Tips Memilih Kredit Perumahan Murah dengan KPR

kredit-perumahan-murah

Setiap orang tentu berangan-angan ingin memiliki rumah sendiri. Bagaimana tidak, menyewa atau mengontrak rumah membutuhkan biaya yang sebenarnya lebih besar apabila diakumulasikan. Belum lagi perasaan tidak tenang karena tidak tinggal di rumah milik sendiri, seperti dihantui perasaan hutang, kerusakan, dan masih banyak lainnya.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan kredit perumahan murah dengan KPR. Namun untuk mendapatkan pembiayaan seperti ini tentu tidak mudah. Memang saat ini begitu banyak kredit rumah KPR yang ditawarkan. Setiap produk KPR tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang mampu memikat konsumen. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Memerhatikan kredibilitas bank

Membeli rumah KPR merupakan investasi jangka panjang yang akan Anda lakukan. Sehingga sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bahwa pihak bank yang menawarkan produk tersebut memiliki kredibilitas yang baik dan dapat dipercaya. Anda tidak perlu ragu untuk mencari beragam informasi detail mengenai bank dan para pengembang yang menjadi mitranya melalui internet maupun orang-orang yang lebih paham.

Memerhatikan bunga KPR

Ingat, besarnya patokan bunga KPR tentu akan menentukan besar angsuran setiap bulan juga kan? Sebaiknya Anda memilih bank yang mematok bunga rendah. Namun biasanya bank akan menetapkan bunga tetap selama beberapa tahun pertama, kemudian bunga mengambang sesuai dengan bunga pasar pada tahun-tahun berikutnya. Anda bisa menanyakan hal ini kepada nasabah lama yang telah mengetahui berapa selisih bunga antara nasabah baru dengan nasabah lama. Lalu Anda baru bisa membandingkan patokan bunga bank apabila bank telah memberlakukan bunga mengambang atau floating rate.Hal ini juga bisa terjadi karena adanya tren kenaikan suku bunga.

Memerhatikan jangka waktu kredit

Sebaiknya Anda benar-benar memerhatikan jangka waktu kredit rumah yang akan diambil. Pilih waktu di mana Anda memang bisa produktif menghasilkan penghasilan untuk membayar angsuran. Anda bisa memilih jangka waktu KPR maksimal selama 10 tahun agar tidak terlalu lama.

Memilih rumah atau properti yang ready stock

Saat ini banyak developer yang menawarkan rumah atau properti, namun masih berupa gambar saja atau tanah. Hal ini lah yang perlu Anda waspadai. Mengapa demikian? Apabila KPR sudah cair namun rumah masih dalam proses pembangunan, maka biaya konstruksi akan dikenakan kepada nasabah. Tak hanya itu saja, waktu penyelesaian pembangunan yang molor dari target awal juga rawan terjadi. Hal ini dapat menyebabkan konsumen harus membayar lebih tinggi dari rencana awal.

Memerhatikan seluruh persyaratan dan ketentuan

Tips terakhir yang perlu diperhatikan ialah memerhatikan seluruh persyaratan maupun ketentuan yang telah ditetapkan agar ada kejelasan antar pihak-pihak terkait. Harapannya tentu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Anda harus benar-benar memahami dan melengkapi seluruh persyaratan yang ditetapkan supaya permohonan kredit rumah juga bisa diproses dengan lebih mudah dan cepat.

Itu tadi beberapa tips memilih kredit perumahan murah dengan KPR yang perlu diperhatikan. Jangan tergesa-gesa saat memilih KPR rumah, sebaiknya pahami betul apa saja kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh pihak bank. Jangan sampai Anda malah menyesal di kemudian hari.