Panduan Lengkap Beternak Bebek atau Itik yang Terbukti Menguntungkan Bagi Pemula Sekalipun

Senang nonton serial film kartun Donald bebek ? itu adalah serial kartun klasik walt Disney yang mengisahkan tentang keluarga bebek (selain tokoh Gooffy). Tokoh  yang sangat popular diseluruh dunia, dan  di gemari semua umur karena sangat kocak dan menghibur.

Walt Disney mengangkat serial kartun  tentang bebek mungkin terilhami  karena  Nenek moyang bebek berasal dari daratan yang sama, yaitu  Benua Amerika, khususnya belahan utara yakni Canada – Amerika Serikat. Itik liar (Anas moscha) atau Wild Mallard secara terus menerus dijinakan oleh Manusia hingga jadilah itik rumahan seperti yang sekarang kita lihat, dan disebut Anas domesticus, duck (Inggris), atau itik rumahan, atau itik jinak. Kemudian menyebar keseluruh dunia menjadi salah satu unggas ternak yang bernilai ekonomi. Termasuk sampai  ke Bumi Nusantara yang indah permai sejak lama.

Bebek, dalam hal ini adalah bebek yang akrab dengan keseharian kita, adalah jenis hewan social yang sangat rukun dan ramah antara satu dengan lainnya. Postur badannya panjang seperti biola, berleher jenjang dengan cocor (paruh) hitam panjang dan agak melebar diujung, jika dilihat dari samping dari cocor sampai ekor nyaris membentuk karakter ‘’S’’. Suka bergerombol dan berbaris sangat rapi serta lurus ketika berjalan serentak. Tidak memiliki sifat territorial, dan tak pernah ada pertarungan antar sesama, walau jantan dengan jantan, namun begitu bebek jantan masih mempunyai rasa cemburu dengan betinanya. Tak dapat terbang karena sayapnya sangat kecil. Lompatannya sangat rendah dan pendek karena kakinya yang hitam amat pendek dibanding panjang badannya. Namun sangat lihai menyelam dan berenang berkat selaput di sela jari kakinya yang lebar. Bahkan sejak  meri.

Dari Telor Asin, Bebek Goreng Sampai  Tonic

Telur asin bebek atau itik
food.detik.com

Bagi masyarakat kampung ternak bebek kebanyakan adalah usaha sampingan setelah bertani. Karena sangat mudah perawatan dan pakan. Terutama untuk memenuhi kebutuhan telor dan daging keluarga. Telur bebek punya ciri khas yakni berwarna biru muda cerah dengan ukuran lebih besar dari telur ayam. Tenar dibuat telor asin, tapi lezat juga jika digoreng dengan dibuat telur dadar atau mata sapi. Telor bebek lazim  juga  diminum mentah seperti telor ayam kampung untuk Tonic  penguat badan agar lebih jreng !!!  laksana Bima.

Tonic Ternak

Masyarakat Jawa sering memberi minum tonic telur bebek pada Kuda beban mereka dengan telur bebek mentah, agar kuda menjadi lebih kuat terutama sebelum kerja. Atau untuk pemulihan dari ternak yang sakit. Demikian juga kerbau ketika akan membajak sawah atau akan menarik pedati, atau selepas sakit untuk mempercepat recovery, atau selepas melahirkan anak. Petani akan memberi minum dengan tonik telur bebek dengan cara cairan telur tersebut dimasukan kedalam tabung  bambu yang dipotong seperti gelas panjang, dengan mulut bambu dibuat landai / runcing. Ini dimaksudkan untuk meloloh atau menuang cairan telur dengan cara mengungkit mulut ternak langsung keujung kerongkongan, sehingga mau tidak mau cairan itu tertelan oleh ternak dan masuk keperut.

Kita mafhum ternak memamah biak bukanlah karnivora, atau omnivora tetapi herbivora murni yang secara naluri hanya mau makan tumbuh-tumbuhan terutama rumput. Sementara telur adalah semi daging yang memiliki bau amis sangat kuat, apalagi buat hewan berpenciuman tajam seperti kerbau atau kuda yang memilik daya penciuman beberapa kali lebih kuat dari Manusia, amis telur pastilah sangat menyengat hidung mereka.

