Ini Dia Sejarah, Cara Bermain dan Manfaat Permainan Gobak Sodor yang Jarang Orang Ketahui

Permainan Gobak Sodor ataupun biasa orang kenal dengan Galah Asin atau Galasin di Indonesia sudah terkenal dari dulu sampai sekarang. Permainan asli Indonesia ini banyak dimainakan karena memiliki cara bermain dan manfaat yang bagus. Berasal dari kata gobak dan sodor yang memiliki arti bergerak dengan bebas dan tombak. Perlu Anda ketahui juga bahwa permianan ini pertama kali mulai terkenal di wilayah pulau Jawa tepatnya dari daerah Yogyakarta. Awal mula permainan ini dilakukan oleh prajurit di zaman kerajaan sebagai latihan perang melawan musuh untuk melatih keterampilan. Sejarah ini mungkin masih sedikit sekali yang mengetahuinya tetapi begitulah kira-kira awal mula permaianan gobak sodor ada.

Gambar Permainan Gobak Sodor
Gambar Permainan Gobak Sodor

Permainan tradisional gobak sodor ini harus memiliki dua grup berbeda, dimana masing-masing tim biasanya terdiri dari 3 atau 5 orangatau lebih. Intinya adalah antar tim saling menghadang secara bergantian agar yang menjadi lawan tidak bisa lolos dalam melewati garis-garis pembatas hingga bolak-balik. Agar bisa memenangkan permainan ini jangan ada yng terkena tangkap penjaga, dan semua lawan harus selamat selama proses bolak-balik dalam area garis yang sudah di tentukan. Untuk dapat memainkannya silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini:

Cara bermainan Gobak Sodor

  1. Carilah tanah lapang yang luas untuk membuat garis-garis pembatas dan buatlah menjadi 6 bagian. Anda bisa memanfaatkan lapanan bulu tangkis. Buatlah garis tersebut menggunakan kapur agar pembatasnya jelas terlihat dan mudah dihapus.
  2. Setelah jadi, silahkan pilihlah teman untuk membentuk dua tim. Seperti awal tadi saya katakan silahkan tentukan jumlah tim anda mulai dari 3 orang di setiap tim. Hal ini disesuaikan oleh luas lapangan yang sudah dibuat. Lakukan pengundian untuk pertama kali siapa yang menjadi penjaga dan siapa yang menjadi tim penyerang.
  3. Tim yang pertama menjadi penjaga anggotanya bertugas untuk menjaga di masing-masing garis pembatas yang ada. Garis ini berbentuk vertikal, setelah permainan berlangsung para anggota harus bisa menjadi penghalang dari tim penyerang yang mengecoh.
  4. Sedangkan tim peyerang tugasnya melewati garis yang dijaga tadi. Agar bisa melewati garis yang terjaga itu kita harus lincah dan menghindar dengan sigap. Dalam satu grup kita harus kompak melewati hadangan tersebut hingga bolak balik dan hingga finish ke awal star awal lagi.

Peraturan dalam Permainan Gobak Sodor

  1. Tiap-tiap pemain dari masing-masing tim harus bergerak di sepanjang garis yang telah dibuat di awal permainan, kaki harus menginjak garis.
  2. Yang memulai hanyalah para penjaga garis melintang yang di tugaskan di garis pertama sebagai sodor.
  3. Setiap tim menyerang, dari garis awal dan melewati semua garis melintang yang dijaga oleh lawan. Bila ada beberapa pemain yang sukses melewati dan kembali berhasil ke awal garis maka tim penyerang dinyatakan menang.
  4. Jika ada pemain tim lawan menyentuh salah satu pemain penyerang, maka tim jagalah yang dinyatakan sebagai pemenang, setelah itu antar tim bergiliran untuk menjadi penyerang dan menjaga, seperti inilah seterusnya.
  5. Tetapi jika satu kotak terisit oleh 2 pemain atau lebih maka tim penyeranglah yang kalah dan digantikan oleh tim penjaga.
permainan gobak sodor cara bermain
gurukelas6sd.blogspot.com

Baca juga :

18 Jenis Permainan Tradisional Indonesia yang Pernah Populer di Jamannya

Contoh Permainan Tradisional Jawa Barat atau Sunda

Permainan ini juga sangat asik dipermaiinkan walau kini sudah jarang dilakukan oleh anak muda, karena sekarang dengan beli mouse komputer anda sudah bisa bermain banyak game di komputer anda juga dapat dengan mudah mendapatkannya di online shop indonesia, tapi dulu permainan ini juga sering dilakukan ketika waktu jam olah raga tiba. Karena ada manfaat yang bisa diambil dari permainan ini jadi sekolahpun sering kali melakukan permainan ini. Beberapa manfaat permainan gobak sodor antara laian ialah :

  • Melatih kekompakan antar tim
  • Menjaga keakraban dan persaudaraan
  • Melatih strategi
  • Menlatih kelincahan
  • Melatih konsentrasi
  • Melatih kepemimpinan

Itulah beberapa manfaat yang bisa saya simpulkan setelah membahas tentang gobak sodor, apakah anda memiliki manfaat yang belum saya tuliskan diatas ?? silahkan cantumkan di kolom komentar. Dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa bangga akan permaian tradisional gobak sodor yang berasl dari daerah Yogyakarta.

Pencarian Terbaru:

  • permainan gobak sodor
  • gobak sodor
  • sejarah permainan gobak sodor
  • asal permainan gobak sodor
  • cara melakukan permainan gobak sodor
  • sejarah dan cara bermain galasim
  • Diskripsikan permainan tradisional gerobakselodor
  • sejarah dan teknik permainan gobak sodor
  • Permainan gobak
  • cara bermain bak sodor