Pabrik Tahu, Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Sejarah Singkat Tahu. Tahu-kah anda tentang tahu ?. Panganan Tahu berasal dari Negeri Tiongkok. Menurut catatan Wikipedia penemunya bernama Liu An salah satu cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang Pendiri Trah dynasty Han, sekitar tahun 164 SM, atau kurang lebih 2.200 tahun yang lalu. Tahu di Negara Tirai bambu merupakan serapan dari kata ‘’Tauhu’’ dalam dialek  Hokian (Hanzi: hanyu piyin : doufu), yang memiliki arti peragian kedele. Panganan dari susu kedele ini lalu menyebar ke Jepang, Korea dan sejumlah Negara Asia yang masih memiliki kemiripan Budaya, termasuk ke Asia tenggara include Nusantara. Secara internasional panganan ini popular dengan sebutan Tofu. Dari semua jenis tofu maka tofu Jepang yang paling beragam dan paling terkenal. Jadi tahu termasuk jenis panganan purba-kala yang terus pupuler  sepanjang jaman.

Manfaat Mengkonsumsi Tahu

Manfaat mngkonsumsi tahu
www.vemale.com

Sebagaimana kedele adalah jenis polong-polongan yang mengandung gizi dan protein tinggi, maka tahu atau tofu memiliki manfaat yang kurang lebih sama dengan bahan utamanya. Bedanya karena tahu telah melalui proses pengolahan yang panjang, seperti penggilingan sangat halus, perebusan, dan peragian alami, sehingga zat gizi yang terkandung didalamnya mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.

Panganan ini tidak hanya lezat, tetapi  juga memiliki khasiat yang baik buat kesehatan, antara lain ; membantu menyehatkan darah dan  jantung  karena tahu termasuk panganan rendah kolesterol, mencegah kanker , juga mencegah sembelit karena tahu kaya serat, dan di yakini dapat menjaga kulit tetap cantik. Makanya Wanita  Jepang dan Korea selalu nampak awet muda dari usia sebenarnya, salah satunya karena mereka gemar makan tofu. Maka dari itu setelah anda tahu khasiat tahu, makanlah tahu.

Prospek dan Kendala Bisnis Tahu

Prospek dan Kendala Bisnis Tahu
health.liputan6.com

Prospek. Bisa dibilang Tahu adalah produk yang gak ada matinya. Pangsa pasarnya senantiasa terbuka lebar. Harganya juga sangat terjangkau paling sebuah cuma gope. Semua kalangan doyan dengan menu tahu baik yang digoreng langsung atau yang dibuat lauk pauk. Ibu rumah tangga, Warung, Rumah makan, restoran juga perlu tahu untuk sediaan menu. Pedagang bakso, pedagang somay, pedagang tahu plethok, dan tahu gejrot pasti perlu tahu. Pedagang gorengan juga perlu tahu sebagai variasi menu gorengannya.

Kalau kita amati presentasi pengusaha tahu yang gulung tikar sangat kecil. Walau negeri kita sering dilanda krismon, bahkan sampai hari ini.  Namun usaha tahu termasuk yang tahan gempuran. Hal ini karena serapan pasar akan produk tahu cukup besar. bahkan dengan makin beragamnya produk olahan tahu membuat permintaan tahu semakin naik.

Kendala dari usaha ini adalah karena kedele sebagai bahan baku utama masih impor, terutama impor dari Amerika serikat sehingga nilai fluktuasi Rupiah terhadap dollar sangat mempengaruhi harga kedele Nasional. Makanya komoditas tanaman kedele ini harus dikembangkan terus -menerus agar mencapai swasembada kedele.

Cara Membuat Tahu

cara membuat tahu
health.liputan6.com

Cara membuat tahu baik skala kecil ataupun pabrik  tehniknya tidaklah  berbeda. Yang berbeda hanya pada perabot dan kapasitas nya saja. Misal, Jika skala rumahan menggunakan panci biasa, maka skala pabrik menggunakan panci khusus berukuran jumbo. Jika skala rumahan menggunakan blender, atau dynamo biasa, maka skala pabrik menggunakan dynamo besar. dst.

