6 Manfaat Buah Naga Putih Yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat Buah Naga Putih
www.mamansoleman.net

Buah naga atau yang dikenal dengan nama latin Hylocereus polyrhizus adalah buah dari tanaman berjenis kaktus yang habitat aslinya di daerah Amerika Selatan dan juga Meksiko dan dikenal dengan nama Pitahayaatau Pitaya roja.

Karena masih termasuk ke dalam jenis kaktus, tanaman buah naga tetap dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki jumlah kandungan air tanah minim. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah-daerah yang memiliki iklim baik tropis maupun subtropis.

Di Indonesia sendiri, tanaman buah naga baru mulai terkenal di awal tahun 2000-an. Karena iklim di Indonesia yang tropis, tanaman ini mulai banyak dibudidayakan.

Tanaman buah naga memiliki berbagai ciri khas, yaitu: memiliki kulit bersisik menyerupai kulit naga, tanamannya berbentuk seperti kaktus dan berduri. Jenis buah dari tanaman buah naga sendiri terdapat beberapa jenis, yaitu: buah naga dengan daging buah berwarna merah, buah naga dengan daging buah berwarna ungu, dan daging buah berwarna putih.

Kandungan yang terdapat di dalam buah naga memiliki banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga putihbagi kesehatan:

  1. Mereduksi gula darah

Khasiat atau manfaat dari buah naga putih salah satunya adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh karena kaya akan kandungan vitamin B3 di dalamnya.

Dengan mengkonsumsi buah naga putih akan menghindarkan anda dari kemungkinan terkena penyakit diabetes.

  1. Kaya antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga, bagi anda yang sering bekerja di luar ruangan dan terkena paparan baik itu polusi, atau sinar matahari langsung bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah naga putih.

Sinar matahari dan polusi adalah salah satu penyebab terjadinya radikal bebas yang nanti dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker.

Antioksidan juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, sehingga bagi para kaum hawa jika mengonsumsinya dapat membuat anda tetap terlihat awet muda.

  1. Bermanfaat bagi ibu hamil

Saat mengandung, ibu hamil sangat rentan terhadap penyakit anemia. Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah ini dapat menyebabkan tubuh ibu hamil terasa lemas, dan tentunya akan memberikan dampak kepada janinnya. Kekurangan sel darah merah atau anemia bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah naga putih.

  1. Sebagai penjaga kesehatan tulang

Hasil penelitian menemukan bahwa ternyata buah naga putih ini memiliki khasiat yang mampu menjaga kesehatan tulang. Hal ini disebabkan kandungan fosfor yang ada di dalam buah naga putih ini cukup tinggi. Fosfor sangat baik dalam hal menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca Juga:

Khasiat Buah Naga Untuk Bayi

Inilah 33 Keajaiban Manfaat Buah Naga

  1. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang menjalankan diet. Buah naga putih ini sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti asupan nutrisi untuk anda.

Disamping memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, buah naga putih juga kaya akan serat. Dengan terpenuhinya tubuh akan serat dan karbohidrat yang banyak, maka akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama ketika mengkonsumsi buah naga putih ini.

  1. Mampu mencegah penyakit jantung

Penelitian mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat akan dapat memperkecil risiko untuk terkena penyakit jantung. Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga putih ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung. Serat dari buah naga putih memiliki fungsi yang mampu untuk mencegah inflamasi, dan juga dapat menurunkan tekanan darah.