10 Jenis Tanaman Hias Paling Populer yang Mudah di Budidayakan

Berbagai macam tanaman hiasyang mudah dibudidayakan ada banyak sekali di Indonesia. Indonesia adalah Negara yang kaya akan kekayaan alam nya, tentu nya tidak sedikit tanaman yang bisa digunakan untuk menghiasi rumah. Tanaman hias bukan hanya bunga saja, melainkan pohon besar juga bisa digunakan untuk memperindah rumah. Semua tergantung cara pengaturan tata letaknya. dengan keadaan lingkungan yang hijau maka udara yang ada di sekitar rumah juga terasa segar, karena banyak nya tanaman yang bisa mengurangi polusi di udara.

Ada beberapa tanaman hias yang bisa dibudidayakan, ada pula yang bukan tanaman hias yang bisa dipakai untuk menghiasi lingkungan yang mudah untuk dibudidayakan. Kita tidak perlu bingung untuk mencari tanaman hias apa yang cocok untuk menghiasi rumah beserta halaman nya, namun tidak semua tanaman cocok untuk ditanam di halaman rumah. Bahkan banyak juga dari berbagai macam tanaman hias itu dirawat dan dibudidayakan, yang pada akhirnya bisa membantu perekonomian keluarga. Ada juga yang membudidayakan tanaman hias kemudian menjadi komoditi ekspor non migas, yang akhirnya menguntungkan juga bagi Negara karena devisa nya.

Berikut ini merupakan berbagai macam jenis tanaman hias yang mudah dibudidayakan seperti :

1. Begonia (begonia Glabra Ruiz et Pav)

Tanaman Hias
www.digdropdone.com

Begonia atau dalam bahasa lainnya begonia glabra ruiz et pavini merupakan bunga yang berasal dari Peru, Amerika Selatan. Namun asal usul bunga ini bisa tumbuh hingga di kembangkan di Indonesia tidak diketahui dengan jelas asal muasalnya. Di daerah Priangan Jawa barat bunga ini disebut bihun. Bunga jenis ini bisa tumbuh subur didaerah pegunungan yang memiliki ketinggian 500 Mdpl. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga dikembangkan di daerah dataran rendah bila diberi perawatan ekstra.

Bunga ini merupakan jenis tanaman yang memiliki postur batang yang lunak dan berair, serta daunnya yang berbentuk seperti jantung namun tidak simetris, dan juga perkembangan nya yang tergolong cukup lamban. Keindahan yang dimiliki oleh bunga itu tidak hanya pada bunga nya saja, namun juga pada daun nya, dimana daun dari begonia ini memiliki dua warna. Pada sisi atas berwarna hijau sehingga terlihat lebih segar saat dilihat. Sedangkan bagian sisi bawah daun memiliki warna perak-perak keputihan. Bunga dari begonia berwarna merah muda dengan bentuk yang bergelombang. Dan ada garis di tengah bunga yang menambah indah bunga tersebut ketika seseorang melihat nya, karena keindahan itulah orang sangat terpesona, bahkan tidak sedikit orang yang menyukai bunga tersebut. Bunga begonia tumbuh di lingkungan yang teduh, dimana sinar matahari tidak langsung menyinari bunga tersebut. Cara pengembangbiakan bunga ini ada dua cara, yang pertama ditanam dari tunas nya dan yang kedua menggunakan cara stek.

2. Bunga Mentega (Noriu Odorium Mill)

Tanaman Hias Bunga Mentega
commons.wikimedia.org

Bunga mentega merupakan bunga yang tumbuh di daerah Asia, yang menyebar luas ke Asia Tenggara, yang mana bunga ini bisa tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi yang memiliki ketinggian mencapai 1350 Mdpl. Bunga mentega ini merupakan tanaman hias yang merupakan jenis perdu, dimana hidupnya selalu bergerombol. Tanaman hias ini memiliki cabang yang kecil namun bercabang banyak, bisa tumbuh tinggi kurang lebih mencapai 6 meter.

