian ini semoga bermanfaat dan dapat menjadi panduan dasar untuk berternak Kambing. Uraian pengetahuan dan cara – cara diatas dapat pula diterapkan pada ternak  domba. (MS)

Pencarian Terbaru:

  • cara pelihara kambing di daerah dingin
  • apakah arang 1 mengurus sapi dan kambing tidak cocok
  • efek daun basah buat kambing dan antisipasi
  • efek kambing kacang indukan makan bekatul
  • Kegunaan nasi buat kambing
  • mengapa cempe menunduk dan susah mengembik