Ruang Reklamasi

Setiap hal ada sisi negatif dan positifnya, itu pasti. Begitupula dengan yang namanya Ruang Reklamasi. Sudah pernah dengar kata ini sebelumnya? Jangan-jangan tidak begitu peduli dengan reklamasi karena tinggal di wilayah yang tidak ada bagian wilayahnya yang akan direklamasi? Sebenarnya sudah banyak negara-negara lain yang melakukan reklamasi di wilayahnya masing-masing. Di Indonesia sendiri juga sudah ada. Namun kebanyakan dari kita mendengar sisi negatifnya yang ditonjolkan.

Ruang Reklamasi

Kita harus maklum dengan televisi yang menonjolkan sisi negatifnya. Mengejar rating, mengejar pengiklan, ujung-ujungnya cari uang aja sih. Sebab dengan menonjolkan sisi negatifnya akan lebih banyak yang tertarik. Seperti kalimat ‘bad news is a good news’. Meskipun banyak juga yang tetap melihat reklamasi ini dari dua sisi. Sisi negatif dan positifnya. Jangan-jangan sempat diangkat isu negatifnya untuk pengalihan isu? Banyak sekali isu di Indonesia yang dialihkan  bukan? Bukan hanya kendaraan yang dialihkan, isu pun bisa beralih ke mana-mana hanya karena ada kepentingan politik di dalamnya.

Kembali lagi ngomongin soal reklamasi di Indonesia. Ruang Reklamasi penting sekali untuk diperkenalkan dengan banyak orang. Terutama orang-orang yang sebelumnya sama sekali tak memahami apa itu reklamasi. Klik saja websitenya dan bisa baca bagaimana sebenarnya reklamasi itu sendiri dijalankan. Sayang sekali jika apa yang diusahakan untuk sesuatu yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang malah disalahartikan sebagai pengrusakan alam atau mengancam banyak kehidupan di sekitar wilayah yang direklamasi.

Buka mata lebih lebar untuk melihat apa itu reklamasi sebenarnya. Bagaimana reklamasi dilakukan dan mengapa di Indonesia yang terlihat sangat negatif dan di negara lain yang sudah lama dilakukan malah memberikan manfaat bagi masyarakat? Apakah kita harus menutup mata terhadap manfaat yang bisa diberikan oleh daratan yang akan tercipta dari reklamasi ini? Hanya karena banyaknya orang yang mengangkatnya sebagai isu yang negatif. Hal yang buruk. Hal yang menakutkan. Sampai-sampai terlihat sebagai kiamat kecil.

Pahami reklamasi sebagai hal yang memiliki sisi negatif dan positif. Apabila lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya bukankah lebih baik kita sediakan ruang reklamasi itu? Reklamasi tentunya tidak dilakukan secara serampangan. Banyak perhitungan yang dilakukan demi keamanan bersama. Untuk jangka panjang. Namun jika masih merasa bahwa reklamasi sebaiknya dihentikan, segera tunjukkan alasan mengapa reklamasi seharusnya tidak dilakukan. Sehingga sebelum semuanya terlanjur atau malah mangkrak, yuk kita bantu negara kita untuk maju ke arah yang lebih baik. Demi anak cucu kita.