Bunga mentega ini memiliki bentuk daun yang memanjang namun kaku, serta bunga nya yang berbentuk corong yang tumbuh di setiap ujung tangkai dan bergerombol. Warna bunga dari tanaman hias ini cukup beragam. Ada yang berwarna merah, merah muda dan juga yang berwarna putih. Walaupun demikian bunga ini tetap terlihat anggun walau sebenarnya memiliki bentuk batang yang kaku. Bunga mentega ini berbau langu atau tidak sedap, serta memilik buah yang bentuknya mirip dengan buah polong. Tanaman hias ini bisa tumbuh subur dan rajin berbunga didaerah dataran rendah, namun bunga nya terlihat sedikit pucat tidak seindah jika ditanam di dataran tinggi yang bunganya bisa terlihat begitu segar dan indah. Tanaman hias bunga mentega ini sekarang sudah dikembangkan menjadi beberapa varian, ada yang dapat berbunga ganda ada juga yang dapat berbunga sepanjang tahun. Tanaman hias ini dapat dikembangkan dengan cara stek batang.

3. Bugenvil (Bougainvillea Glabra Choisy)

Tanaman Hias Bugenvil
frynn.com

Bunga Bugenvil merupakan bunga yang berasal dari Negara Amerika Selatan, sama seperti bunga begonia yang berasal juga dari Negara tersebut, namun sekarang bunga yang memiliki nama latin bougenvillea galbra choi.Tanaman tersebut sudah tersebar diseluruh wilayah tropis, diantaranya adalah Negara kita ini yaitu Indonesia. Bunga bugenvil ini termasuk tanaman hias yang saat ini sedang banyak dibudidayakan. Di Indonesia sendiri bunga bugenvil yang memiliki keindahan yang tidak biasa mulai diperkenalkan pada tahun 1961.

Tanaman hias ini dapat tumbuh di semua dataran, mulai dataran rendah hingga dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 1200Mdpl. Jika ditanam di tanah yang subur dan gembur bunga bugenvil ini daunnya bisa tumbuh sangat subur, yang berakibat pada pertumbuhan bunga, serta bunga dari bugenvil ini akan menjadi sedikit. Karena sangat lebat daunnya, jika ditanam di daratan yang kering dan kurang subur maka akan tumbuh banyak bunga dibandingkan daunnya. Itulah salah satu nya alasan mengapa daun ini disukai banyak orang. Bunga bugenvil juga termasuk tanam perdu tahunan. Dimana bunga tersebut memiliki tangkai batang yang kecil namun memiliki banyak cabang serta mengayun tapi tinggi. Tingginya bisa mencapai kisaran 5 – 15 meter. Bentuk dari bunga bugenvil memiliki bentuk tabung yang memiliki ukuran kecil kira-kira panjang nya hanya mencapai 2 cm. Warna bunganya beraneka ragam, ada yang putih, merah, merah muda, dan juga kuning. Tanaman hias ini bunganya bertekstur seperti kertas, sehingga banyak yang menyebutnya bunga kertas. Selain pada bunganya, bugenfil juga memiliki keunikan lain yaitu pada daunnya yang memiliki dua waran, yakni hijau muda di bagian pangkal dalam dan tepinya berwarna hijau tua. Tanaman hias bunga bugenfil ini di kembangkan dengan cara stek batang atau dengan mencangkok.

4. Bungur (Lagrestroemia flos-reginae Retz)

tanaman hias bungur
www.tukangtaman.web.id

Tanaman hias yang satu ini merupakan tanaman yang memiliki batang pohon yang mampu tumbuh hingga 45 cm, kelebihan dari batang pohon nya adalah kuat terhadap air laut, sehingga kayu yang di ambil dari tanaman ini sering digunakan untuk membuat perahu. Selain itu tanaman ini memiliki daun yang berbentuk bulat telur yang memiliki ruas bersirip dan bergelombang di ujung daun berbentuk lancip, sedangkan bunganya berbentuk tandan yang menyusun.

Ujung dari bunga bungur ini bergelombang serta memiliki warna ungu muda namun ada juga yang memiliki warna merah muda dan terkadang merah keputih-putihan. Bunga bungur ini ditemukan tumbuh liar di wilayah India, Burma, Srilanka, Cina bagian selatan dan Australia bagian utara. Tanaman ini mampu tumbuh subur di bawah ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut. Selain itu tanaman hias yang memiliki nama latin Lagerstromia flos-reginae Retzini termasuk tumbuhan yang memiliki waktu pertumbuhan yang cukup cepat, namun tanaman ini akan berbunga dengan waktu yang berbeda antara tanaman yang satu dengan yang lainnya. Keindahan bunga ini terdapat pada bentuk dan warna dari bunga tersebut. Perkembangan tanaman ini bisa dilakukan dengan menanam bijinya atau bisa juga dengan cara dicangkok.