Bebek Goreng Umami

Selain telornya yang lezat, daging bebek, juga sangat lezat untuk dibuat opor dengan santan. Tetapi lebih cocok dibuat bekgor atau bebek goreng yang disajikan dengan sambal cabe hijau. Bagi Penggemar bekgor, bekgor lebih lezat dari aygor alias ayam goreng, tentu berbeza la… pendapat Ipin – Upin tuuu, karena sikembar plontos hobinya ‘’ayam goreng’’. Tak ape, lain orang lain kesukaan.

Bebek remaja (tak pandang kelamin) yang baru penuh bulu konon memiliki tekstur daging yang empuk dan sangat gurih jika di masak dengan cara apapun baik di santan, semur kecap, apalagi digoreng. Sedang bebek apkir baik jantan maupun betina dagingnya liat dan lebih amis, tapi dengan tehnik memasak yang tepat semua bisa diatasi dengan mudah. Bau amis bisa hilang dengan bumbu kunyit, ketumbar dan serai. Daging yang liat di ungkeb dengan panci presto lalu digoreng atau di buat opor. Jika tidak ada panci presto direbus dengan panci biasa dengan dicampur buah pepaya muda, atau getahnya 1 sdm per ekor (getah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu membongkar molekul protein). Dan hasilnya adalah menu bebek empuk yang umami.

Didaerah sentra bebek seperti Tegal dan Brebes, Jawa-Tengah banyak dijumpai warung khas bebek yang bertuliskan ‘’SEDIA BEBEK MAJIR’’. Majir artinya mandul khusus hewan (Jawa). Saya tidak tahu persis maksudnya, tetapi itu adalah tehnik permainan kata atau kiat pemasaran untuk memancing rasa penasaran. Karena semua orang tahu semua bangsa bebek tak pernah merasa punya anak, kecuali hanya bertelur saja bagi yang betina, itupun telur-telur tesebut tidak dihiraukannya, ibarat membuang hajat saja. Jadi tidak salah Banner itu ‘’sedia bebek majir’’ karena semua bebek memang majir, alias tak pernah punya anak. Lain ayam kampung, menthok / endhog (Bebek Serati/manila), merpati dll. Si betina bertelur, lalu mengerami telurnya dengan penuh cinta – kasih  sampai telur-telur itu menetas, kemudian  merawat anak-anaknya dengan mesra penuh asih hingga dewasa dan mandiri.

Tipe Bebek atau Itik

Ternak Bebek
bebeklombok.wordpress.com

Klasifikasi bangsa itik menurut tipenya ada 3 golongan, yaitu ;

1). Itik petelur, seperti ; Indian Runner, Khaki Champbell, Buff ( Buff opington ) dan CV 2000-INA.

2). Itik pedaging, seperti ; Bebek Peking, Rouen, Aylesbury, Muscovy, Cayuga.

3). Itik ornamental / hias, seperti ; East India, Call (grey call), Mandarin, Blue Swedish, Crested, Wood.

Jenis itik unggul yang diternakan di tanah air adalah jenis petelur seperti ; Bebek Tegal (1), bebek khaki champbell, bebek alabio (2), bebek Mojosari (3), bebek Bali (4), bebek CV 2000-INA, dan bebek petelur lainnya yang merupakan hasil dari BPT (Balai Penelitian Ternak) Ciawi, Bogor, Jawa-Barat.

Telur dan daging bebek merupakan komoditi eksport yang dapat memberikan keuntungan besar. Kebutuhan pasar internasional akan telur dan daging bebek sangat besar dan masih belum seimbang dari stok yang ada. Baru dua Negara yang menyandang sebagai pengekspor itik terbesar  yakni, Thailand dan Malaysia. Hingga saat ini peluang agribisnis di ceruk ini masih terbuka lebar.

Sebagai catatan;

1. Bebek petelur unggul yang lazim dipelihara penduduk  Tegal-Jateng.

2. itik yg dikembangkan di daerah Alabio, Kalimantan Selatan, biasanya dipelihara di lanting (rumah di atas rawa-rawa), mempunyai produksi telur yg tinggi.

3.itik unggul mojosari -Jatim.

4. itik yg dikembangkan di Bali, warna bulunya bermacam-macam (putih, hitam, cokelat), kadang-kadang ada yg berjambul, mempunyai produksi telur yg tinggi.