Peralatan :

  1. Panci, ember, pasu, gayung, kayu pengaduk, dan baskom. Dianjurkan semua perabot dari bahan anti karat. Ukuran sesuai skala usaha.
  2. Alat penggiling kedele. Blender, dinamo / mesin penggiling sesuai dengan skala usaha atau ketersediaan alat. Secara tradisional menggunakan sepasang cobek batu besar dengan cara diputar, namun cara ini  menguras tenaga dan waktu, sangat tidak efisien dan tidak higienis, karena pekerja  bercucuran keringat.
  3. Tutup Pengepres dan cetakan tahu berbentuk persegi panjang terbuat dari kayu.
  4. kain blacu / serbet, atau mori, dan saringan.
  5. Kompor atau tungku jika menggunakan kayu bakar.
  6. Drum uap panas / loko drum. Cara alternative perebusan dengan menggunakan drum utuh yang diisi dengan air bersih setengah dari kapasitas drum atau tergantung waktu lamanya kegunaan, lalu drum itu dibaringkan diatas tungku dengan api dan bara yang besar (mirip cara kerja lokomotif). Berikutnya setelah air dalam drum mendidih uap panasnya disalurkan menggunakan pipa besi dan  selang fleksible untuk merebus kedele dalam panci yang diisi air, selang yang menyemburkan uap panas itu langsung di cocolkan kedalam panci atau wadah dimana kedele akan direbus dan tutuplah sebagaimana biasa. sehingga panci  tsb tetap bersih karena tidak tersentuh api dan tidak hitam legam akibat jelaga dari tungku. Cara ini bagus dan cocok untuk usaha skala menengah, apalagi ditempat yang mudah akan ketersediaan kayu bakar.

Bahan :

  1. Kedeledengan kwalitas bagus yaitu, bulirnya besar dan utuh tidak dimakan ulat.
  2. Air jernih bebas kaporit. Jika ditempat anda hanya tersedia air dari PDAM yang mengandung kadar kaporit tinggi, maka sebaiknya air tsb diendapkan dalam wadah minimal semalam agar kotorannya mengendap kebawah, dan bau kaporitnya berkurang karena menguap keudara.
  3. Cuka atau biang. Sebagai agen koagulan atau penggumpal setelah kedele berupa susu.
  4. Bahan pewarna alami biasanya berwarna kuning dengan menggunakan kunyit (jika ingin),
  5. Garam dapur untuk memberi rasa sedikit asin (jika ingin).

Sebagai contoh. Rendam 1 kg kedele dengan air bersih bebas kaporit selama 1 malam. Kemudian cuci dengan diremas-remas hingga pecah, lebih bagus jika dibilasan akhir  dengan air yang mengalir agar segala kuman dan kotoran hilang. Setelah itu masukan ke dalam blender atau food prosesor  dengan air sampai benar-benar menjadi sangat halus, atau  menjadi susu kedele mentah.

Kemudian susu kedele mentah itu dimasukkan  kedalam panci dan direbus hingga mendidih dan nampak busanya yang putih. Secara bertahap mulai masukkan air dingin / mentah sedikit-sedikit saat busanya mulai keluar dan secara bertahap api dikecilkan, demikian berulang kali setiap ada busa masukkan air dingin. Setelah busanya hilang berarti proses perebusan selesai. Tetapi panci jangan dulu diangkat biarkan ia diatas tungku dengan bara atau kompor dengan api kecil selama 20 menit. Setelah 20 menit matikan kompor atau diangkat dari tungku dan biarkan ia dingin.

Setelah adonan kedele dingin masukkan kedalam saringan, biasanya saringan terbuat dari kain mori putih yang digantung dengan tali seperti gembolan, lalu gembolan itu diputar atau dipelintir untuk menghasilkan tenaga peras yang kuat sambil ditekan dengan kedua telapak tangan. Hasil perasan yang merembes keluar dari kain itu adalah susu kedele masak, atau susu kedele, atau air tahu. Air tahu ditampung dalam wadah.

Dan ampas nya bisa diolah menjadi tempe gembus (bongkrek) yang lezat dan juga bergizi, bongkrek di  Jepang dinamai  ‘’Okara’’. Ternyata orang Jepang juga hobi makan bongkrek lho..menurut penelitian di sana, kandungan protein  bongkrek sama dengan tahu, sedangkan seratnya sudah pasti jauh diatas tahu, sehingga bongkrek bagus buat pencernaan dan mengobati sembelit. Kalau Orang betawi ampas tahu dibuat oncom ya kurang lebih okara itu, hanya oncom warna jamurnya merah, sedangkan tempe gembus warna kapangnya putih.