5. Bungur jepang (lagrestroe mia indica L)

tanaman hias Bungur jepang

Bungur jepang merupakan kembaran dari bunga bungur yang di atas. Sesuai namanya, tanaman hias ini berasal dari Jepang dan Cina. Perbedaan antara bunga bungur jepang ini, pada tanaman memiliki bentuk batang pohon yang berbentuk lebih kecil dibandingkan dengan kembarannya, biasanya bunga ini biasa disebut dengan bunga kecil. Selain itu tanaman hias yang satu ini hanya dapat tumbuh lebih rendah 100 meter di atas permukaan air laut, dibandingkan bunga bungur yang biasa.

Tanaman hias yang satu ini juga merupakan tanaman hias yang termasuk dalam golongan perdu, memiliki batang berkayu dan tingginya  hanya mencapai 4 hingga 5 meter saja. Seperti tanaman perdu lainnya cabang dari batang ini memiliki banyak percabangan dan setiap ujung dari cabang tersebut berbentuk runcing. Bunga nya sama seperti bunga pereda biasa yang berbentuk tandan yang panjangnya mencapai 15 sampai 20 centi meter. Namun bunganya lebih kecil bergelombang berwarna lembayung, merah muda dan ada juga yang berwarna putih. Keindahan lain nya terdapat pada tepi mahkota yang bergelombang membentuk seperti renda. Sebagian tangkai ada yang memiliki bulu dan ada juga yang tidak. Agar bunga bisa tumbuh lebat perlu memangkas batang pohon yang sudah mulai menua. Setek batang atau juga cangkok merupakan cara mengembangkan tanaman hias yang satu ini.

6. Bunga melati putih

Tanaman Hias Melati
www.zodiakcinta.com

Sudah tidak dipertanyakan lagi tentang bunga melati putih, karena sudah pasti semua orang mengerti tentang bunga melati putih. Dengan baunya yang harum serta warna bunganya yang berwarna putih, seakan akan melambangkan sebuah suasana yang cerah. Bunga melati putih merupakan salah satu bunga nasional, yang merupakan tanaman hias asli dari Indonesia. Keistemewaan lain selain berbau harum bunga melati adalah tanaman hias yang mudah perawatan dan juga kebal dari hama.

Melati adalah tanaman hias yang termasuk golongan tanaman perdu. Bunga melati dikatakan mudah perawatan nya dikarenakan bunga tersebut bisa ditanam di pot dan juga bisa di tanam tanpa menggunakan pot. Setelah melati tumbuh besar hal yang perlu dilakukan hanya memangkas pohon nya agar terlihat rapi. Bunga melati putih ini memiliki batang yang kecil tapi panjang dan rimbun, namun tekstur nya keras. Sedangkan bunga melati  putih ini memiliki bentuk kelopak yang lonjong panjang, daunnya berwarna hijau gelap. Dengan bentuk yang menyirip dan tepinya bergelombang. Bunga melati selain sebagai tanaman hias, juga digunakan untuk kegiatan adat. Seperti hiasan pada rambut manten, hiasan pada keris manten pada adat jawa. Tidak hanya bunganya yang sudah mekar namun juga bunganya yang masih kuncup.

7. Bunga asoka (saraca indica)

Tanaman Hias Bunga asoka
khasiat.net

Bunga asoka juga merupakan tanaman hias yang mudah perawat nya serta mudah dibudidayakan. Karena tanaman ini juga mampu bertahan hidup di situasi yang sangat terik, yang pastinya hasilnya juga lebih baik jika tumbuh ditempat yang teduh. Bunga asoka ini ketika masih kuncup memiliki bentuk seperti paku tapi ketika sudah mekar memiliki bentuk seperti kinciran. Di dalam bunganya ada semacam cairan yang rasanya manis.

Bunga asoka ini ada dua macam, ada yang dalam satu pohon cuma memiliki satu warna, dan ada yang memiliki dua warna dalam satu pohon. Warna dari bunga asoka adalah merah dan ada juga yang oren kekuningan. Bunga asoka yang memiliki nama latinya saraca indicaini merupakan tanaman yang memiliki pohon bertekstur keras, dan bunganya yang bergerombol. Serta mampu tumbuh kurang lebih 3 meter. Bunga ini bisa dikembangkan dengan cara dicangkok.