Pemeliharaan Bebek atau Itik

Pemeliharaan Bebek atau Itik
www.tandapagar.com

Yang pertama adalah kita tentukan tujuan kita berternak bebek. Apakah untuk pedaging, petelur, atau untuk hiasan. Maka pilihlah tipe bebek sesuai dengan tujuan kita memelihara seperti yang disebutkan diatas. Atau sesuai ketersediaan bibit ditempat masing-masing. Untuk Peternak skala menengah keatas maka perlu memperhatikan 3 prinsip produksi, yakni ; manajemen, pembibitan, dan pakan.

Pemilihan bibit Bebek atau Itik

Pemilihan bibit Bebek atau Itik
angonkewan.blogspot.com

Ada 3 cara untuk memilih bibit yang baik, sbb ;

  1. Membeli telor tetas bebek dari indukan bebek yang sudah kita ketahui keunggulannya.
  2. Memelihara bebek jantan dan betina unggul untuk mendapatkan telor tetas. Kemudian menetaskan telor-telor tsb dengan dititip pada ayam kampung, menthok yang sedang dalam masa mengeram, atau ditetaskan dengan alat penetas.
  3. Membeli DOD (day old duck) atau bebek umur sehari dari perusahaan pembibitan yang terpercaya. Lebih aman jika perusahaan tsb telah mendapat rekomendasi / sertifikat dari dinas peternakan setempat. Ciri-ciri DOD yang baik adalah sehat, tidak cacat, bulu kuning mengkilat.

Pengandangan

Kandang bebek
beternakbebekitik.blogspot.com

Kandang itik berfungsi sebagaimana rumah tinggal, agar bebek merasa nyaman, dan aman dari hewan pemangsa terutama dimalam hari. Sebagaimana kandang ternak yang lain, maka kandang bebek juga harus memenuhi syarat sebagai kandang, yaitu dapat melindungi dari hawa buruk dimalam hari, angin, hujan, dan tempias hujan. Apalagi jika bebek dipelihara secara intensif (lebih banyak dikandang), walaupun bebek sebenarnya adalah satwa yang senang dialam bebas dengan  berjalan dan bergerombol dengan berbaris rapi diantara tumpukan dedaunan. lebih senang ditempat yang tergenang air, seperti selokan rumah untuk mencari sisa makanan. Atau  berenang di sungai atau perairan seperti pematang sawah, elon (parit irigasi induk) guna mencari makanan kesukaannya seperti udang, keong, ikan, ketam,bekicot dll.

Kondisi kandang : suhu ± 39 Cdengan kelembaban berkisar antara 60 – 65 %. Penerangan kandang diperlukan terutama dimalam hari agar mudah dalam perawatan dan pemantauan plus keamanan. Bahan material kandang tak perlu yang mahal tetapi cukup yang murah asal kuat dan tahan lama. Bambu dan kayu bulat bisa diterapkan.

Model kandang bebek ada tiga jenis, yaitu ;

  1. Kandang untuk anak itik (DOD) atau Meri (Jw. anak bebek) pada masa starter yang biasa disebut kandang box, dengan ukuran 1 m2mampu menampung 50 ekor meri.
  2. Kandang Grower untuk bebek remaja disebut model kandang Ren / kandang kelompok dengan daya tamping 16 – 100 ekor perkelompok.
  3. Kandang Layer ( bebek masa bertelur) modelnya bisa berupa kandang baterai. 1 – 2 ekor dalam 1 kotak. Bisa juga kandang grup dengan setiap 1 meter persegi berisi 4 – 5 ekor bebek dewasa. Atau 3 x 2 m2diisi 30 ekor bebek dewasa.

Perawatan Meri dan Calon Indukan

Perawatan meri. DOD yang baru saja tiba, hendaknya segera ditangani secara teknis agar tidak stress. Yaitu dengan ditempatkan pada kandang brooder (indukan) yang telah dipersiapkan sebelumnya. Hal yang mesti dijaga didalam kandang brooder adalah suhu. Untuk itu perlu alat penghangat dimalam hari agar suhu hangat tetap ada dan meri tidak kedinginan dan itik tersebar secara merata. Box ukuran 1 mdapat diisi 50 ekor meri. Tempat pakan dan minum harus tersedia. Pakan harus sesuai dengan ketentuan fase starter dan minuman harus ditambah vitamin.