Nah, susu kedele hasil penyaringan tadi dimasukan kembali kedalam panci untuk direbus dengan api sedang tetapi jangan sampai mendidih. Lalu angkat dari perapian, setelah itu campurkan 100 ml cuka makan dan aduk supaya larutan cuka  merata sempurna. Diamkan susu kedele yang telah diberi cuka selama 30 menit. Dengan sendirinya susu kedele akan mulai menggumpal menjadi tahu muda dan air. Saring tahu muda dengan dengan kain mori tipis sehingga airnya keluar, Selanjutnya siapkan box cetakan tahu, susun tahu muda bersama dengan kain tadi kedalam cetakan, lalu cetakan itu  ditutup dengan diberi pemberat agar airnya keluar semua. Biarkan selama 15-20 menit. Dan proses pembuatan tahu pun selesai.

Langkah selanjut tinggal dipotong-potong menjadi kotak sesuai ukuran pasar. Jika ingin tahunya berwarna kuning dan ada rasa sedikit asin tinggal direndam dalam larutan kunyit dan diberi garam dapur. Tetapi dibiarkan apa adanya juga gak papa. Jika ingin dibuat tahu kulit maka tinggal digoreng sampai berwarna coklat, lalu direndam dengan air hangat yang diberi garam. Atau digoreng saja seperti tahu Sumedang juga gurih banget. Yang penting jangan berbuat curang dengan di campur formalin atau borax, karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Dan anda bisa  berurusan dengan pihak yang berwajib. Kedepannya produk anda akan kena blacklist oleh masyarakat, maka habislah riwayat bisnis anda.

Aneka Jenis Tahu Dan Menu Tahu Yang Sudah Sangat Merakyat

aneka jenis tahu
www.kuliner123.com

Boleh dibilang tahu sudah menjadi menu keseharian yang tak terpisahkan dari meja makan kita. Begitu banyak di masing-masing daerah memiliki menu olahan khas dari tahu yang beraneka ragam yang semuanya enak dan maknyus. Di Jawa-Barat ada kota yang identik dengan tahu, yakni Kota Sumedang. Dewasa ini tahu Sumedang sudah menjelajah diberbagai kota di Indonesia, sehingga tidak sulit untuk mendapatkan menu khas Sumedang-larang ini. Dan tak perlu harus datang ke Sumedang.

Dibawah ini ada beberapa submenu dari tahu yang sudah menjadi menu rakyat, seperti :

Bacem tahu, tahu yang dimasak dengan cara dibacem.

Tahu pecak, tahu kulit yang dipecak menggunakan sambel kecap dengan bawang merah mentah dan cabai mentah, dengan diberi  sedikit sekali garam.

Tahu kerupuk, tahu yang diiris tipis-tipis kemudian  digoreng sampai renyah seperti kerupuk.

Tahu plethok, tahu goreng tipis dengan aci ( tepung tapioca ) dan rasanya renyah gurih.

Tahu aci, tahu goreng bersama aci yang dipotong diagonal dan rasanya gurih

Tahu campur,  makanan yang terbuat dari tahu goreng, sayuran, mi, kikil yang berbumbu petis dan berkuah.

Tahu gunting,  makanan yang terbuat dari tahu goreng, ketupat, bihun, dan kerupuk yang dibubuhi bumbu kacang yang berkecap, tahunya dipotong-potong dengan menggunakan gunting.

Tahu isi, tahu yang diisi, biasanya dengan wortel, taoge, kol, dan diberi bumbu.

Tahu kupat, makanan yang terbuat dari tahu goreng, ketupat, dan taoge, diberi kuah berbumbu bawang putih, cabai, gula merah, cuka, rasanya masam-masam manis.

Tahu petis, tahu goreng yang dimakan dengan sambal petis.

Tahu pong,  tahu goreng yang di dalamnya berongga, berbentuk segi empat.

Tahu sumedang,  tahu yang berasal dari Sumedang, apabila digoreng, terdapat rongga-rongga kecil  di dalamnya, rasanya gurih.

Tahu takwa tahu yang padat dan gurih, berbentuk segi empat, biasanya berwarna kuning.

Tahu cina, tahu yang agak keras, biasanya dicetak segi empat agak besar, dibungkus dengan kain kasa, rasanya lebih enak dari pada tahu biasa.

