5 Macam Permainan Anak Tradisional Indonesia yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Teknologi tak terbantahkan dapat membantu mempermudah manusia dalam berbagai hal. Dalam satu gadget saja, Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi sesuai kebutuhan. Tak terkecuali dalam hal hiburan. Anda bisa memilih game-game kesukaan Anda. Teknologi yang berkembang pesat tak hanya milik orang dewasa saja, anak-anak pun tak kalah jago menggunakannya. Permainan-permainan tradisional yang dulu selalu dimainkan dengan teman sebaya, kini mulai ditinggalkan. Anak-anak banyak yang memilih untuk bermain game-game console maupun game-game online pada gadget/PC.

Namun di Indonesia tak semuanya juga bermain game-game di gadgetnya kok, masih ada juga anak-anak yang bermain permainan tradisional. Permainan tradisional ini banyak manfaatnya loh. Selain bisa melatih sosial anak, permainan tradisional juga dapat melatih ketangkasan maupun motorik anak. Lalu permainan tradisional anak Indonesia apa saja sih yang masih eksis hingga sekarang? Simak ulasannya berikut ini:

Permainan Anak Tradisional

1. Petak Umpet

permainan petak umpet
peringatandini.com

Permainan tradisional yang masih eksis hingga sekarang salah satunya adalah petak umpet atau dalam bahasa Inggris hide and seek. Petak umpet ini cukup seru dilakukan oleh banyak orang. Cara bermainnya pun mudah, awalnya tentukan dulu siapa yang menjadi “kucing”. Kucing inilah yang nantinya bertugas sebagai orang yang mencari dan menemukan teman-teman yang bersembunyi. Penentuan kucing bisa dilakukan dengan hompimpah, ciripit, ataupun cara lainnya.

Setelah ditentukan, orang yang menjadi kucing harus menutup mata menghadap tembok atau pohon yang telah disepakati sebagai patokan. Saat kucing menutup mata, ia pun mulai menghitung waktu yang sudah disetujui dari awal, sementara anak-anak lainnya harus bersembunyi agar sebisa mungkin tidak ditemukan oleh kucing. Selanjutnya jika kucing sudah selesai menghitung, kucing harus mencari anak-anak yang bersembunyi tadi. Apabila kucing menemukan salah satu anak, kucing harus segera berlari menuju tembok/pohon yang menjadi patokan tadi dan menyentuhnya lebih awal dari anak yang ditemukan tadi. Jika kucing dapat menyentuh tempat patokan lebih awal maka yang menjadi kucing selanjutnya adalah anak yang ditemukan tadi. Begitu pula sebaliknya, jika ada anak yang bersembunyi lebih dulu menyentuh tempat patokan, maka selanjutnya kucing harus jaga kembali.

2. Lompat Tali

permainan lompat tali
wisdomindonesia.wordpress.com

Permainan lompat tali ini cukup populer dan masih eksis lo hingga sekarang. Meski kebanyakan yang memainkan lompat tali adalah anak perempuan, tapi banyak juga kok anak laki-laki yang ikut memainkan ini. Karena pada dasarnya permainan lompat tali ini cukup mudah. Minimal harus ada 3 orang yang bermain tapi sebenarnya memang semakin banyak orang, semakin seru.

Cara bermainnya adalah dua anak memegang tali di kedua sisi, kemudian seorang lainnya yang bermain terlebih dahulu. Kemudian seorang yang bermain itu harus bisa melompat di level ketinggian yang bervariasi, mulai dari ketinggian terendah sampai tertinggi. Jika pada level ketinggian tertentu anak tidak mampu melewatinya, maka ia berganti sebagai pemegang tali.

3. Kasti

permainan kasti
hiburan.dbagus.com

Kasti, ya permainan ini mirip sekali dengan softball dan sampai saat ini masih eksis. Pada dasarnya kasti dimainkan secara beregu, yakni ada 2 regu. Ada regu yang bermain atau regu pemukul dan ada regu yang berjaga atau regu lawan. Satu per satu anggota regu yang bermain, memukul bola tenis yang dilemparkan oleh regu lawan menggunakan kayu. Setelah bola terpukul, ia harus berlari menuju pos-pos dan jangan sampai terkena lemparan bola dari regu lawan. Jika terkena lemparan bola, maka regu tersebut harus berganti posisi menjadi regu yang berjaga.

4. Layang-layang

Permainan Layangan
udin-news.blogspot.com

Nah kalau permainan yang satu ini masih sering ya kita jumpai. Biasanya anak-anak bermain layang-layang saat musim kemarau tiba-tiba. Layang-layang ada bermacam-macam bentuknya, begitu pula senar atau talinya. Sebuah bentuk kepuasaan tersendiri jika akhirnya mampu menerbangkan layang-layang.

Baca Juga :

18 Jenis Permainan Tradisional Indonesia yang Pernah Populer di Jamannya

3 Permainan Tradisional Jawa Tengah

5. Engklek

Permainan Engklek
yeyeyelalalalayeyelalalala.blogspot.com

Engklek ini juga permainan tradisional yang cukup eksis hingga sekarang. Permainan engklek memang biasanya dimainkan lebih dari dua orang. Cara bermain engklek terbilang mudah. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu gambar kotak-kotak di atas tanah/semen/tali setelah itu tiap anak melemparkan gaco (potongan keramik/genteng/batu/kayu) dimulai dari kotak pertama. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah melompat ke kotak-kotak secara berurutan dan kembali mengambil gaco yang telah dilemparkan tadi. Begitu terus sampai akhirnya jika ada yang melakukan kesahan dalam melempar gaco di luar kotak ataupun engklek menyentuh garis, maka anak tersebut tidak bisa bermain selama satu putaran. Namun aturan bermain tersebut pun bisa berbeda-beda tiap daerah.

Pencarian Terbaru:

  • permainan tali paling jago wanita