Manfaat Karbon Aktif Dan Cara Membuatnya

Manfaat Karbon Aktif Dan Cara Membuatnya
www.nicofilter.co.id

Karbon adalah salah satu materi terbanyak  yang ada dialam sekaligus penyusun utama pada benda. itulah sebabnya  akhir dari setiap proses pembakaran  hasilnya adalah arang (karbon). Karbon memiliki daya hisap tinggi terhadap cairan dan bisa menyerap racun /toxic, juga dapat menetralkan sifat asam.

Ada jenis karbon dengan daya hisap super daripada karbon biasa, dia adalah karbon aktif. Kini karbon aktif dijual bebas ditoko – toko obat  & apotek dengan nama ‘’NORIT’’ atau ‘’Carbo tablet’’. tablet ini berguna untuk membersihkan racun yang ada pada organ pencernaan kita dengan cara diminum. selain itu bisa juga sebagai obat luar seperti borok / infeksi yang bernanah, ataupun luka yang membusuk lainya.

Arang aktif untuk obat luka infeksi yang bernanah

Caranya, carbo tablet ditumbuk halus diberi sedikit air agar menjadi pasta, tempelkan pada borok tadi  lalu ikat dengan perban, tiap 24 jam gantilah dengan yang baru, juga perbannya, maka karbon aktif akan bekerja dengan menyerap nanah sekaligus menetralisir racun infektan tersebut  dan lukapun sembuh biiznillah.

Resep ini berdasarkan pada pengalaman Penulis sekitar tahun 1991an. Ketika  dua orang keluarganya mengalami luka parah dalam waktu yang berbeda berselang sekitar setengah bulan, yang satu akibat ke gerek tambang sampai daging kelingkingnya lepas, dan yang lain kena arit sampai ujung jari tengahnya putus. lalu beberapa hari kemudian setelah kejadian keduanya infeksi disertai demam tinggi.

Beruntung salah seorang tetangga yang baru datang dari Cirebon Jawa barat kami memanggilnya MasNur (PPL di BPP Nangapinoh) menyarankan pengobatan dengan karbon aktif  dengan cara diatas. Alhamdulillah terapi tersebut ternyata manjur, sehingga terhindar dari amputasi & sangat murah tentunya.

Selain fungsi diatas apa saja sih kegunaan dari karbon aktif ?

  • Dalam dunia tambang modern khususnya Gold minning arang aktif digunakan untuk menyerap kadar emas ,sangat efisien sehingga hampir tak ada logam yang lolos sampai level mikro gram.
  • Sebagai agen penjernih air yang keruh. Kita bisa berkreasi sendiri membuat alat penjernih air sederhana dengan bahan yang ada sekitar kita, yaitu dengan menggunakan tong air yang dibagian bawahnya dibuat lubang-lubang kecil dengan paku, lalu diisi bahan penyaring berlapis terdiri dari, lapisan teratas secara berurutan  ; batu kerikil, ijuk, pasir, arang biasa – agar optimal tentu pakai arang aktif, dan kerikil lagi sebagai lapisan terbawah.

Air keruh yang akan dijernihkan dituang dari atas, lalu air tersebut akan merembes kebawah melalui bahan-bahan penyaring tadi dengan meninggalkan zat pengotornya pada masing-masing filter, sehingga air yang menetes lewat lubang-lubang kecil tadi menjadi  lebih jernih.

  • Salah satu produk kosmetik dan shampo ada yang menggunakan karbon aktif sebagai agen penyerap minyak  dan kotoran dikulit wajah juga kulit kepala, sehingga mengurangi kadar kulit berminyak. Debu dan kotoran yang menempel di pori – pori kulit diserap seketika dengan mudah, karena daya  absorsi karbon aktif  yang kuat, aman dan bersifat non toxic.

Bahan dan Cara Membuat Arang Aktif

Ternyata tidak sulit membuat arang aktif. Bahannya juga banyak disekitar kita ; Batok kelapa, Kayu, Bambu dll. Tapi bahan terbaik untuk membuat arang aktif adalah batok kelapa, berikutnya semua jenis kayu yang keras.

Intinya adalah bahan tersebut direaksikan dengan suhu sangat tinggi tanpa oksigen, sampai berubah menjadi arang (berwarna hitam pekat dan sangat ringan).

By The Theori, Bahan – bahan yang terpapar suhu sangat tinggi tanpa oksigen akan menjadi arang dengan pori – pori mikro sangat banyak, jauh lebih banyaak daripada arang yang dibakar secara konvensional. Itulah sebabnya arang aktif jauh lebih kuat dan besar daya hisapnya.

Silahkan alat dan tehniknya bereksperimen sendiri. Jangan lupa innovasi tiada henti guna menemukan tehnik atau shortcut baru yang lebih efisien.

Tetapi jika ternyata otak anda lagi mampet, sile coba cara dibawah ini . Seperti yang pernah ditayangkan oleh DAAI tv dalam acara yang berjudul “ASISTEN PROFESOR CILIK” (kAlo gAK salah coy).  Sebagai bahan experiment kita siapkan, Sebagai berikut;

  • Bahan kita pakai bekas tusuk sate dari bambu, atau kayu apa saja.
  • Bambu tadi kita bungkus / gulung serapat mungkin dengan Aluminium foil (Jawa=Grenjeng).
  • Siapkan bejana untuk Masukan pasir kedalam bejana tersebut, taruh bambu tadi diatasnya, urug dengan pasir lagi sampai tak terlihat, pastikan tidak ada ruang buat oksigen, tutup bejananya , lalu…
  • Nyalakan api dibawahnya seperti orang menanak nasi .Silahkan catat waktu dari proses pemanasan ini untuk pengetahuan.

Setelah beberapa lama gulungan tadi dibuka, ternyata tusuk sate sudah hitam legam dan sangat ringan .  ‘’Berarti anda  telah berhasil Juragan !’’. selamat mencoba.

Pencarian Terbaru:

  • arang aktif alami di apotik