Tahu Kediri, tahu yang padat, berasal dari Kediri berbentuk segi empat, biasanya berwarna kuning atau putih.

Tahu Gejrot Cirebon, tahu ini khas sekali dengan struktur berongga dan disajikan dengaan bumbu cairan gula merah, bawang merah mentah dan cabe rawit.

Tahu aneka rasa dari Kuningan, tahu ini berstruktur empuk, lembut dan gurih serta tersedia dalam berbagai rasa pilihan.

Dari semua jenis tahu, anda suka yang mana ? sah-sah saja kok !  yang pasti semua punya ciri khas dan kelezatan masing-masing.

Hal-Hal  Teknis Dalam Mendirikan Pabrik Tahu

pabrik tahu

  1. Survey lokasi yang tepat dan prospek pemasaran. Salah satunya adalah mudah mendapatkan bahan baku dalam jumlah yang cukup. Untuk itu perlu bekerjasama dengan petani lokal guna mensuplai bahan baku. Dan untuk pemasaran bisa menjalin kerjasama dengan pedagang sayur keliling atau lapak, atau pedagang tahu keliling.
  2. Merencanakan usaha, termasuk modal. Tak dipungkiri modal adalah Raja. Modal bisa dari kocek pribadi, atau kongsi. Atau dengan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan seperti koperasi dan Bank.
  3. Mengurus perizinan usaha. Ada hirarki untuk pengurusan izin, yaitu dari tingkat bawah hingga ketingkat atas tidak main jumper atau tembak. Dengan demikian aparat terkecil disekitar tempat usaha tidak kaget, karena sebelumnya sudah izin.
  4. Menyiapkan SDM atau tenaga yang handal dalam mengolah tahu. SDM yang handal sangat penting jika ingin produk anda mampu bersaing dipasaran. Kita sering merasakan ada tahu yang enak dan ada tahu yang kurang enak. Bahan dan tehnik mengolah sangat menentukan rasa dan kwalitas dari produk.
  5. Menjaga kebersihan pabrik dan lingkungan sekitar dari cemaran limbah.
  6. Ada respek dan tanggung jawab social dengan masyarakat sekitar (Corporat Sosial Responsibility).

Bill gate Rajanya Microsoft pernah bilang ; ‘’Perusahaan yang hanya menghasilkan uang adalah perusahaan yang jelek’’. Semua orang usaha ingin untung, tetapi bukan berarti menghilangkan sifat socialnya, karena keuntungan tak hanya soal materi tetapi ada keuntungan lain yang tak kalah penting yakni simpati warga dan nama baik.

Tehnik Penangan Limbah Tahu

Salah satu permasalahan dalam usaha tahu terutama untuk skala menengah keatas adalah buangan limbah dalam jumlah besar terutama limbah cair. yang mana limbah ini sangat mengganggu lingkungan karena menebarkan bau yang sangat menyengat. Apalagi kebanyakanpabrik tahu hanya membuang limbahnya melalui got, dan got tersebut mengalir kesungai, sehingga sungai menjadi tercemar dan mati.

Padahal jika dengan cara bijak limbah cair tersebut bisa diolah tanpa alat yang ribet menjadi biogas. Atau bisa dijadikan pupuk tanaman secara langsung, atau melalui fermentasi, apalagi saat ini banyak beredar dipasaran berbagai macam jenis bibit bakteri untuk pembuatan pupuk cair atau kompos. Keuntungan menggunakan bio fermentasi adalah bau akan menjadi netral atau bahkan wangi seperti caramel. Jika cara bijak diterapkan maka Warga sekitar bebas dari ancaman limbah yang menyebabkan penyakit. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana limbah justru berdaya guna, punya nilai tambah, dan tidak menjadi sumber keluhan warga.

Jika limbah padat dari industry tahu yaitu ampas tahu, maka laris manis karena bisa diolah menjadi ; okara, oncom, perkedel, amprut dan kecap. Atau menjadi pakan konsentrat ternak yang bermutu tinggi

Pencarian Terbaru:

  • cara membuat tahu di pabrik
  • cara membuat tahu sumedang skala pabrik
  • tungku pabrik tahu bahan bakar merang
  • pabrik tahu slili
  • Pabrik tahu
  • modal untuk membuat tahu rumahan
  • membuat pabrik tahu
  • gambar rancangan pabrik tahu
  • gambar pabrik tahu
  • cara membuat pabrik tahu