Ini Dia Manfaat Daun Sirsak yang Jarang Orang Ketahui

Manfaat-daun-sirsak
www.wafertango.com

Manfaat Daun Sirsak. Indonesia memiliki beragam jenis tanaman yang dapat bermanfaat untuk menambah aroma makanan menjadi lebih nikmat termasuk juga dapat dijadikan obat-obatan secara alami. Sebagai contoh saja jahe dimana orang mengenal nya sebagai bahan bumbu dapur, namun sebenarnya juga dapat membantu vitalitas dan melancarkan peredaran darah yang kurang lancar. Masih banyak lagi jenis tanaman yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, dan terkadang hanya daun dari tanaman tersebut yang dipergunakan dibandingkan dengan buah nya.

Cukup ironis bukan, saat daun yang jatuh dari pohon hanya disapu dan dibuang begitu saja dikarenakan tidak mengerti cara memberdayakan nya agar bermanfaat. Dibalik dari warna hijaunya daun sirsak menurut penelitian ternyata dapat membantu Anda menyembuhkan penyakit kanker. Tentunya tidak secara langsung penyakitnya yang disembuhkan, namun sel-sel kanker yang ada dalam tubuh dapat langsung dihilangkan dengan mengkonsumsi ekstrak dari daun sirsak tersebut.

Bagaimana bila mengkonsumsi langsung daun sirsak nya saja tanpa diolah atau di ekstrak terlebih dulu? Tentunya bisa saja, namun khasiat nya belum tentu langsung membunuh sel-sel kanker yang membahayakan tubuh. Ini dikarenakan dalam daun sirsak  tersebut masih terdapat getah yang kurang bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan bila sudah diolah maka sari yang ada dalam daun sirsak tersebut dapat langsung diserap oleh tubuh sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh. Saat ini cukup banyak produsen yang menjual sari dari daun sirsak baik dalam bentuk kapsul maupun sirup. Sehingga Anda dapat merasakan khasiat dari daun sirsak tersebut secara modern kemasannya. Agar Anda dapat lebih memahami apa saja khasiat dan manfaat dari daun sirsak tersebut berikut uraiannya lebih lengkap, antara lain :

  • Mengendalikan radikal bebas

mengendalikan-radikal-bebas
id-agneta.com

Selain dapat membunuh sel-sel kanker yang merugikan tubuh, ternyata juga dapat bermanfaat mengontrol radikal bebas yang ada dalam tubuh bahkan membersihkannya. Radikal bebas dapat terbentuk dari dalam tubuh sendiri serta dapat juga timbul dari udara kotor akibat polusi yang diserap ke dalam tubuh saat bernafas. Dengan mengkonsumsi daun sirsak tersebut jumlah radikal bebas yang ada dalam tubuh dapat dikendalikan sehingga jumlahnya tidak banyak khususnya yang berasal dari dalam tubuh.

  • Mencegah Peradangan

Mencegah-peradangan-dengan-daun-sirsak
obatalamitradisional99.blogspot.com

Peradangan yang umumnya sering terjadi pada tenggorokan, sehingga dalam menelan sesuatu seperti makanan pun agak sulit dan sakit juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi daun sirsak ini. Peradangan yang sudah dialami Anda pun dapat dikurangi dan dihilangkan, bahkan yang belum mengalami pun juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun sirsak secara rutin.

  • Mengobati penyakit Asam Urat

Mengobati penyakit Asam Urat Dengan Daun Sirsak
railtrail200.com

Asam urat yang umumnya dialami oleh masyarakat yang berusia lanjut, yang ditandai dengan adanya rasa nyeri di sendi serta linu akibat pola makan yang kurang sehat seperti mengkonsumsi jeroan hingga sayuran yang jenisnya kacang-kacangan dan mengandung zat besi tinggi.

  • Mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh

kolesterol jahat diobati dengan daun sirsak
ahlikolesterol.com

Dengan mengkonsumsi daun sirsak secara rutin ternyata dapat menstabilkan dan mengurangi jumlah kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam tubuh terdapat kolesterol baik juga yang dapat membantu metabolisme tubuh, dan jumlahnya tidak akan berkurang bila mengkonsumsi daun tersebut.

  • Mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh

sistem kekebalan dalam tubuh dijaga dengan daun sirsak
rsulin.kalselprov.go.id

Selain suplemen dan multivitamin yang dapat dikonsumsi secara modern dalam bentuk kapsul untuk menjaga stamina tubuh dan menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit, mengkonsumsi daun sirsak pun dapat memberikan khasiat yang sama.

  • Meningkatkan jumlah dan kualitas “sperma” dalam tubuh

ilustrasi-sperma
life.viva.co.id

Bagi pasangan suami istri yang belum diberikan keturunan seorang anak, mungkin salah satu penyebabnya adalah kualitas spermanya yang kurang. Dengan mengkonsumsi daun sirsak yang mencukupi maka dapat mengatasi masalah kualitas sperma yang kurang tersebut. Selain itu juga tetap berdoa agar hasil dari upaya yang dilakukan segera membuahkan hasil yang menggembirakan.

  • Mengatasi gangguan pada usus, ginjal, maupun tenggorokan

mengatasi gangguan pada usus, ginjal, maupun tenggorokan dengan daun sirsak
www.informasi-pendidikan.com

Bagi Anda yang mengalami gangguan pada usus misalnya seperti pencernaan yang tidak lancar, hingga yang mengalami sedikit gangguan pada ginjal dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi daun sirsak sesuai kebutuhan secara rutin. Umumnya jika Anda merasakan gangguan tersebut akan langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia, agar tidak terlalu banyak kandungan kimia dalam tubuh dapat dikurangi dengan mencoba obat alami dari daun sirsak tersebut.

Dari uraian tersebut selalu dikatakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi daun sirsak akan memberikan khasiat yang maksimal. Ini dikarenakan jika mengkonsumsinya hanya saat sedang ingat atau jika sedang dibutuhkan, maka khasiat untuk kesehatan tubuh lainnya tidak dapat dirasakan. Selain dari yakin akan manfaat dari daun sirsak tersebut Anda juga tidak boleh lupa bahwa yang memberikan sakit dan sehat adalah Tuhan yang maha esa, dimana perantaranya melalui daun sirsak. Dosis yang akan dikonsumsi pun perlu diperhatikan khususnya bagi masyarakat yang senang mengkonsumsi daun sirsak alami yang direbus. Jangan sampai Anda lupa akan mengkonsumsi air putih, karena air putih nantinya akan menetralisir air rebusan daun sirsak yang dikonsumsi secara berlebihan. Begitu Pula bagi masyarakat yang mengkonsumsi daun sirsak dalam bentuk serbuk, agar jangan lupa mengkonsumsi air putih.

Manfaat dari daun sirsak ini memang tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas, dikarenakan sudah maraknya obat-obatan yang dapat menyembuhkan penyakit dari bahan kimia atau lebih dikenal dengan istilah obat paten. Untuk itulah perlunya disosialisasikan bahan obat tradisional dari daun sirsak ini agar seluruh masyarakat di penjuru nusantara dapat memahami manfaatnya. Kalaupun Anda tetap ingin menggunakan obat-obatan yang pate sekalipun, maka perhatikan terlebih dulu ijin dari Badan pengawasan obat dan makanan atau BPOM yang tercantum dalam bentuk nomor. Tujuannya agar tidak mengkonsumsi obat-obatan yang illegal bahkan kadaluarsa yang terkadang belum teruji klinis.

Pada dasarnya baik pengobatan tradisional maupun pengobatan keduanya sama baiknya, dan juga memiliki efek sampingnya. Artinya baik obat tradisional maupun modern keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika sebagian besar masyarakat percaya akan manfaat dari obat herbal yang diolah dari bahan alami daripada obat modern, maka dikembalikan kepada masing-masing Anda dalam penggunaannya. Memang obat alami memiliki efek samping yang relatif kecil oleh karena itu dampak dari pengobatan pun relatif lebih lama dibandingkan obat modern, namun perubahan positifnya bersifat permanen. Lain halnya dengan obat modern yang langsung dapat dirasakan manfaatnya, namun efek sampingnya pun cukup besar. Oleh karena itu kebanyakan sifat obat modern memiliki sifat ketergantungan untuk mengkonsumsi kembali karena perubahan positif yang diberikan rata-rata bersifat sementara.

