Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Keanekaragaman tumbuhan di tanah Indonesia menyimpan banyak sekali manfaat: sebagai sumber pangan, sumber pendapatan, sebagai penyeimbang lingkungan dan sebagai penambah nilai keindahan. Selain itu, banyak tumbuhan yang telah diketahui secara turun-temurun juga  memiliki manfaat sebagai bahan untuk membuat obat-obatan.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA), merupakan bentuk kegiatan menanami halaman rumah dengan berbagai jenis tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat, dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat herbal.

Keberadaan TOGA atau apotek hidup ini tentu memiliki banyak manfaat, baik itu dapat digunakan untuk penanganan medis, sebagai bahan masakan, dan dapat digunakan untuk memperindah halaman rumah jika ditata sedemikian rupa.

Jenis Tanaman Obat Keluarga

Jika ingin membuat TOGA di sekitar halaman rumah, beberapa tanaman berikut ini mungkin dapat menjadi referensi tanaman yang nantinya bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Berikut ini adalah berbagai jenis tanaman obat keluarga dan khasiatnya:

  1. Ciplukan (Physalis minima L.)

jenis-tanaman-obat-keluarga-ciplukan
ciplukan.com

Deskripsi:

Ciplukan merupakan tumbuhan liar yang tumbuh subur di dataran rendah. Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna kuning, buahnya bulat dan berwarna hijau kekuningan saat masih muda, namun jika sudah matang berwarna sedikit coklat. Buah ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam.

Khasiat:

Daun dari tanaman ini dapat digunakan untuk penyembuhan bisul, penguat jantung, nyeri perut, dan kencing nanah. Sedangkan untuk buahnya dapat digunakan untuk mengobati epilepsi, penyakit kuning, dan kesulitan buang air kecil.

  1. Daun Dewa (Gynura segetum)

tanaman-obat-keluarga-daun-dewa
www.satujam.com

Deskripsi:

Daun dewa merupakan tumbuhan semak yang memiliki daun berbulu, bagian bawahnya berwarna lebih muda daripada bagian atas. Tanaman ini memiliki bunga berwarna kuning yang terletak di ujung batang.

Khasiat:

Seperti namanya, daun dewa ini memiliki manfaat yang sangat banyak: untuk menghentikan pendarahan, mengobati infeksi kerongkongan, dan mengobati bisul.

  1. Daun Mint (Mentha piperita L.)

tanaman-obat-keluarga
okekesehatan.blogspot.com

Deksripsi:

Daun peppermint atau biasa disebut daun mint termasuk tanaman jenis perdu. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman herbal yang paling tua di dunia. Aroma yang ditimbulkan oleh daun mint memiliki kesegaran. Biasanya tanaman ini digunakan untuk bahan makanan, minuman, pasta gigi, atau permen.

Khasiat:

Tanaman ini memiliki khasiat sebagai penyembuh batuk, penurun demam, dan pereda radang tenggorokan.

  1. Ginseng (Panax ginseng)

tanaman-obat-keluarga-gingseng
adaptogens.com

Deskripsi:

Tanaman ini memiliki akar yang menggembung dan berbentuk menyerupai boneka, yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Buah dari tanaman ginseng ini warnanya merah, dan bentuknya kecil-kecil seperti buah murbei.

Khasiat:

Khasiat yang paling dikenal dari akar tanaman ginseng adalah untuk menambah kebugaran atau vitalitas pria. Sedangkan khasiat lainnya dapat digunakan untuk mengobati prostat, serta sebagai penangkal stres.

  1. Jahe (Zingiber officinale)

tanaman-obat-keluarga-jahe
brc-cibaduyut.com

Deskripsi:

Jahe merupakan tanaman yang dikenal luas sebagai salah satu rempah-rempah dan bahan obat. Tumbuhan ini berbentuk seperti jari, dan memiliki ruas-ruas. Rasa yang ada pada tumbuhan jahe adalah pedas.

Khasiat:

Jahe dapat digunakan sebagai bumbu masakan ataupun minuman. Di dalam dunia pengobatan jahe dapat dimanfaatkan sebagai pereda mual, anti rematik, serta dapat digunakan untuk merangsang keluarnya getah lambung dan getah empedu.

  1. Jambu Biji (Psidium guajava)

tanaman-obat-keluarga-jambu-biji
muliaherba.com

Deksripsi:

Jambu biji atau dikenal juga sebagai jambu batu merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Pohon jambu biji memiliki buah yang warnanya hijau, dengan daging berwarna putih dan ada pula yang berwarna merah. Rasa dari buah jambu biji adalah manis dan sedikit asam karena mengandung cukup banyak vitamin C.

Khasiat:

Pohon jambu biji memiliki banyak khasiat baik dari daunnya, atau pun dari buahnya. Daun jambu biji memiliki khasiat sebagai obat batuk dan obat diare. Buah jambu biji sendiri juga memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk melancarkan saluran pencernaan.

Baca juga: 14 Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan gambaran kepada anda mengenai cara memanfaatkan halaman sekitar rumah atau memanfaatkan media pot untuk menanam tanaman herbal di atas. Dengan banyaknya khasiat yang diberikan TOGA harapannya masyarakat dapat memanfaatkannya agar dapat menuju masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Pencarian Terbaru:

  • jenis ginseng dan bentuk daunnya