Perawatan calon indukan. Calon induk bebek ada 2 macam, yaitu induk untuk telur konsumsi dan induk untuk telor tetas. Perawatan keduanya sama saja, bedanya untuk induk telur tetas harus ada pejantan, dengan rasio, 1 pejantan : 5 – 6 betina.

Pemberian Pakan

Secara tehnis pemberian pakan bebek ada tiga fase, yaitu fase meri ( 0 – 8 pekan ), fase remaja (8 – 18 pekan ), dan fase petelur ( 18 – 27 pekan ). Pakan bebek secara tradisional bisa berupa adonan terdiri dari ; bekatul, dedak, rajangan dedaunan,  dengan diberi sedikit pasir. Pakan konsentrat bisa berupa jagung, kacang-kacangan, irisan singkong, daun turi, dan daun lamtoro. Secara berkala bebek terutama bebek remaja dan dewasa diberi  pakan berprotein tinggi, seperti ;  cacing, bekicot, keong, tepung ikan, dan tepung tulang. Pakan tsb bagi bebek remaja berfungsi sebagai pemacu pertumbuhan, dan bagi bebek petelur dapat meningkatkan produksi telur lebih deras.

Bagi bebek yang dikandangkan terus – menerus (intensif)  pakan dan air minum disediakan terus menerus sebagaimana ayam ras. Jika bebek tersebut hanya dikandangkan dimalam hari, siangnya diangon (gembalakan) dipematang sawah paska panen, pakan minimal diberikan 3 kali sehari. Pakan bebek bisa juga berupa pakan buatan pabrik / pur, atau selang – seling antara keduanya untuk menghemat biaya pakan pabrik yang lebih mahal.

Pencegahan Penyakit

Secara garis besar penyakit itik dikelompokan menjadi 2 hal yaitu ;

  1. Penyakit yang disebabkan oleh kuman seperti ; virus, bakteri, dan protozoa.
  2. Penyakit karena kekurangan gizi, akibat kurang pakan atau kwalitas pakan rendah gizi.

Adapun jenis penyakit yang sering menyerang itik adalah ;

  1. Penyakit kolera. Gejala ; mencret, lumpuh, tinja kuning kehijauan.

Pengobatan dan Pencegahan ; dengan suntikan penisilin pada urat daging dada, dengan dosis sesuai label. Jaga kebersihan kandang dan peralatan.

  1. Penyakit salmonellosis yang disebabkan oleh bakteri tiphimurium. Gejala ; pernafasan sesak, mencret.

Pengobatan dan pencegahan ; dengan furazolidon melalui pakan dengan konsentrasi 0.04%, atau dengan sulfadimidin yang dilarutkan dalam air minum, dosis sesuai label. Jaga sanitasi dan sirkulasi udara agar tetap baik.

Secara tradisional penyakit lumpuh pada bebek dapat diobati dengan di beri makan capung (jenis serangga terbang).

Hasil panen

Hasil utama jika itik petelur adalah telor bebek yang bernilai jual tinggi. Hasil tambahan berupa itik apkir, itik jantan sebagai ternak potong untuk dibuat menu bebek majir. Dan tinja sebagai hasil sampingan untuk pupuk kandang.

Pengembangbiakan

Secara alami bebek-bebek jantan akan mengawini pasangannya. Telur bebek yang fertile (dibuahi oleh pejantan) ditetaskan dengan cara dititip pada enthog atau ayam kampung yang mengeram. Atau ditetaskan dengan alat tetas.

Komandan Mbara Bebek

Di Tegal dan Brebes – Jateng, sebagai sentra bebek petelur, seringkali bebek dewasa petelur diangon sampai ketempat yang jauh dengan diboyong menggunakan truk, yaitu paska panen raya. Kerjaan ini dalam bahasa setempat disebut ‘’Mbara bebek’’ (mungkin berasal dari kata mengembara bebek). Sang mbara bebek atau tenaga Penggembala punya ciri khas, yakni, memakai topi caping datar yang sangat lebar seperti payung hingga menaungi kedua bahunya. Topi ini sangat efektif menaungi dari terik matahari ketika siang, atau ketika hujan lebat, kepala dan baju bagian atas selamat dari air hujan. Selain topi khas mereka juga dilengkapi dengan tongkat komando sepanjang ± 3 meter berfungsi untuk menggiring bebek ketika akan berangkat atau pulang menuju kandang. Biasanya tongkat ini dari ranting bambu kering yang ringan. Ujungnya yang mengecil dan lentur diberi umbul-umbul kecil dari plastic berwarna putih.

