Menantang, Tips Jitu Bikin Libur Naik Bus Tetap Nyaman

Sayang banget jika libur yang cukup panjang tahun ini hanya dihabiskan di rumah. Ini merupakan kesempatan langka untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang selama ini ada dalam bucket list-mu. Nggak harus ke luar negeri, kok, cukup mengandalkan tiket bus ke beberapa daerah bisa jadi pengisi liburan yang seru.

Supaya tetap merasa nyaman menghabiskan waktu yang cukup lama di dalam bus, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti berikut ini.

Berkemas dengan Cerdas

Berkemas dengan Cerdas
foto:KonMari Way

Bepergian dengan kereta atau pesawat terbang memungkinkanmu membawa barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak. Tapi berbeda jika kamu memutuskan pergi dengan tiket bus di tangan. Ada baiknya membawa barang-barang penting seperti dompet, ponsel, powerbank, obat-obatan, makanan, dan minuman dalam tas kecil yang bisa terus dibawa.

Perlu diingat untuk nggak membawa barang-barang dalam jumlah berlebihan. Walau nggak ada batasan maksimal, sebaiknya batasi membawa tas besar yang bikin tempat makin sesak dan kamu sendiri kerepotan membawa tas-tas berat tersebut ke mana-mana.

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Kenakan Pakaian yang Nyaman
foto:cirebon.co

foto:cirebon.co

Naik bus ada risiko menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan. Biar tetap nyaman, kenakan kaus dan celana yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Jangan lupa siapkan baju hangat seperti jaket, cardigan, atau sweater yang dapat menjaga tubuh tetap hangat saat terkena AC di malam hari.

Bawa Bekal yang Cukup

Bawa Bekal yang Cukup
foto:tupperware.brightstars.co.id

Bus terkadang berhenti untuk rehat sejenak untuk makan dan minum di rumah makan prasmanan. Daripada kelaparan dan kehausan di tengah jalan, jangan lupa membawa bekal yang cukup. Pilih camilan yang bisa menunda rasa lapar, seperti roti, biskuit, buah-buahan segar, serta air minum agar terhindar dari dehidrasi.

Menghalau Bosan

Menghalau Bosan
foto:pc-os.org

Perjalanan yang cukup panjang berisiko membuatmu mudah bosan. Selain dapat menikmati pemandangan sepanjang jalan, bekali diri dengan membawa buku untuk mengisi waktu luang. Begitu juga gadget dan earphone yang dapat dimanfaatkan untuk mendengarkan musik, menonton film, atau sekadar chat untuk menghibur diri. Jangan lupa membawa powerbankdan charger untuk menjaga daya ponsel.

Pilih Tempat Duduk yang Nyaman

Pilih Tempat Duduk yang Nyaman
sumber:transbandung.com

Buat yang mudah mengalami mabuk perjalanan hindari memilih tempat duduk di area paling belakang atau berada tepat di atas roda bus. Getaran berlebihan ini tidak hanya membuatmu merasa kurang nyaman, tapi juga mudah pusing apalagi kalau sampai berjam-jam. Agar dapat memilih bangku yang diinginkan, pesan tiket bus jauh-jauh hari untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Booking Tiket BusVia Online

Booking Tiket Bus Via Online

Bukan hanya tiket pesawat dan kereta api saja yang bisa dipesan online, tapi juga tiket bus. Kini nggak perlu repot-repot datang ke terminal atau agen bus, manfaatkan Traveloka untuk memesan dan membayar tiket dengan mudah, hanya dari rumah.

Selain dapat membeli tiket bus kapan dan di mana saja, temukan jadwal keberangkatan dan kedatangan bus, rute, hingga fasilitas yang bikin traveling terasa makin nyaman. Yuk, berpetualang isi liburan kali ini, mau ke mana?