8. Tanaman kuping gajah

Tanaman Hias kuping gajah
defajha.blogspot.com

Tanaman hias kuping gajah merupakan tanaman yang berjenis memiliki daun satu, atau bisa disebut dengan tanaman daun hias. Dengan bentuk daun yang lebar seperti telinga hewan gajah, sehingga disebut tanaman kuping gajah. Tanaman ini memiliki warna hijau tua yang di tengah nya warna hijau muda. Tanaman hias ini merupakan tanaman yang tergolong pada jenis anturium. Daun kuping gajah merupakan daun yang memiliki bentuk istimewa sehingga banyak orang yang terpikat untuk memelihara nya, selain itu daun hias ini juga mudah perawatan dan juga mudah dibudidayakan. Tanaman ini hanya memerlukan cahaya matahari yang sedikit karena daunnya yang lebar, dan hidup ditempat yang teduh. seperti di teras rumah, atau di belakang halaman rumah. Tanaman ini bisa dibudidayakan dengan cara mengambil tunas yang tumbuh di tanaman sekitar  tersebut.

9. Tanaman daun aglaonema

Tanaman Hias daun aglaonema
majalahasri.com

Tanaman daun hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk daun yang besar juga hamper sama dengan tanaman daun kuping gajah, namun berbentuk lonjong agak bergelombang. Dengan warna hijau di tepinya serta ada bintik binti dan garis yang berwarna abu-abu keperakan dan di tengah daun aglaonem ini berwarna merah, ada juga yang putih putih. Gading tanaman hias daun aglaonem ini memiliki nama lain, dimana kebiasaan orang menyebut nya dengan tanaman sri rejeki. Selain warna nya yang indah tanaman ini juga bisa ditanam dengan mudah sehingga banyak orang yang menyukai nya. Tanaman ini harus ditempatkan ditempat yang lembab, namun tanaman ini sangat membutuhkan cahaya tapi tidak boleh terkena secara langsung dengan sinar matahari. Karena bisa membuat tanaman sri rejeki ini layu dan ketika layu maka akan mati.

10. Spider plant (chlorophytum comosum)

Tanaman Hias Spider plant
www.myhouseplants.com

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki fungsi sangat istimewa bagi udara di sekeliling nya. Tanaman hias ini mampu menyerap benzene, formaldehyde, karbon monoksida, dan xilenia. Bahkan tanaman hias ini mampu menyerap benzene, formaldehyde, karbon monoksida, dan xilenia. Kimia yang berada pada industry karet, percetakan, dan industri kimia yang berada pada industry karet, percetakan, dan industry kulit. Sepider plant merupakan tanaman yang berasal dari Afrika yang sekarang telah tersebar di berbagai penjuru dunia. Tanaman hias sepider plant ini mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 60 cm saja. Selain itu tanaman ini juga bisa hidup di dalam ruangan, jika diletakkan di dalam pot. Tanaman ini disukai orang selain karena manfaat nya, juga dikarenakan bentuknya yang indah. Tanaman hias ini merupakan tanaman yang tidak memiliki bunga, namun bentuk dari daun nya itulah yang membuat tanaman ini menjadi indah. Tanaman ini daunnya tumbuh bergerombol memutari batangnya, dengan bentuk daun yang memanjang, dengan duri di tepinya. Warna dari tanaman ini adalah hijau muda di tengah nya, serta tepinya yang berwarna hijau tua.

Itulah tadi beberapa tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, karena mudah nya pemeliharaan, serta memiliki keindahan yang tidak terkalahkan dengan harga yang terjangkau. Untuk itu mulai dari sekarang alangkah baiknya bila merubah rumah kita menjadi rumah yang bernuansa alam sehingga udara yang ada disekeliling rumah kita menjadi lebih segar, dan mengurangi polusi udara sehingga tubuh kita juga tetap sehat, dengan suasana yang menyegarkan membuat kita pemilik rumah lebih suka tinggal di rumah. Selain membuat nyaman dan betah di rumah, lingkungan yang segar juga memuat kepala kita terasa lebih segar, sehingga bagi para pencari inspirasi akan lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi. Bagi kalian yang suka dengan berkebun dan menyukai tanaman hias, bisa mencoba tanaman-tanaman di atas.

Pencarian Terbaru:

  • 10 tanaman yang dapat distek batang
  • tanaman hias yang bisa di stek
  • tanaman hias yang paling disukai
  • contoh 20 jenis tanaman cangkok
  • Jenis Bunga yang bisa di stek
  • jenis tanaman yang bisa di stek batang
  • contoh tanaman hias yang bisa di stek
  • tanaman pot yang tumbuh dari batang
  • bunga bunga yang dapat di cangkok
  • jenis bunga berbatang asli indonesia