Ransel mereka adalah berupa gembolan dari kain yang berisi bulir jagung untuk umpan sebar selama dalam pengangonan. Dan gembolan yang lain berisi telur-telur pungutan. Mereka bermalam di pematang sawah bersebelahan dengan bebek-bebek gembalaan mereka. Sawah yang dimaksud adalah sawah siapa saja. Mereka menumpang tanpa biaya sewa, karena sudah tradisi sehingga mpu nya sawah pun biasa saja, sekalipun sebelumnya tidak ada kesepakatan atau izin, karena dalam hal ini tidak ada pihak yang dirugikan.

Ketika malam bebek-bebek itu tidur dalam kandang portable yang terbuat dari anyaman bilah bambu kecil-kecil yang renggang. Kandang ini lebih tepat disebut blok / pagar bujur sangkar berpindah, atau kandang bongkar pasang dengan tinggi sekitar 1 jengkal saja, segini saja bebek tak mampu meloncatinya. Beratap langit berlantai bumi bebek bebek itu berhimpitan satu dengan lainya sehingga tetap hangat dimalam hari. Bila hujan tak masalah bulu mereka kedap air, asal jangan Guntur menggelegar. Sebab Guntur yang menggelegar membuat nyali para bebek ciut sampai tiarap ditanah.

Tenda biasanya dibuat dekat jalan tani, dekat elon (saluran irigasi induk) agar mudah mendapatkan air untuk segala keperluan MCK. Bebek sendiri merupakan unggas yang tak bisa jauh dari air. Juga mudah mengangkut hasil telor. Sehingga sarat tak tertulis mendirikan tenda harus ditempat yang memenuhi syarat seperti diatas. Mereka terdiri dari beberapa lelaki  seperti sedang kemping. Dengan membawa peralatan masak-memasak, baju, sarung, lampu, senter dll. Bagi yang rajin sholat mereka juga membawa perlengkapan sholat dan Quran untuk mengaji. Kerjaan ini bisa berbulan-bulan lamanya. Sampai menjelang musim tanam padi berikut.

Cara tradisional ini terbukti efisien dan hebat dalam meningkatkan hasil produksi telor. Karena naluri liar bebek tersalurkan dengan baik sehingga mereka sangat gembira. Pada siang hari sejak pagi hingga petang bebek-bebek itu menelusuri pematang sawah dengan berbaris memanjang memakan sisa – sisa gabah yang tersebar luas dan melimpah diseluruh pematang. Tak hanya itu pematang sawah juga menyediakan berbagai macam makanan alami bebek, seperti anak kodok, cacing, belalang, belut, keong, siput dll dalam mutu dan jumlah yang berlimpah. Elon dan tersier menjadi tempat rekreasi bebek untuk berenang , sambil mencari makanan berupa udang dan ikan. Dalam hal ini Sang mbara bebek benar-benar menjadi seorang komandan barisan, yaitu komandan barisan bebek. Sembari mengawasi, dan memungut jika ada bebek yang bertelur.

Kelemahan cara ini adalah karena pematang sawah sangat luas dan tertutup bonggol rumpun padi, juga rerumputan liar yang mulai lebat. Sehingga adakalanya telur-telur bebek  itu tidak terpantau oleh mata Sang mbara bebek, ketika unggas itu bertelur. Maklumlah, bebek yang diangon adalah bebek fase bertelur, dan bebek ini bukanlah jenis unggas pengeram, sehingga mereka bertelur disembarang tempat dan waktu tanpa menghiraukannya. Untuk itu perlu kejelian mata dan konsentrasi penuh dari sang mbara bebek. Apalagi jika bebek itu bertelur ketika sedang berenang di elon atau tersier sawah, maka peluang telor itu hilang atau tidak terpantau lebih besar. karena air elon biasanya keruh berwarna kuning dan cukup dalam yaitu setinggi dada orang dewasa. (MS)

Pencarian Terbaru:

  • kuda diangon
  • manfaat buah pepaya mentah untuk hewan ternak bebek petelur
  • masa bebek mngengkrami tlornyA
  • panduan bwrternak itik sawah
  • pemanfaatan lahan 30 meter persegi buat kandang
  • ternak bebek bumi ternak