Pohon sirsak yang memiliki manfaat dari buah dan daunnya ini merupakan jenis pohon yang hidup di daerah tropis. Kandungan gizi yang terkandung didalamnya seperti carbohydrate, vitamin C, Vitamin B1 dan B2 dan masih banyak lagi. Dengan kandungan gizi yang terdapat dalam daging buah sirsak tersebut, maka sudah sewajarnya manfaat yang diberikan buah tersebut banyak bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian bila bagian daun sirsak sendiri mengandung zat kimia alami yang dapat bermanfaat bagi tubuh seperti gentisic acid, annonacin, annocatalin, acetogenins, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya zat kimia yang terkandung dalam daun sirsak tersebut, maka selain dapat bermanfaat untuk kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas masih ada manfaat lainnya. Di Antaranya seperti dapat digunakan untuk obat bisul, kemudian obat sakit pinggang, hingga obat rematik.

Hasil penelitian tersebut didapatkan dari bangsa lain yang tertarik dengan zat-zat yang terkandung dalam pohon sirsak. Ironinya pohon sirsak sendiri lebih banyak ditemukan di Negara tropis salah satunya seperti Indonesia. Ketertarikan bangsa lain beralasan karena memang daun sirsak ini sudah diketahui manfaatnya oleh bangsa indian kuno yang selalu menggunakan obat-obatan alami dari berbagai macam dedaunan dan buah, salah satunya daun sirsak. Suku indian kuno tersebut menggunakan daun sirsak untuk pengobatan seperti Liver, Asma, hingga rematik.

Kemudian manfaat daun sirsak tersebut diteliti lebih lanjut pada tahun 1960, bahwa ekstrak dari daun sirsak memiliki khasiat lebih baik dibandingkan dengan kemoterapi. Selain itu zat yang terkandung dalam daun tersebut pun juga memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Berdasarkan hal tersebut para akademisi yang meneliti mengambil kesimpulan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam daun sirsak bersifat proaktif bagi tubuh manusia, dimana senyawa tersebut belum tentu dapat ditemukan pada buh-buahan lainnya. Penelitian dilanjutkan kembali pada tahun 1976 oleh Institut kanker nasional yang menyimpulkan bahwa senyawa proaktif yang dapat digunakan untuk pengobatan kanker tidak hanya dapat ditemui pada daun nya saja, namun juga pada batang pohon sirsak.

Di Negara korea sendiri para ilmuwan nya pun tertarik melakukan penelitian terhadap daun sirsak. Dimana hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam daun sirsak dapat membunuh sel-sel kanker usus besar, selain itu senyawa kimia tersebut pun memiliki kekuatan sepuluh ribu kali lebih kuat untuk obat kemoterapi penyakit kanker. Selain itu juga senyawa tersebut hanya membasmi sel kanker ganas yang merusak tubuh saja tanpa merusak sel lainnya.

Dalam studi penelitian lanjutan lainnya juga menunjukkan senyawa kimia dalam daun sirsak dapat mengobati hampir seluruh jenis kanker, seperti kanker pancreas, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker payudara, kanker usus besar dan masih banyak lagi. Kesimpulan penelitian tersebut berdasarkan dari hasil uji coba sebanyak dua puluh kali di laboratorium. Cara kerja senyawa kimia tersebut adalah dengan menyerang sel-sel kanker yang aktif terlebih dulu, tanpa membahayakan sel lainnya yang sehat. Kemudian senyawa tersebut pun menambahkan energy didalam tubuh sehingga dapat menambah stamina serta kebugaran tubuh. Selanjutnya senyawa tersebut pun menambah kekebalan tubuh dan mencegah radikal bebas.

Dengan penelitian yang banyak dilakukan tersebut, maka dapat dipastikan pohon sirsak yang awalnya hanya ditanam untuk sambilan saja untuk diambil buahnya. Kedepannya pohon sirsak pun dapat diberdayakan dan dimaksimalkan perkembangbiakannya agar banyak bermanfaat bagi masyarakat selain daging buah nya saja. Namun juga daunnya dapat dimanfaatkan untuk menambah stamina masyarakat sehari-hari.

