Manfaat Kulit Kacang Tanah Untuk Obat Asam Urat

Manfaat Kulit Kacang Tanah
viruspintar.blogspot.com

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, cegah samurat dengan 6 cara :

  1. Kurangi (Jangan berlebihan) mengonsumsi makanan yang mengandung Purintinggi, antara lain ;  semua jenis kacang-kacangan, daging, jeroan,  makanan kalengan, makanan laut non ikan (Udang, cumi,kerang, dan kepiting), dan yang mengandung ragi (roti, donat, tape dll).
  2. Perbanyak memakan buah-buahan yang mengandung vit.C seperti; Jambu klutuk, jeruk, papaya, dan strawberry.
  3. Atur pola makan agar tidak kegemukan. ‘’Makan ketika lapar, dan berhenti makan sebelum kenyang’’. ( Resep ala  Nabi Saw)
  4. Hindari bekerja terlalu keras agar tubuh tidak kelelahan.
  5. Olah raga rutin dan teratur minimal 3 x sepekan.
  6. Banyak minum air putih, Jauhi minuman keras !!!.

Apa itu samurat ?

apa itu penyakit asam urat
obatasamuratherbal.org

Asam urat (samurat) merupakan sisa metabolisme pada zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Purin adalah zat alami tubuh yang ditemukan pada semua sel-sel tubuh dan terdapat pada semua bahan makanan.

Tubuh manusia akan memetabolisme purin dan mengubahnya menjadi asam urat. Dalam kondisi normal tubuh akan membuang asam urat melalui air kemih. Konsentrasi asam urat dalam tubuh menyebabkan ginjal bekerja ekstra keras mengeluarkan melalui air kemih.  Asam urat yang gagal dikeluarkan akan mengendap dan berkumpul dipersendian. Penumpukan dalam jangka panjang  asam urat akan membentuk Kristal (berpasir) dijaringan ikat atau ruang antara dua tulang. Akibatnya muncul gejala peradangan dengan gejala pembengkakan disertai rasa ngilu.

Kadar asam urat normal pada pria berkisar antara 3.5-7 mg/dl , dan pada wanita 2.6-8 mg/dl. Menurut Dr. Rulli MA. Roesli, SpdPd-KGH, ahli ginjal dari Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. RA. Habibbie. Bandung, asam urat yang tidak segera diobati akan berkembang menjadi penyakit yang lebih berat, ‘’Batu ginjal’’, bahkan gagal ginjal dapat terjadi akibat keterlambatan penanganan asam urat, kata mantan Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia.

Pada umumnya Dokter akan meresepkan allopurinol untuk mengurangi derita asam urat, namun penggunaan allopurinol dalam jangka panjang akan memberika efek negative pada tubuh. Sebagian pengkonsumsi mengalami efek alergi dikulit berupa kemerahan dikulit, efek lebih parah akan menyebabkan demam, menggigil, jumlah sel darah putih meningkat diatas normal, dan kadar eusinofil didalam darah akan meningkat.

Kulit Kacang Tanah Menjadi Solusi Aman Bagi Pasien Samurat

Kulit Kacang Tanah Menjadi Solusi Aman Bagi Pasien Samurat
ariwahyudi.web.id

Adanya efek samping itu memacu para Peneliti untuk mencari pengganti obat samurat dari bahan alami. Tujuannya adalah untuk meminimalisir efek samping yang muncul pada penggunaan jangka panjang.

Masyarakat dibeberapa daerah di Jawa tengah mengenal keampuhan rebusan kulit kacang tanah mengatasi derita samurat ringan. Hal ini perlu dibuktikan secara ilmiah guna memudahkan penderita samurat mengsatasi penyakitnya. D.J Daigle, dari National Peanut Research Laboratory, Georgia USA, mengatakan kulit luar kacang kacang tanah Arachis hipogaeayang matang banyak mengandung Luteolin.

Menurut Daigle, luteolin menghambat samurat karena kemampuannya dalam menghambat enzim xantin oksidase.Enzim xantin oksidase adalah zat yang mengubah xantin dan hipo xantin menjadi samurat, mengacu pada hal itu Listiani Candra Dewi, Subandi, dan Suharti dari Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang meneliti khasiat kulit kacang tanah terhadap aktivitas enzim xantin oksidase.

Kulit 216 Gram

Para Peneliti itu menggunakan kulit kacang tanah untuk menguji kemampuan zat aktif Flavonoid dalam menghambat pembentukan samurat. Bentuk bahan penelitian di Lab berupa ekstrak yang diperoleh dengan cara merendam serbuk kering kulit kacang tanah dalam etanol  70% selama 6 jam. Kemampuan ekstrak sebagai inhibitor (penghambat) pembentukan samurat tampak setelah penambahan enzim xantin oksidase.

Aktivitas enzim semula 0.0011 unit/ml berkurang menjadi 0.0004 unit/ml setelah mendapat ekstrak kulit luar kacang tanah 100 ppm sebagai inhibitor.  Itu berarti kulit luar kacang tanah memiliki kemampuan menghambat pembentukan samurat sebesar 63-64 %. Senyawa dalam ekstrak kulit luar kacang tanah dalam menghambat enzim xantin oksidase berasal dari golongan flavonoid.  Namun, hanya flavonoid yang memiliki ikatan rangkap pada atom C2 (memiliki 2 atom karbon) dan C3 yang memilki kemampuan sebagai inhibitor.

Penelitian berlanjut dengan mengetahui kesetaraan daya hambat ekstrak terhadap allopurinol (obat farmasi pabrikan yang biasa diresepkan Dokter untuk menurunkan kadar samurat dalam darah).

Perhitungan kesetaraan daya hambat ekstrak terhadap 1 tablet allopurinol bertujuan untuk mengetahui perkiraan massa ekstrak yang berasal dari kulit luar kacang tanah  yang diperlukan agar daya hambat sebanding dengan 1 tablet allopurinol. Hasil pengujian menunjukan 219,46 g kulit kacang tanah sebanding dengan  1 tablet allopurinol.

Herbalis di Bogor, Jawa barat, Valentine Indrajati mengetahui khasiat rebusan kulit kacang tanah untuk mengatasi samurat. Ia biasa meresepkan ramuan berbahan utama ; sidaguri, serai, daun dewa, jati belanda, dan daun pecut kuda.

Khasiat rebusan kulit luar kacang tanah terbukti secara uji klinis setara dengan produk farmasi pabrikan. Sebuah fakta menarik tentang kacang tanah sebagai pemicu samurat, namun kulitnya menjadi penawarnya yang mujarab. ‘’Dia yang menurunkan penyakit, maka di pula yang menurunkan penawarnya’’. (Quran). (MS).

Pencarian Terbaru:

  • manfaat kulit kacang tanah
  • https://porosbumi com/manfaat-kulit-kacang-tanah/
  • manfaat kulit ari kacang tanah
  • khasiat kulit kacang
  • khasiat daringodokan kulit kacang tanah
  • kegunaan kulit kacang tanah
  • kasiat kulit kacang tanah
  • kasiat kulit kacang
  • pengaruh kacang kulit terhadap asam urat
  • efek kulit kacang