Cara Bikin Tenda Kurang Dari 30 Menit [Mudah dan Cepat]

Sunday, June 19th, 2016 - Tutorial
Cara Bikin Tenda

gambar-anak.blogspot.com

Ketika menjadi seorang rimbawan kegiatan di dalam hutan adalah aktivitas yang paling sering dilakukan. Anda akan memerlukan lebih banyak waktu untuk berada di hutan. Banyak aktifitas yang akan dilakukan selama menjadi rimbawan salah satunya tidur ketika malam hari dan beristirahat menyiapkan tenaga untuk keesokkan harinya.

Untuk tetap aman dan nyaman dari serangan binatang buas kita harus bisa menentukan dan mencari tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. Untuk membuat tenda di hutan kita bisa mencontoh kegiatan pramuka, layaknya seperti kemah, cara bikin tenda juga bisa kita ikuti dari ilmu yang diberikan ketika kita pramuka dulu. Agar tidak asal-asalan dan bias bikin tenda yang aman dan nyaman berikut ini tutorialnya:

Langkah Pertama Cara Bikin Tenda

Langkah Pertama Cara Bikin Tenda

ensiklopediapramuka.com

Carilah tempat permukaan tanah yang rata kemudian sesuaikan dengan ukuran tenda yang ingin kita bikin. Setelah itu letakkanlah tenda itu tepat di atas tanah yang rata dengan bagian belakang ada dibagianatas. Pasang setiap bagian tiang di depan, belakang, samping-samping dan pintu depan tenda. Kemudian tancapkan dua buah penanda (kayu atau benda keras lainnya) tepat di tengah bagian tenda setelah itu lipat tenda.

Langkah Kedua Cara Bikin Tenda

Langkah Kedua Cara Bikin Tenda

ensiklopediapramuka.com

Ketika anda membawa banyak kawan, suruhlah empat orang yang membuat tenda. Ilustrasi seperti di gambar. A dan B tugasnya cukup mudah, Cuma mendirikan sekaligus mengangkat tiang tenda tersebut. Dua orang lainnya C dan D menarik setiap tali yang sudah disiapkan.

Langkah Ketiga Cara Bikin Tenda

Langkah Ketiga Cara Bikin Tenda

ensiklopediapramuka.com

Dua orang lainnya si C dan D setelah langkah kedua dilakukan, segeralah tarik tali kemudian ikatkan pada patoh yang sudah disiapkan pada awal tadi. Sebaiknya ikatlah terlebih dulu tali dikedua sudut bagian kiri atau kanan, kemudian dilanjut pada bagian pintu tenda dibagian depan dan belakang. Kencangkan tali dengan menarik dan ikatlah dengan kuat, gunakan simpul yang kuat.

Langkah Keempat Cara Bikin Tenda

Langkah Ke Empat Cara Bikin Tenda

ensiklopediapramuka.com

Sekarang anda ikatlah tali-tali dinding tenda pada setiap tancapkan kayu yang sudah dibuat. Kemudian tarik sekuat-kuatnya agar berdiri kokoh. Ikatlah dengan kuat dan benar yang rapi agar enak dilihat.

Kontur tanah di Indonesia memang tidak menentu, ketika membuat atau bikin tenda di tanah yang tergolong mudah cara di atas sudah cukup efektif dan benar. Tetapi sebaliknya jika tanah wilayah tempat kita mendirikan tenda itu memiliki kontur tanah berbatu, bergambut ataupun berpasir tentu sangat sudah untuk menancapkan pasak atau patoknya.

Advertisement

Solusinya cukup mudah jika anda membaca artikel ini dengan seksama, karena kami akan bagikan caranya disini. Jika kontor tanah susah seperti yang sudah di singgung diatas tadi kita dapat memanfaatkan pohon atau akar. Tetapi sebelum itu lihat dulu kondisi pohonnya, jangan sampai ada pohon atau ranting yang rapuh yang bisa membahayakan. Pastikan bahwa pohon tersebut kuat jika suatu saat ada angin yang lumayan kuat. Teknik seperti ini bagi rimbawan mungkin sudah biasa, tapi buat anda yang pemula sebaiknnya belajar dari artikel ini agar bisa memahami kondisi setiap pohon dan tanah untuk bikin tenda bisa jadi sempurna tanpa menimbulkan bahaya. Coba perhatikan gambar dibawah ini