Di Indonesia sendiri penggunaan daun sirsak untuk kesehatan pun sudah digunakan sejak masa lampau. Oleh karenanya tidak heran bila, masyarakat masih ada yang memanfaatkan khasiat daun sirsak tersebut untuk kesehatan. Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini  pun penggunaan obat dari daun sirsak pun sudah banyak yang memproduksi dan mengemas nya dalam bentuk kapsul dan serbuk yang dapat diseduh agar lebih mudah mengkonsumsinya. Namun bagi yang masih ingin menggunakan daun sirsak dengan cara tradisional untuk pengobatan dapat memperhatikan cara meraciknya sebagai berikut, antara lain :

  • Cara penggunaan daun sirsak untuk Obat asam urat

Cara pengobatan secara tradisional dengan menggunakan daun sirsak ini adalah dengan cara memetik enam hingga delapan lembar daun sirsak bersihkan terlebih dulu dan ambil ekstraknya. Cara mengekstrak nya secara tradisional adalah dengan memotong-motong daun sirsak tersebut menjadi bagian kecil kemudian rebus dengan air sebanyak dua gelas hingga mendidih. Biarkan mendidih hingga tinggal menjadi satu gelas. Kemudian minum ramuan dari rebusan daun sirsak tersebut dua kali sehari misalnya pada pagi dan malam hari secara rutin agar lebih maksimal hasilnya.

  • Cara penggunaan daun sirsak untuk pengobatan Penyakit kista

Penyakit kista yang umumnya berbentuk sebuah tumor yang bentuknya seperti daging lebih yang terdapat dalam Rahim wanita ini juga dapat di sembukan dengan cara tradisional dari daun sirsak. Caranya adalah dengan menyiapkan sepuluh lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih kemudian rebus dengan air sebanyak  tiga gelas dan biarkan mendidih hingga menjadi satu gelas. Kemudian tiriskan dan minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari secara teratur selama satu minggu.

  • Cara penggunaan daun sirsak untuk pengobatan penyakit diabetes

Untuk penyakit kencing manis atau diabetes, Anda cukup mengambil daun sirsak sebanyak enam sampai delapan lembar dan bersihkan dengan air yang mengalir kemudian rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga menjadi satu gelas kemudian tiriskan dan minum selagi hangat. Alangkah baiknya meminum air rebusan daun sirsak tersebut pada malam hari sebelum tidur.

Dari cara penggunaan daun sirsak secara tradisional tersebut, harapan saya dapat membantu Anda dalam mengolah daun sirsak untuk pengobatan penyakit dan kesehatan tubuh secara tradisional cukup dengan menyiapkan daunnya saja. Sehingga bila dilihat dari segi ekonomi sangat hemat sekali karena hamper tidak ada modal untuk membuat ekstrak daun sirsak namun dengan cara tradisional yaitu direbus. Apabila Anda ingin ekstrak daun sirsak yang lebih praktis dan siap minum dapat mencari ke toko obat dan apotek untuk minuman kesehatan dari ekstrak daun sirsak yang dapat diseduh ataupun yang sudah berbentuk kapsul siap minum.

Harapannya kedepan nya banyak masyarakat yang memanfaatkan manfaat dari daun sirsak ini untuk kesehatan. Sehingga Dapat dijadikan industri kreatif yang mengangkat nama bangsa karena sudah menciptakan produk kesehatan alami yang dapat bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia khususnya dan masyarakat di luar negeri umumnya. Dengan pemberdayaan dari daun sirsak tersebut menjadi produk yang memiliki nilai jual, harapan lainnya juga tidak ada lagi masyarakat Indonesia yang tidak memiliki penghasilan alias pengangguran.

Sehingga kedepannya bangsa Indonesia tidak lagi dipandang sebelah mata dengan adanya pemberdayaan dari tanaman buah sirsak tersebut, walaupun memang diperlukan adanya sosialisasi yang lebih dalam rangka memahami manfaat dari daun sirsak tersebut. Dikarenakan masyarakat saat ini juga sudah terbentuk pola pikir nya secara modern dengan lebih percaya pada pengobatan modern dari obat-obatan patent yang ada di rumah sakit maupun di apotik. Dukungan dari pemerintah dapat membantu agar proses sosialisasi berjalan lebih efektif misalnya dengan adanya kampanye obat herbal, khususnya dalam rangka mengenalkan produk alami yang dapat berfungsi untuk pengobatan tanpa efek samping dari daun sirsak tersebut.

Pencarian Terbaru:

  • apakah rebusan air daun sirsak ampuh membersihkan darah kotor