Penahan tali bikin tenda di tanah keras

ensiklopediapramuka.com

Silahkan lihat gambar ilustrasi diatas untuk meilihat teknik pengikatan yang baik dan benar. Jika tempatnya bebatuan dengan tanah yang keras tali tenda bisa di ikatkan bersamaan di tongkat kemudian penguatnya diberi penindih batu yang seimbang dengan besarnnya tenda. Sama seperti jika di tanah gambut ataupun berpasir cara tersebut bisa digunakan. Kombinasikan dengan kreatif kita masih-masing jika contoh pada gambar diatas memiliki perbedaan ketika praktek. Intinya seperti itu.

Jadi itulah cara mudah bikin tenda yang kami anjurkan ketika anda berada di dalam hutan sebagai rimbawan. Atau juga sebagai anak pramuka yang baru ingin belajar buat tenda bisa menggunakan teknik ini sebagai referensi dalam mendirikan tenda di tengah hutan belantara.

Untuk tambahan, berikut juga kami berikan beberapa  trik cara mencari tempat jika ingin bikin tenda di hutan, diantaranya:

1. Hindari Pepohonan Besar

Ketika anda mlihat pohon besar sebaiknya perhatikan terlebih dulu keadaan pohonnya. Pastikan tidak rapuh. Karena jika tertiup oleh angin ini bisa membahayakan kalau kita berada disekitarnya. Lebih baik carilah kondisi pohon yang masih segar dan terlihat sehat.

2. Cari Lokasi dekat Mata Air

Mata air ketika di dalam hutan bisa merujuk ke sungai kecil. Untuk meringankan beban mengangkut air untuk kebutuhan memasak, mandi, cuci dan minum sebaikknya dirikan tena di dekat aliran sungat saja. Selain hawanya lebih adem atau sejuk. Tapi ingat perhatikan kondisi sekitar sungai. Perkirakan kalau terjadi hujan besar akan meluap sampai mana. Tetap jaga kondisi aman juga dengan keberadaan tenda bikinan kita tadi.

3. Pilih Lokasi yang Luas dan Dataran tinggi

Supaya tenda berdiri sempurna tanpa memerlukan teknik yang terlalu susah, silahkan carilah tempat yang datar dengan kontur tanah yang tidak terlalu keras. Jangan cari lokasi yang bergelombang supaya mudah dalam mengangun tenda. Sebaiknya juga cari tempat yang memiliki dataran lebih tinggi di banding yang laiinya, supaya jika hujan tenda kita tidak ikut tergenang air. Selalu buat aliran untuk air lewat ketika hujan tiba di sekitar tenda juga.

Mungkin dengan cara bikin tenda diatas anda sudah paham. Tapi jika anda berada dalam hutan dan tidak memiliki persiapan alat, sebaiknya ikutilah tips berikut ini:

cara bikin tenda dengan alat seadanya

denianarki.wordpress.com

  • Cari tiang penopang dan penyanggah dari pohon didalam hutan, gunakan dengan bijak dengan tetap memperhatikan kelestarian hutan.
  • Gunakan pengikat tradisional seperti tali pohon yang merambat, bambu ataupun hingga rotan.
  • Gunakan dua tiang penyangka utama untuk menahan terpal agar lebih kuat dan kokoh.
  • Ikat bagian ujung terpal ke pohon terdekat atau dengan cara membuat pasak.
  • Penyangga bisa memanfaatkan kayu yang berbentuk Y agar lebih mudah saat pengikatan.
  • Tempat beristrirahat di dalam tena usahakan lebih tinggi dari kaadaan tanah sekitarnya.
  • Tempat tidur bisa menggunakan sisa terpal ataupun karung bahkan kayu yang disusun.
  • Buat menjemur pakaian dan memasak buatlah tempat khusus disekitar tenda

Video Cara Bikin Tenda

Begitulah cara bikin tenda yang dapat kita bagikan kepada teman-teman. Semoga saja terbantu dengan adanya artikel ini. Semoga cara membuat tendanya tidak sulit dan mudah dipahami oleh siapa saja yang mengunjungi blog ini. Ingin berkemah sebaiknya pahami dulu cara bikin tendanya. Salam lestari 🙂

Advertisement
Cara Bikin Tenda Kurang Dari 30 Menit [Mudah dan Cepat] | porosbumi | 4.5